Analisis Kinerja Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard : Studi Kasus Sektor Industri Telekomunikasi

Fandisya Rahman, Muhammad Ilham Alhari, Dyah Putri Rahmawati

Sari


Penilaian kinerja perusahaan merupakan aspek penting dalam mengevaluasi kesuksesan dan menangani penurunan kinerja. Sektor industri telekomunikasi mengalami penurunan pendapatan selama periode tahun 2019 sampai tahun 2022, menunjukkan penurunan kinerja. Untuk mengevaluasi kinerja sektor ini, pendekatan Balance Scorecard digunakan untuk mengevaluasi kinerja dari berbagai perspektif: finansial, pelanggan, proses bisnis internal, dan pertumbuhan serta pembelajaran. Studi ini menggunakan metode campuran, yaitu gabungan analisis kualitatif dan kuantitatif. Sumber data utama adalah studi literatur, laporan tahunan, dan data pendukung terkait. Analisis finansial akan melibatkan faktor-faktor seperti pendapatan, laba, dan arus kas, sementara analisis non finansial akan mempertimbangkan kepuasan pelanggan, efisiensi operasional, dan inovasi. Semua faktor ini akan dievaluasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang kinerja industri telekomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penyebab penurunan kinerja sektor ini. Hasilnya diharapkan dapat memberikan wawasan yang diperlukan untuk meningkatkan layanan, meningkatkan efisiensi operasional, dan merencanakan strategi pertumbuhan masa depan yang lebih baik

Kata Kunci: Balanced Scorecard, Performance Measurement,Sektor Industri Telekomunikasi
Abstract
Penilaian kinerja perusahaan merupakan aspek penting dalam mengevaluasi kesuksesan dan menangani penurunan kinerja. Sektor industri telekomunikasi mengalami penurunan pendapatan selama periode tahun 2019 sampai tahun 2022, menunjukkan penurunan kinerja. Untuk mengevaluasi kinerja sektor ini, pendekatan Balance Scorecard digunakan untuk mengevaluasi kinerja dari berbagai perspektif: finansial, pelanggan, proses bisnis internal, dan pertumbuhan serta pembelajaran. Studi ini menggunakan metode campuran, yaitu gabungan analisis kualitatif dan kuantitatif. Sumber data utama adalah studi literatur, laporan tahunan, dan data pendukung terkait. Analisis finansial akan melibatkan faktor-faktor seperti pendapatan, laba, dan arus kas, sementara analisis non finansial akan mempertimbangkan kepuasan pelanggan, efisiensi operasional, dan inovasi. Semua faktor ini akan dievaluasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang kinerja industri telekomunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penyebab penurunan kinerja sektor ini. Hasilnya diharapkan dapat memberikan wawasan yang diperlukan untuk meningkatkan layanan, meningkatkan efisiensi operasional, dan merencanakan strategi pertumbuhan masa depan yang lebih baik

Keywords: Balanced Scorecard, Performance Measurement,Sektor Industri Telekomunikasi

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adisel, A., 2019. Evaluasi Kinerja Program Studi di Pendidikan Tinggi Perspective Balance Score. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 2(1), pp.1-10.

Cahyoadi, B. and Djatmiko, A.A., 2019. Pendampingan Pembuatan Key Performance Indicator Sebagai Perencanaan Program Kerja Tahunan dan Multi Tahun Berbasis Balance Score Card Pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Disnakertransos Kabupaten Tulungagung. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), pp.1-10.

Galib, M. and Hidayat, M., 2018. ANALISIS KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD PADA PT. BOSOWA PROPERTINDO. SEIKO: Journal of Management & Business, 2(1), pp.92-112.

Harsela, Y., Yurisinthae, E. and Maswadi, M., 2022. Pemanfaatan Balanced Score Card untuk Penilaian Kinerja Koperasi Pertanian: Utilization of Balanced Score Card for Performance Assessment of Agricultural Cooperatives. Daun: Jurnal Ilmiah Pertanian dan Kehutanan, 9(2), pp.76-94.

Klassen, A.C., Creswell, J., Plano Clark, V.L., Smith, K.C. and Meissner, H.I., 2012. Best practices in mixed methods for quality of life research. Quality of life Research, 21, pp.377-380.

Mubarok, A.A., Uswatiyah, W., Wasiman, I. and Supyan, U., 2021. Balanced Score Card (BSC) dan kembalian pendidikan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), pp.378-387.

Nurjaman, S., 2013. Pengukuran Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard. Trikonomika, 12(2), pp.113-124.

Pertiwi, M.I. and Wijayana, S., ANALISIS PENGARUH KINERJA KEBERLANJUTAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 10(3).

Pratama, W.A. and Panggiarti, E.K., 2021. PENGARUH PER, ROE, DAN ROA TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAPAT DI LQ45 TAHUN 2019-2020. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), pp.1177-1190.

Pratama, W.A. and Panggiarti, E.K., 2021. PENGARUH PER, ROE, DAN ROA TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAPAT DI LQ45 TAHUN 2019-2020. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 1(5), pp.1177-1190.

Prayudi, A. and Tanjung, M., 2018. Analisis Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard pada PT. Ria Busana Medan. Jurnal Manajemen, 4(2), pp.126-130.

Rahmasari, A.G., 2021. Analisis Kinerja Pemerintah Daerah Berdasarkan Perspektif Kinerja Keuangan (Studi Pada Kota Mojokerto). Jurnal Akuntansi AKUNESA, 9(3), pp.77-86.

Sahrul, A.M. and Kamase, J., ANALISIS KINERJA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCE SCORECARD PADA PT TELKOMSEL.

Saprianto, R., Lukito, J., Purwanti, T. and Wulandari, E., 2018. Metode Balance Score Card dalam Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi untuk Menghadapi Persaingan Bisnis. Management and Accounting Expose, 1(1), pp.25-31.

Sibarani, B.B., 2020. ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PT X DENGAN PENDEKATAN BALANCE SCORE CARD. JURNAL BISNIS & AKUNTANSI UNSURYA, 5(2).

Sipayung, R.I.M., Affif, F. and Soemaryani, I., 2009. THE INFLUENCE OF MARKET ATTRACTIVENESS AND DYNAMIC CAPABILITY ON COMPETITIVE STRATEGY AND THE IMPLICATIONS ON BUSINESS PERFORMANCE OF CREATIVE INDUSTRY IN WEST JAVA.

Sulisworo, D., 2009. Pengukuran kinerja. Universitas Ahmad Dahlan.

Umar, H., 2002. Evaluasi kinerja perusahaan. Gramedia Pustaka Utama.

Ungureanu, E.C., Mihalache, A., Tecu, D. and Simbanu, I., 2021. Analysis of the Performance Management of the Activity of Political Parties in Romania-Balance Score Card for Political Organizations. Annals of the University Dunarea de Jos of Galati: Fascicle: I, Economics & Applied Informatics, 27(2).

Wang, Y. and Xie, Y., 2023. Application of Balanced Score Card in the Evaluation of High-Quality Development of Environmental Service Industry: A Case Study of Grandblue.

Wargadinata, B. and Prihadi, M.D., 2022. Evaluasi kinerja perusahaan daerah kebersihan menggunakan balanced score card. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(1), pp.281-288.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v8i3.6114

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics