Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Itil V3 Pada Perusahaan Pt. Prudential Life Assurance (Sj-I) Cabang Sidoarjo

Muhammad Ilham Alhari, Fandisya Rahman , Daud Muhajir , Arni Muarifah Amri

Sari


Implementasi Information Technology Service Management (ITSM) menjadi suatu keharusan bagi organisasi yang bergantung pada teknologi informasi untuk menjalankan operasional dan mencapai tujuan bisnis.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen layanan Teknologi Informasi (TI) berdasarkan kerangka kerja ITIL V3 di PT. Prudential Life Assurance (SJ-I) Cabang Sidoarjo. ITIL V3 adalah suatu standar industri yang diakui secara global dalam mengelola layanan TI untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Prudential Life Assurance (SJ-I) Cabang Sidoarjo telah menerapkan berbagai proses manajemen layanan ITIL V3 pada domain operasi layanan. Implementasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan infrastruktur TI, meningkatkan kualitas layanan, dan mengurangi risiko dalam penyediaan layanan.Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktik manajemen layanan TI di PT. Prudential Life Assurance (SJ-I) Cabang Sidoarjo, serta memberikan landasan untuk penelitian lebih lanjut terkait peningkatan kinerja dan efektivitas implementasi ITIL V3 dalam konteks industri asuransi jiwa.

Kata Kunci: Information Technology Service Management (ITSM), ITIL V3, PT. Prudential Life Assurance (SJ-I) Cabang Sidoarjo

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ernawati, Yeni, and Gunawan Wang. 2023. “Assessing IT Services Management with ITIL Framework V3: A Case Study.” Journal of System and Management Sciences 13(4):152–64. doi: 10.33168/JSMS.2023.0409.

Ilham, Muhammad, Asti Amalia, and Nur Fajrillah. 2022. “Enterprise Architecture : A Strategy to Achieve e-Government Dimension of Smart Village Using TOGAF ADM 9 . 2.” 6(August):540–45.

Larasati, Vivi Widya, Sri Murtini, and Rani Raharjanti. 2023. “ITIL Framework 3 : Analysis of Management Information Technology Services at XYZ Hospital in Semarang.” Asian Journal of Management Entrepreneurship and Social Science 03(02).

Lubis, Muharman, Rizky Cherthio Annisyah, and L. Lyvia Winiyanti. 2020. “ITSM Analysis Using ITIL V3 in Service Operation in PT.Inovasi Tjaraka Buana.” IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 847(1). doi: 10.1088/1757-899X/847/1/012077.

Nachrowi, Erika, Yani Nurhadryani, and Heru Sukoco. 2020. “Evaluation of Governance and Management of Information Technology Services Using Cobit 2019 and ITIL 4.” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi) 4(4):764–74. doi: 10.29207/resti.v4i4.2265.

Novilia, Evi, Widya Cholil, and Tri Basuki Kurniawan. 2020. “Analisa Tingkat Pelayanan IT Service Management Pada Penerapan Sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer Dengan Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V3.” Sains, Aplikasi, Komputasi Dan Teknologi Informasi 2(1):24. doi: 10.30872/jsakti.v2i1.2570.

Nugraha, Winata, and Edi Surya Negara. 2021. “Analisis Layanan Ti Pada Domain Service Operation Dengan Menggunakan Framework Itil V3.” JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas) 6(2):123–36. doi: 10.32767/jusim.v6i2.1476.

Safitri , Cahya Indah, Supriyadi Didi, Astiti Sarah. 2021. “Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL V3.” Jurnal Jupiter 13(1):134–44.

Vejseli, Sulejman, and Alexander Rossmann. 2017. “The Impact of IT Governance on Firm Performance a Literature Review.” Proceedings Ot the 21st Pacific Asia Conference on Information Systems: “‘Societal Transformation Through IS/IT’”, PACIS 2017.

Yandri, Rudy, Suharjito, Ditdit Nugeraha Utama, and Amalia Zahra. 2019. “Evaluation Model for the Implementation of Information Technology Service Management Using Fuzzy ITIL.” Procedia Computer Science 157:290–97. doi: 10.1016/j.procs.2019.08.169.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6078

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics