ANALISIS PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PELANGGAN BERBELANJA DI GIANT EKSPRES ALAUDDIN MAKASSAR

Kapriani Kapriani, Andi Dorawati, Rusdiaman Rauf

Sari


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh harga, promosi dan tempat, terhadap keputusan pelanggan berbelanja di Giant Alauddin Makassar baik secara parsial maupun simultan. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan angket, data yang terkumpul berupa data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan metode insidental sampling dengan jumlah sampel 60 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel harga (X1), promosi (X2) dan lokasi (X3) mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pelanggan.

Berdasarkan perhitungan uji koefisien korelasi (R) diperoleh nilai R sebesar 0,874 menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat. Nilai koefisien determinasi (R2) keputusan nasabah menyimpan dana dijelaskan oleh harga, promosi, dan lokasi sebesar 63,30 %. Berdasarkan hasil Uji t menunjukkan bahwa bahwa variabel harga (X1), promosi (X2), dan lokasi (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pelanggan berbelanja di Giant Alauddin Makassar. Uji F menunjukkan bahwa variabel harga, promosi, dan lokasi secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pelanggan berbelanja di Giant Alauddin Makassar. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

Kata kunci : harga, promosi, lokasi dan keputusan nasabah.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.

Bonaventura Efrian Antyadika. 2012. Pengaruh Klokasi, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Wong Art bakery&café Semarang). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Hurriyati Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Cetakan Pertama. Alfabeta. Bandung.

Elisa Desy Rinda Putri. 2108. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Pada Konsumen Wardah Cosmeticsdi Indonesia. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Jurnal Neraca. 2020. Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dengan Citra Merk Produk Rabbani di Palembang. Vo.4 No.1 Juni 2020 : 26-40 ISSN 2615-3025 Universitas PGRI Palembang.

Kotler, Philip, ”Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol”, jilid Satu. Alih Bahasa: Hedra Teguh dan Ronny A. Rusli. Jakarta: PT. Prenhalindo, 2000.

Kotler, P., dan Keller, K.L. (2016). Marketing Management, 12e, Pearson prentice Hall, New Jersey.

Kotler Philip dan Amstong Gary. 2014. Principles of Marketing. New Jersey : Prentice Hall.

Lupiyoadi, R., dan Hamdani, A. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta.

Malau, Herman. 2017. Manajemen Pemasaran: Teori Dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Samapi Era Modernisasi Global. Bandung: Penerbit ALFABETA.

Morissan, M. A. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.Noor, Juliansyah. 2012.

Riduwan dan Kuncoro Engkos Ahmad. 2007. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur (Path Analysis). Cetakan Pertama . Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi, Alfabeta, Bandung.

Sumarwan Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Penerbit PT. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Tjiptono Fandy. 2004. Pemasaran Jasa. Yogyakarta. Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i2.637

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics