Analisis Kebutuhan Pengembangan Konten Materi Pembelajaran Penguatan Ekonomi Maritim Berbasis Media Video Bagi Siswa Kelas VIII Smp N 6 Kota Bitung

Yanny JG Wowor, Edwin Wantah, Jerry Wuisang

Sari


Tujuan dari penelitian ini bertujuan Menganalisis Kebutuhan Pengembangan Materi Penguatan Ekonomi Maritim Berbasis media Video pada Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif dengan teknik pengambilan data melalui observasi, Focus Group Discussion dan Wawancara mendalam. Subjek penelitian adalah sebagian kecil siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bitung . Hasil penelilitian dalam hal ini peneliti melakukan analisis kebutuhan pengembangan materi pembelajaran ekonomi maritim berbasis pemanfatan media pembelajaran video. Konten materi Pembelajaran Ekonomi Maritim berbasis Media pembelajaran video sangat disukai oleh para siswa karena diisi oleh tulisan, gambar serta video yang dapat dilihat dan didengar dengan contoh-contoh video tentang kegiatan ekonomi maritim yang ada bisa mendorong minat dan motivasi belajar siswa sehingga hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Bitung dapat Meningkat

Kata kunci: Materi pembelajaran Ekonomi Maritim, Berbasis Video , Analisis Kebutuhan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Aisyah, Siti, dkk. 2011. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka.

Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung.

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: PT: Raja Grafindo Persada.

Atwi Suparman M. 2001. Desain Instruksional. Jakarta : Universitas Terbuka

Abid Azhar, K., & Iqbal, N. 2018. Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal.

Baharuddin. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

BNSP. 2007. Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Depdiknas.

Bodner. 1986. Contructivism: A theory Of Knowledge. Journal of Chemical Education Volume 63, 873-878

Branch, Robert M & Tonia A. Dousay. 2015. Survey of Instructional Development Models. USA: Association for Educational Communications and Technology.

Depdiknas. 2004. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. ALFABETA.

Suryani, Nunuk, Agung, Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Ombak. Yogyakarta

Suparno, A. Suhaenah. 2001. Membangun Kompetensi Belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Suparno, Paul. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Yudianto Arif, 2017, Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran, Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Univ Mumahadiyah Sukabumi.

Ridwan RS Dkk 2021, Pemanfatan Media Pembelajaran Berbasis Video Dalam Penyampaian Konten Pembelajaran, Jurnal Inovasi Kurikulum,Vol 18, No 1 UPI Bandung




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4389

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics