Rancangan Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Biah Hijab

Syachriani Syam, Asri Essada Nurachmah, Dian Gita Utami

Sari


Peningkatan pertumbuhan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dan jumlah usaha mikro menyebabkan tingginya kompetisi di industri UMKM khususnya bagi para pelaku usaha mikro. Hal ini ditunjukkan dengan penurunan jumlah pendapatan Biah Hijab dari tahun 2020 sampai dengan tahun 2022, namun pangsa pasar didorong oleh berbagai program pemerintah dalam upaya meningkatkan jumlah wirausaha. Produk yang unik dengan harga yang terjangkau dan lokasi yang mudah dicapai akan mempengaruhi loyalitas dan kepuasan pelanggan. Strategi pemasaran diperlukan untuk membantu Biah Hijab meningkatkan pendapatan penjualan dan tetap kompetitif di industri pakaian jadi. Perumusan rancangan strategi pemasaran dimulai dengan analisa strategi pemasaran menggunakan STP (Segmentasi, Target, dan Posisi Pasar) kemudian perancangan strategi pemasaran yang telah diterapkan oleh Biah Hijab. Alat untuk analisis digunakan bauran pemasaran yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi. Dengan menggunakan bauran pemasaran, menunjukkan bahwa strategi produk yang dilakukan adalah memproduksi hijab baru dengan motif uniq, mendesain ulang kemasan, mencetak label dalam bentuk stiker, memperbaharui ukuran kemasan, melakukan desain pada kotak kardus hampers dan menggunakan plastik kemasan yang tercetak logo Biah. Penentuan strategi harga yang dilakukan adalah metode penetration pricing. Selain itu, pada strategi tempat pemasaran adalah memilih lokasi strategis untuk pembukaan offline store, kemudian dibuat strategi promosi yang terdiri dari periklanan dimedia sosial, mengikuti pameran fashion muslimah, penjualan di market place, serta memberikan promosi penjualan dan penjualan secara langsung.

Kata Kunci: Usaha Mikro, Strategi Pemasaran, STP, Bauran Pemasaran

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Hindrayani, A. (2010). Manajemen Operasi. Yogyakarta: Pohon Cahaya.

Indriyo, G. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Cetakan Kedua. Yogyakarta: BPFE.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2022). Laporan Perkembangan PDB/PDRB Sektoral & Ekonomi Daerah - Bangga Buatan Indonesia dalam Mendukung Ekonomi Daerah Edisi Juli 2022. Jakarta: Asisten Deputi Perekonomian Daerah & Sektor Riil Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing (14th Edition). New Jersey: Pearson.

Kotler, Philip. (1989). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, & Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Jakarta : Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) & Bank Indonesia (BI).

Mulyadi. (2001). Sistem Akuntansi Edisi Tiga. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Mandasari, D. J., dkk. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Universitas Jember.

Ningsih, S., & Tri, H. (2017). Rancangan Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah Kerupuk Multisari. Politeknik Negeri Bengkalis.

Badan Pusat Statistik Kota Makassar. (n.d.). Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin di Kota Makassar (Jiwa), 2020-2022. Diakses Mei 20, 2023, dari https://makassarkota.bps.go.id/indicator/12/72/1/jumlah-penduduk-menurut-kecamatan-dan-jenis-kelamin-di-kota-makassar.html

Indiafreenotes. (2020). 4Ps Of Marketing. Diakses Mei 20, 2023, dari https://indiafreenotes.com/4ps-of-marketing/

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2019). Industri Tekstil dan Pakaian Tumbuh Paling Tinggi. Diakses Mei 19, 2023, dari https://kemenperin.go.id/artikel/21191/Industri-Tekstil-dan-Pakaian-Tumbuh-Paling-Tinggi

Perner, L,. Segmenting, Targeting, Positioning. Diakses Mei 20, 2023, dari University of Southern California. http://consumerpsychologist.com/cb_Segmentation.html




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i1.4563

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics