PENGARUH IMBALAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT BADAN LAYANAN UMUM (BLU) PADA RUMAH SAKIT BHAYANGKARA MAKASSAR
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh imbalan terhadap kepuasan kerja (2) Pengaruh motivasi terhadap kepuasan kerja, dan (3) Pengaruh imbalan dan motivasi secara simultan terhadap kepuasan kerja Perawat Badan Layanan Umum (BLU) Pada Rumah Sakit Bhayangkara Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang mengacu pada teori mengenai imbalan, motivasi, dan kepuasan kerja pada Perawat Badan Layanan Umum (BLU) di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar.Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan dengan jumlah sampel sebanyak 59 orang.Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan menggunakan alat analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imbalan berpengaruh terhadap kepuasan kerja perawat, motivasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja perawat, serta imbalan dan motivasi bepengaruh secara simultan terhadap prestasi kerja perawat. Implikasi dari hasil penelitian ini bahwa variabel imbalan dan motivasi penting dipertimbangkan dalam menetapkan strategi pengelolaan sumbera daya manusia untuk memberikan dorongan kepada perawat Badan Layanan Umum (BLU) pada Rumah Sakit Bhayangkara Makassar dalam upaya meningkstksn kepuasan kerja
Kata-Kata Kunci :Imbalan, Motivasi, Kepuasan Kerja
ABSTRACT
This study aims to find out: (1) The effect of rewards to job satisfaction (2) The effect of motivation to job satisfaction, and (3) Effect of reward and motivation simultaneously to job satisfaction Public Service Agency Nurse (BLU) Job Satisfaction In Bhayangkara Hospitals Makassar. The research approach used in this study is a quantitative approach regarding rewards, motivation and job satisfaction of nurses Public Service Agency Nurse (BLU) Job Satisfaction In Bhayangkara Hospitals Makassar. Research be implemented for three months with a total sample of 59 people. The data collection technique is using questionnaires, interviews, and documentation, and used multiple regression analysis. The results showed that the reward effect on nurse job satisfaction, motivation effect on nurse job satisfaction, and reward and motivation simultaneously effect on nurse job performance. The implications of these results that the variable reward and motivation important consideration in establishing the human resource management strategies to encourage nurses Public Service Agency Nurse (BLU) Job Satisfaction In Bhayangkara Hospitals Makassar in efforts to increase job satisfaction
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asnawi, S. 2007. Teori Motivasi : Dalam Pendekatan Psikologi Industri dan Organisasi. Cet: 3. Jakarta : Studia Press
Azis, 2007.Metdoe Penelitian Keperawatan Dan Tehnik Analisis Data.Jakarta : Salemba. Medika
Bambang, AS, 2014, Periode Perkembangan Media Massa, Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, Vol. 18 No. 1 (Januari - Juni 2014) Hal : 119 - 132
Berne, E. 1996. Games People Play: The Psychology of Human Relationships. New York: Ballantine Books
Cherrington, D.J. 1983, Personal Management. C. Brown Co. Publishers. Iowa..
Danish, Rizwan Qaiser. 2010. Impact of Reward and Recognition on Job Satisfaction and Motivation : An Empirical Study from Pakistan.University of the Punjab, Gujranwala Campus, Pakistan. International Journal of Business and Management
Desiana, P.M & Sotipto, B.W, 2006, Pengaruh Role Stressor dan Persepsi Dukungan Organisasi (Perceived Organizational Support) terhadap Kepusan Kerja dan Komitmen: Studi Kasus asisten Dosen FEUI, Usahawan No. 05 Tahun XXXV
Dessler, G. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia.
Handoko, T.H. 2012.Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE
Hasibuan, H. Malayu, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara. Cetakan Kesembilan, Jakarta, Penerbit PT. Gunung Agung.
Henderson, Richard I., Compensation Management: Rewarding Performance, 3-th ed. Virginia: A Prentice-hall Company, 1979
Khalid ,Khalizani, Hanisah Mat Salim and Siew-Phaik Loke .2011. The Impact of Rewards and Motivation on Job Satisfaction in Water Utility Industry.Universiti Teknologi MARA (UITM) Perak, Malaysia.Jurnal International Conference on Financial Management and Economics. Singapore
.
Kreitner, and Kinicki. 2004. Organizational Behavior. 6-th ed. Mc. Graw-Hill Companies, Inc.
McKenna, E 2000. Business Psychology and Organizational Behaviour: A student’s Handbook. New York : Psychology Press Ltd.
Munandar, A. S. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI Press.
Nasehudin, T. S., & Gozali, N. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia
Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah.2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Robbins, Stephen, Timothy A Judge, 2008, Perilaku Organisasi Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Ruvendi, Ramlan, 2005. Imbalan Dan Gaya Kepemimpinan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Di Balai Besar Industri Hasil Pertanian Bogor , Jurnal Ilmiah Binaniaga Vol 01 No 1
Schuler R.S. 1987. Personnel and Human Resource Management, 3th Edition. Minnesouta: West Publishing Company.
Sedarmayanti, 2001. Dasar-dasar Pengetahuan Tentang Manajemen Perkantoran, Suatu Pengantar. Mandar Maju: Bandung
Sevilla, Consuelo G. et. Al. 2007.Research Methods. Rex Printing Company. Quezon City.
Siagian, S.P. 2002. Peran Staf Dalam Manajemen. Jakarta : PT.Toko Gunung Agung.
Sulistiyani,& Rosidah. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep, Teori, dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Spector, P.E. 2006. Industrial and organizational psychology: Research and practice. John Wiley&Sons: New York.
Undang-undang Rumah Sakit No.44 Tahun 2009, Accesed on August 20th 201. Available from:http://www. scribd.com
Yuwono, I., Suhariadi, F., Handoyo,S., Fajrianthi., Muhamad, B.S., Septarini, B.G. 2005. Psikologi Industri dan Organisasi.Surabaya : Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v2i1.34
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.