Analisis Manajemen Supervisi Akademik di SMP Negeri 2 Airmadidi

Lenny Wunoy Elisabeth Awuy, Tinneke E.M. Sumual, Nikolas Fajar Wuryaningrat

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk analisis perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik, evaluasi supervisi akademik dan untuk mengetahui tindak lanjut supervisi akademik di SMP Negeri 2 Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Untuk menganalisis manajemen supervisi, peneliti memilih informan penelitian yang akan memberikan berbagai informasi yang diperlukan selama proses penelitian. Informan penelitian ini dipilih berdasarkan teknik snowball sampling.
Dalam hal ini, yang menjadi informan adalah pengawas Kabupaten Minahasa Utara (OR), Kepala Sekolah (SD), Wakil Kepala Sekolah (AL), Guru matapelajaran IPA (SR), Guru matapelajaran PPKN (RH), dan peserta didik (GK), dan (FI) d SMP Negeri 2 Airmadidi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik dapat berjalan dengan baik apabila ada perencanaan dan persiapan yang baik dari pengawas yang akan melaksanakan supervisi maupun oleh guru yang akan disupervisi. Pelaksanaan supervisi akademik bertujuan untuk melihat kompetensi dan kinerja guru yang dilakukan lewat penilaian dalam proses pembelajaran maupun penilaian perangkat atau administrasi yang dibuat oleh guru. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan bahwa masih ada beberapa kendala yang ada dalam pelaksanaan supervisi akademik di SMP Negeri 2 Airmadidi, antara lain masih ada guru yang belum bisa mempersiapkan administrasi atau perangkat pembelajaran secara lengkap karena perubahan-perubahan kurikulum. Disamping itu, ada juga kendala yang ditemukan yakni pada saat pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh pengawas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara, dimana ada beberapa guru yang karena keterbatasan waktu maka tidak sempat mengajar didalam kelas, tetapi pengawas memberikan penilaian berdasarkan perangkat atau administrasi pembelajaran yang dibuat oleh guru. Supervisi yang dilakukan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah adalah supervisi yang dilakukan baik secara terencana maupun supervisi mendadak, yang bertujuan agar semua guru selalu siap untuk melakukan tugas mengajar dan selalu menyiapkan perangkat atau administrasi pembelajaran. Jadi sewaktu-waktu pimpinan sekolah akan mengadakan supervisi terhadap guru-guru. Evaluasi supervisi akademik dilakukan adalah berdasarkan instrument penilaian yang disiapkan dan ketika guru melaksanakan kegiatan pembelajaran maka pengawas memberikan penilaian dengan cara mengisi instrument tersebut. Dari hasil penilaian yang diberikan, guru dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan dari potensi yang dimilikinya, dimana lewat evaluasi ini guru dapat lebih meningkatkan kompetensi dan kinerjanya. Tindak lanjut yang dilakukan, yaitu berupa pembinaan terhadap guru berdasarkan hasil penilaian dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan. Selain itu, pengawas juga dapat memberikan motivasi kepada guru untuk mengikuti diklat, seminar, workshop, maupun kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan kompetensi dan kinerja guru.

Kata Kunci : Manajemen Supervisi Akademik, Evaluasi Supervisi Akademik, SMP Negeri 2 Airmadidi.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Rahmat Hidayat, 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori dan Aplikasinya: LPPPI, Medan

H.Mustaqim, 2020. Supervisi Pendidikan.Suatu ModelPeningkatan Kinerja Pengawas Pendidikan Agama Islam. PT.Refika Aditama

Nana, mulyana. 2019. Modul pengembangan kemampuan supervisi akademik bagi kepala sekolah. Tasik Malaya: Edu Publisher.

Suryana, Y. 2015. Metode Penelitian Manajemen Pendidikan: Bandung: Cv. Pustaka Setia.

Nurjannah, 2022. Supervisi Akademik dan Proses Pembelajaran: Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Suhandi Astuti, 2017. “Superivisi Akademik untuk meningkatkan Kompetensi Guru di SD Laboratorium UKSW,” Scholaria: Manajemen Pendidikan FKIP UKSW 7.

Kompri, 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Noeng Muhajir, 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif, cet I .Yogyakarta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono, 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia ( Teori, Konsep Dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Malayu S.P. Hasibuan, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta:

Bumi Aksara.

Dea Dwi Amelia, 2021. Manajemen Supervisi Akademik Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Studi Kasus di SD IT Insan Rabbani Lampung Utara.

Dian Amalia, 2015. Analisis Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di MAN Yogyakarta I.

Suwartini, E. A, 2017. Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru Dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan.

Fajri, 2022. https://katadata.co.id

Manullang, 2017. https://katadata.co.id




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6111

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics