PENGARUH PERSEPSI NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN PENGAMBILAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BANK SULSELBAR CABANG SYARIAH MAKASSAR

Lukytta Gusti Acfira, Mursalim Mursalim, Amiruddin H

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh persepsi nasabah terhadap pengambilan pembiayaan murabahah pada bank syariah. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengetahuan nasabah (X1), kualitas dan layanan (X2), reputasi bank (X3), dan tingkat nilai margin (X4) sebagai variabel bebas, dan pengambilan pembiayaan murabahah (Y) sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan data primer dimana metode pengambilan data menggunakan metode kuesioner disebar salah satu kantor perbankan di kota Makassar yaitu Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Jumlah sampel yang datanya berhasil diolah yaitu sebanyak 30 responden. Metode pemilihan sampel yang digunakan yaitu metode accidental sampling dimana metode ini memilih sampel berdasarkan kebetulan. Survey dilakukan dari bulan Agustus hingga Oktober 2019. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS.

Hasil dari pengujian hipotesis didalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel pengetahuan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengambilan pembiayaan murabahah, (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengambilan pembiayaan murabahah, (3) reputasi bank berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengambilan pembiayaan murabahah, (4) tingkat nilai margin berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pengambilan pembiayaan murabahah

Kata kunci: pengambilan pembiayaann murabahah, pengetahuan nasabah, kualitas dan layanan, reputasi bank, tingkat nilai margin.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Adiwarman, A Karim, 2010. Bank Islam : Analisis Fiqih dan Keuangan. Edisi 4. Penerbit Raja Grafindo Persada,

Adi, Muhammad Izzuddin Kurnia, 2013. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Margin Pembiayaan Murabahah”. Thesis.Fakultas Syariah, UIN Sunan Kalijaga.

Al-Misri, Rafi Yunus, 1991. Al-Jami’ fi Ushul ar-Riba. Damaskus: Dar al-Qalam.

Arisetiawan,Ronald, 2010. “Analisis Persepsi Akuntan Publik dan Mahasiswa Pendidikan Profesi Akuntansi Terhadap Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia”.Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Ascarya, 2007. Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Atmojo, Agung Purwo, 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, dan Atribut Produk Islam Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus pada Bank BNI Syariah Cabang Semarang)”. Skripsi.Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Azri, Rizka Komala, 2018. “Pengaruh Tingkat Margindan Prosedur Pembiayaan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Pembiayaan Murabahah (pada BPRS Mitra Argo Usaha Bandar Lampung”. Thesis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Raden Intan Lampung.

Bank Indonesia, 2010. Perbankan Syariah. Jakarta: BI.

“Bank”.Wikipedia.http://id.wikipedia.org/wiki/Bank (9 Mei 2019).

Brady, Michael K. dan J. Joseph Cronin, 2001. “Some Though on conceptualizing perceived service quality: A hierarchical approach”. Journal Of Marketing, Vol. 65.

Cronin, J. Joseph dan Steven A. Taylor, 2002. “Measuring Service Quality: A Reexamination and Extension”. Journal Of Marketing, Vol.56.

Fahruddin A., Ahmad, 2008. Akuntansi dan Ideologi. Malang: UIN-Malang Press.

Fajriyah, Neneng, 2013. “Pengaruh Promosi, Reputasi, dan Lokasi Strategis Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji Bank Mandiri KCPTangerang Bintaro Sector III”. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi UIN Syarif Hidayatullah.

Gaffar, Achmad Almuhram, 2014. ”Pengaruh Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Bank Syariah (Studi Kasus Nasabah pada Bank Muamalat Cabang Makassar)”. Skripsi.Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uiversitas Hasauddin.

Gasperz, Vincent, 2003.Manajemen Bisnis Total - Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 5; Semarang: BV Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi 7; Semarang: BV Universitas Diponegoro.

Harahap, Sofyan Syafri, 2004. Akuntansi Islam. Cet. IV; Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan, Ali, 2010. Marketing Bank Syariah: Cara Jitu Meningkatkan Pertumbuhan Pasar Bank Syariah. Cet. I; Bogor: Ghalia Indonesia.

Ibrahim, Azharsyah dan Fitri, 2012. “Implikasi Penetapan Margin Keuntungan pada Pembiayaan Murabahah (Suatu Studi dari Perspektif Islam pada Baitul Qiradh Amanah).Share. vol 1, No. 2.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, 2013. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Cet.6; Yogyakarta:BPFE.

Investor Daily Indonesia. “Pembiayaan Bank Muamalat Tumbuh 27,16 %”. Situs Resmi Investor Daily Indonesia.http://www.investor.co.id/home/pembiayaan-bank-muamalat-tumbuh-2716/82876 (17 Mei 2019).

Juaedi, Achmad Tavip, dkk, 2012. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keadilan, dan KepuasanNasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Studi pada Nasabah Bank Syariah di Propisi Riau)”. jurnal aplikasi manajemen, vol. 10 no. 1.

Kotler,Phillip, dkk, 2009.Marketing Management :An Asian Perspective, Fifth Edition. Jurong: Pearson Education South Asia.

Martul, Shadiqqin, 2009.Implementasi Dimensi Kualitas Pelayanan Pasien. Jakarta: Sinar Grafika.

“Mengenal Jual Beli Murabahah”. Situs Resmi Ekonomi Syariat.http://ekonomisyariat.com/fikih-ekonomi-syariat/mengenal-jual-beli-murabahah.htm (5 Agustus 2019).

Mirawati, 2011.“Persepsi dan Perilaku Masyarakat Terhadap Pembiayaan Murabahah”.catalog dlm terbitan, vol. 1.

Mowen, John Cdan Michael Minor, 2002.Perilaku Konsumen.Edisi Kelima, Jilid 2; Jakarta: Penerbit Erlangga.

Muflih, Muhammad, 2006. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Muhammad, 2007. Lembaga Ekonomi Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurapriyani, Dwi, 2009. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah Mandiri Periode Tahun 2004-2007”.Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga.

Nurhayati, Sri, 2013. Akuntansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Perwataatmadja, Karnaen A dan Muhammad Syafi’i Antonio, 1999. Apa dan Bagaimana Bank Islam. Cet. III; Solo: PT Amanah Bunda Sejahtera.

Prasetyo, Dwi, 2010. “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Anggota Melakukan Pembiayaan Murabahah dan Bai’ Bitsaman Ajil (Studi Kasus pada BMT Mubaraak Wonosari Gunungkidul)”.Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Syariah UIN Sunan Kalijaga.

Rahmat, Jalaluddin, 1998. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Roda Karya.

Riwidikdo, Handoko, 2010. Statistik kesehatan. Cet. 4; Jogjakarta: Mitra Cendikia Pres.

Sa’ad, Andy Abdullah, 2010. “Pengaruh Pembiayaan Murabahah Terhadap Peningkatan Pendapatan Nasabah BMT Berkah Madani”.Skripsi. Jakarta: Fakultas Syariah dan Hukum UI Syarif Hidayatullah.

Said, Muhammad, 2008.Pengantar Ekonomi Islam. Pekanbaru: Suska Press.

Sari, Nurlita, 2013.“Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus pada Bank Syariah Mandiri Cabang Rawamangun)”.Skripsi.Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Uiversitas Pedidikan Indonesia,.

Setiyarini, Alima, 2012. “Pengaruh Persepsi Nasabah danMarginTerhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah di BMTBumi Sekar Madani”. Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Sjahdeini, Sutan Remy, 1999. Perbankan Islam dan Kedudukannya dalam Tata Hukum Perbankan Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Sugiyono, 2011.Statistika untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Sholihah, Ummi, 2016. “Pengaruh Pengetahuan Nasabah, Kualitas Pelayanan, dan Margin Keuantungan Terhadap Keputusan Pengambilan Pembiayaan Murabahah (Studi Kasus Pada BMT Karima Karangpandan)”. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Surakarta.

Sujarweni,V Wiratna, 2014. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunjoyo, dkk, 2013. Aplikasi SPSS untuk Smart Riset. Bandung: Alfa beta.

Suyatmin dkk, 2008.“Persepsi Akuntansi terhadap Lingkungan kerja Akuntan Publik”.Jurnal Akuntansi dan Keuangan, vol. 7, no. 2.

Triswandari, Uchik, 2011. “Analisis Pengaruh Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. PLN (persero) Rayon Makassar Timur”. Skripsi.Makassar: Fak. Ekonomi UNHAS.

Triyuwono, Iwan, 2009. Perspektif, Metodologi, dan Teori Akuntansi Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Widowati, Ayun Sekar. 2018. Pengaruh Pengetahuan Produk Tabungan, Reputasi Bank, dan Persepsi Nasabah Mengenai Suku Bunga Simpanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah, Jurnal Nominal, Vol. 7, No. 2.

Wiroso, 2005.Jual Beli Murabahah . Cet 1; Yogyakarta: UII Press.

Yaya R, dkk, 2009. Akuntansi Perbankan Syariah: Teori dan Praktik Kontemporer. Jakarta: Salemba Empat.

Yudiaatmaja, Fridayana, 2013. Analisis Regresi dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i3.699

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics