STRATEGI PEMBERDAYAAN DALAM UPAYA MENJAGA EKSISTENSI PASAR PRODUK KHAS KAPEDI

Mohammad Amir Furqon

Sari


Pasar dalam kehidupan bermasyarakat sangatlah urgent keberadaannya. Peranannya sangat bermanfaat untuk para konsumen dalam memperoleh segala macam kebutuhan baik primer ataupun sekunder, pasar juga bermanfaat untuk para pedagang dalam meningkatkan taraf perekonomian mereka. Oleh karenanya, diperlukan adanya strategi yang tepat dalam pemberdayaan sebuah pasar agar tetap eksis keberadaannya. Tujuan penelitian ini untuk menetapkan strategi yang tepat dalam memberdayakan pasar agar eksistensinya tetap terjaga. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dengan cara observasi secara langsung ke lapangan/ obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya strategi yang telah dilakukan oleh aparatur desa dalam pemberdayaan pasar. Akan tetapi hal ini kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Hal ini dapat dilihat dari upaya optimalisasi pemanfaatan lahan yang dulunya lahan PJKA diubah menjadi pasar rakyat, selain itu sudah dilakukan beberapa renovasi bangunan meski belum maksimal, fasilitas penunjang yang kurang memadai, pengemasan produk juga kurang menarik serta promosi belum optimal karena kurang mengoptimalkan teknologi. Faktor lainnya adalah mindset masyarakat akan pasar yang terkadang membuat para pedagang kurang ramah terhadap konsumen, serta kurangnya kesadaran dari para pedagang untuk membuat pasar menjadi lebih bersih. Meskipun demikian, eksistensi pasar produk ini masih bertahan hingga saat ini meskipun mengalami trend cenderung menurun jika dibandingkan dengan kondisi beberapa tahun sebelumnya.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abidin, Zaenal. 2012. Definisi Eksistensi. http://Zaenalabidin.wordpress.com/2012/10/03/definisi-eksistensi/. Diakses pada 17 Januari 2013.

Adinugroho, Dwi. 2009. Eksistensi Pasar Tradisional Peterongan Berdasarkan Persepsidan Preferansi Konsumen dan Pedagang. Tesis. Jurusan Teknik Pembangunan Wilayah dan Kota. UNDIP : Semarang

Andriani, Maritfa Nika dan Mukti Ali, Muhammad. 2013. Kajian eksistensi pasar tradisional kota Surakarta. Jurnal teknik PWK Vol 2 No 2 tahun 2013. Online : http://ejournal-s1-undip.ac.id/index.php/pwk

Ariyanto, Y. 2005. Pemberdayaan Komunitas Bakul Pasar Tradisional Desa Bantul Melalui Pengembangan Kelembagaan Permodalan. Tesis. Program Studi Magister Profesional Pengembagan Masyarakat. Institut Pertanian Bogor (IPB) : Bogor

Campbell, R. Mc Connell and Stanley L. Brue. 1990. Economics: Principles, Problems and Policies. McGraw-Hill Publishing Company.

Dian, Ika P. 2005. Business Watch Indonesian (WBI). Harian Suara Merdeka, Selasa 6 Desember 2005

Djau, Bambang. 2009. Menuju Penataan Ruang Perkotaan Yang Berkelanjutan, Berdaya Saing Dan Berotonomi. Seminar Nasional Perencanaan Wilayah Dan Kota ITS. ISBN No. 978-979-98808-2-6

Hasinta, Faricha. 2012. Eksistensi manusia. http://edukasi.kompasiana.com/2012/03/22/eksistensi-manusia-444068.html. Diakses pada 17 Januari 2013.

Herawati, I. 2011. Evaluasi Program KUBE (Kelompok Usaha Bersama). B2P3KS (Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial) press : Yogyakarta.

http://www.pu.go.id

Kottler, Philips et al. 1998. Marketing places : attracting investment, industry and tourism to cities, state and nations. The free press division of macmilan inc. : New York

Kuncahwati, Helina. 2016. Pemberdayaan pasar tradisional dan pedagang besar menurut Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo No 6 Tahun 2014 (studi kasus pasar Krendetan). Skripsi. Fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kuncoro, Mudradjat. 2008. Strategi pengembangan pasar modern dan tradisional. Anggota tim ahli bidang ekonomi Kadin Indonesia. Tanggal 6 Mei 2008

Malano, H. 2011. Selamatkan pasar tradisional : potret ekonomi rakyat kecil. PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta

Moleong, J. Lexi. 2002. Metodologi penelitian kualitatif. Remaja rosdakarya : Bandung

Nazir, Moh. 2003. Metode penelitian. Ghalia Indonesia : Jakarta

Peraturan Menteri Perdagangan No. 20. 2012. Pengelolaan dan Pemberdayaan Pasar Tradisional. Berita Negara Republik Indonesia Tanggal 3 Februari 2012 No. 178 : Jakarta

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 112. 2007. Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Tanggal 27 Desember 2007 : Jakarta

Poesoro. 2007. Pemberdayaan pasar tradisional dalam usaha untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Surakarta

Pramudyo, Anung. 2014. Menjaga eksistensi pasar tradisional di Yogyakarta. JBMA 2 (1) Maret 2014. ISSN : 2252-5483

Promono, A.H., A. Santoso dan P. Indroyono. 2011. Menahan Serbuan Pasar Modern : Strategi Perlindungan dan Pengembangan Pasar Tradisional Edisi Pertama. Cetakan Pertama. LOS-DIY : Yogyakarta

Pruwanto, Wawan. 2012. Analisa persaingan antara pasar tradisional dengan pasar modern (studi kasus di kawasan Ciledug Tangerang). Jurnal MIX Vol 5 No 3 Oktober 2012 pp : 113-124

Rahma, Nur. 2015. 5 (lima) langkah strategis dalam memberdayakan pasar rakyat. https://www.kompasiana.com

Rufaidah, P. 2008. Peran Teknologi Komunikasi Dalam Rantai Nilai Pedagang di Pasar Tradisional. Jurnal Sosioteknologi Vol 14 No 7

Sadikin, M. 2014. Peranan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Landak Dalam Pengelolaan Pasar Rakyat Ngabang. Jurnal S-1 Ilmu Pemerintahan Vol 3 No 4

Sarwoko, E. 2008. Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Kinerja Pedagang Pasar Tradisional di Wilayah Kabupaten Malang. Jurnal Ekonomi Modernisasi Vol 4 No 2

Smeru. 2007. Pasar Tradisional Di Era Persaingan Global. No 22 April-Juni 2007

Sunoko, Kahar. 2006. Pasar Tradisional; Seminar Perencanaan Pasar Tradisional Menghadapi Tekanan Hypermarket Di Perkotaan. Fakultas teknik UNS

Wahab, A. 2016. Keberpihakan Kebijakan Pemerintah Pada Sektor Usaha Rakyat Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Keberlangsungan Pasar Tradisional). Tsaqafah : Jurnal Peradaban Islam 12(1) Hal : 167-186

Widyanto, I. 2015. Upaya Perlindungan Dan Pemberdayaan Pasar Tradisional Dalam Menghadapi Persaingan Pasar Modern. Publiciana Vol 8 No 1 tahun 2015

Yuniman dan Wahyudi. 2006. Analisa Perkembangan Pasar Tradisional (Studi Komparatif Terhadap Penggunaan Ruang Komersial Di Pasar Atum, Pasar Turi Dan Pasar Wonokromo). Skirpsi. Jurusan Manajemen Universitas Kristen Petra Surabaya




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v4i2.416

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics