Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas II UPT SPF SDN Rajawali Kota Makassar

Pratiwi Dwi Andini, Abdul Wahid, Rahma Ashari Hamzah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran analisis faktor penghambat pembelajaran membaca permulaan pada peserta didik kelas II UPT SPF SDN Rajawali Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskpritif dengan memaparkan dan menggambarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas II UPT SPF SDN Rajawali Kota Makassar yang berjumlah 25 orang. Penarikan Sampel pada penelitian ini dilakukan dengan Teknik Purposive Sampling, jadi sampel dalam penelitian yaitu peserta didik kelas II UPT SPF SD Negeri Rajawali berjumlah 5 orang yang terdiri dari 2 laki-laki dan 3 perempuan. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada peserta didik kelas II UPT SPF SDN Rajawali Kota Makassar. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dari 25 peserta didik kelas II UPT SPF SDN Rajawali Kota Makassar ada 5 orang peserta didik yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Dari hasil wawancara bersama guru wali kelas II dapat diketahui yang menjadi penyebab kesulitan membaca permulaan pada peserta didik yaitu peserta didik jarang hadir ke sekolah dan kurangnya komunikasi antara orang tua dan guru. Disamping itu, hasil angket dan wawancara bersama orang tua peserta didik dapat diketahui beberapa hal yang menjadi penyebab kesulitan membaca peserta didik yaitu orang tua tidak memberikan waktu luang untuk melatih anaknya membaca di rumah serta minat dan motivasi anak untuk belajar di rumah rendah karena merasa kesepian dan kesulitan untuk berlatih tanpa bimbingan dan dorongan dari orang tua. kemudian memberikan soal tes EGRA kepada peserta didik dapat diketahui kesulitan peserta didik yaitu mengidentifikasi huruf dan menyusun huruf, membalik huruf, mengubah kata, menghilangkan huruf dalam susunan kata, salah mengucapkan kata, mengeja dengan terbata-bata, tidak memperhatikan tanda baca tidak memahami isi bacaan, dan sulit konsentrasi. Gambaran faktor penghambat membaca permulaan pada peserta didik kelas II UPT SPF SDN Rajawali Kota Makassar yaitu faktor lingkungan (orang tua) dan faktor psikologis (motivasi dan minat).

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Hamzah, R. A. (2020a). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode

Bermain Membaca Suku Kata Pada Siswa Kelas I Sd Inpres Btn Ikip I Kota Makassar.

AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 2(2), 131–143.

Hamzah, R. A. (2020b). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui

Penggunaan Pembelajaran Metode SQ3R pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Malino.

AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 3(1), 1–8.

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal

Kependidikan, 9(1), 1–8.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Edited by Hilmiati. Sanabil.

Analisis Kegiatan Literasi dan Minat Baca pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Jongaya...

Jurnal Mirai Management, 8(3), 2023 | 536

Purnama, A. D., Nur, A. S. A., Wahid, A., & Afni, N. (2021). Penerapan Permainan Kartu

Bergambar dalam Meningkatkan Karakter dan Kemampuan Membaca Peserta Didik

Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga),

(1), 27–36.

Siregar, S. H. (2020). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Pembelajaran Membaca Permulaan Pada

Siswa Kelas II MIS Al-hidayah Kelurahan Sari Rejo Medan Polonia . Universitas Islam

Negeri Sumatera Utara.

Tahrim, T., Owon, R. A. S., Tabun, Y. F., Bahri, S., Nikmah, N., Sukasih, S., Hamzah, R. A.,

Pertiwi, S., Rizki, M., & Qadrianti, L. (2021). Pengembangan Model dan Strategi

Pembelajaran Bahasa Indonesia (Nanda Saputra, Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad

Zaini.

Umatin, C., Annisa, C., Ilmiyah, N. F., Khoirot, A., Laili, U. F., Triani, D. A., Septiana, N. Z.,

& Sulistiyawati, Ek. (2021). Pengantar Pendidikan Edited by Umi Salamah. CV. Pustaka

Learning Center.

Wahid, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Sarana Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar

Pada SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu

Pendidikan Dasar, 3(1), 33.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.6578

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics