Analisis Pengaruh Kelompok Referensi, Gaya Hidup dan Kontrol Diri Terhadap Pembelian Impulsif Baba Parfum Di Kota Rantau Prapat

Khansa Monica, Elida Florentina Sinaga Simanjorang, Muhammad Irwansyah Hasibuan

Sari


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi, gaya hidup, dan kontrol diri terhadap pembelian impulsif. Sebanyak 100 responden diambil sebagai sampel penelitian. Metode penelitian ini melibatkan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kelompok referensi memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, yang ditunjukkan oleh nilai T hitung > T tabel (2,786 > 1,984). Demikian pula, gaya hidup dan kontrol diri juga berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, seperti yang diindikasikan oleh nilai T hitung yang lebih besar dari T tabel masing-masing (3,436 > 1,984 dan 3,791 > 1,984). Secara simultan, kelompok referensi, gaya hidup, dan kontrol diri secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelian impulsif, sebagaimana terlihat dari nilai F hitung yang melebihi F tabel (13,397 > 2,70).
Keywords: Kelompok Referensi, Gaya Hidup dan Kontrol Diri, Pembelian Impulsif Baba Parfum

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Amirullah , A. , Zulkarnain , M. , & Astuti , Y. (2020). Grup langsung dan referensi dalam keputusan pembelian iPhone. Jurnal Perjuangan Ekonomi , 2 (1), 1–11.

Andika , A. , & Susanti , F. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian parfum di Azzwars Parfum Lubeg Padang .

Andriani , LA , & Harti , H. (2021). Pengaruh emosi positif, diskon, dan kualitas website terhadap pembelian impulsif. Forum Ekonomi , 23 (3), 454–462.

Anggraini, M., & Sanjaya, VF (2020). Pengaruh Kelompok Referensi, Jejaring Sosial, dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Milenial. Jurnal Ekonomi , 6 (3), 1–8.

Dewandari , BP , & Putri , ET (2021). Pengaruh body image dan pengendalian diri terhadap perilaku konsumen pada wanita dewasa awal di Samarinda. Jurnal Psikologi , 9 (2), 402–416.

Dewi , NS , & Prabowo , RE (2018). Kinerja Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, dan Gaya Hidup Berpengaruh Terhadap Proses Keputusan Pembelian Minuman Isotonik (Studi Pada Konsumen Minuman Isotonik Di Semarang) .

Effendi, S., Faruqi, F., Mustika, M., & Salim, R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan, Bahasa Elektronik dan Motivasi Belanja Hedonis terhadap Pembelian Impulsif di Aplikasi Shopee. Jurnal Akuntansi dan Manajemen , 17 (02), 22–31.

Faadhilah, FN (2018). Pengaruh Gaya Hidup Konsumen dan Beauty Vlogger Sebagai Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Studi Kasus Remaja Pengguna Kosmetik Korea di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen , 7 (1), 133–142.

Fadjar , C. , Joanna , A. , & Ismail , YL (2022). Pengaruh gaya hidup dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian produk pakaian pada rumah tangga Pernik di Gorontalo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis , 5 (1), 339–349.

Illahi , SK , & Andarini , S. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Knowledge Terhadap Brand Loyalty Pada Pengguna Provider Telkomsel Di Surabaya. Reslaj: Jurnal Pendidikan Sosial Agama Laa Roiba , 4 (6), 1684–1697.

Marsela, Y., Rusno, R., & Walipah, W. (2020). Pengaruh Literasi Ekonomi, Pengelolaan Uang Saku, dan Pengendalian Diri Terhadap Rasionalitas Perilaku Konsumsi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Ekonomi , 5 (1), 52–58.

Mawarni, E. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Toko Hijab Online pada Mahasiswa Jurusan Muamalah Fakultas Syariah Iain Ponorogo . IAIN Ponorogo.

Mendrofa, J., Simanjorang, EFS, & Elvina, E. (2023). Pengaruh Variasi Produk, Budaya Konsumen, dan Kelompok Acuan Terhadap Perilaku Konsumen Produk Raja Kebab Rantauprapat. Jurnal Interdisipliner Ekonomi Syariah Indonesia (IIJSE) , 6 (3), 2880–2892.

Nainggolan , NP , Purba , T. , & Heryenzus , H. (2023). PENGARUH GAYA HIDUP, ATRIBUT PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PEMBELIAN DI TOKOPEDIA. JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen) , 11 (1), 68–73.

Rianto , S. , Simanjorang , EFS , & Fitria , E. (2021). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kelompok Referensi, Lokasi Terhadap Pembelian Warkop Di Mada Rantauprapat. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 6 (2), 279–285.

Rozaini , N. , & Ginting , BA (2019). Pengaruh Economic Literacy dan Self Control Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Produk Fashion. Perdagangan , 8 (1), 1–9.

Sakti , DH , & Pratama , MP (2022). Pengaruh Kelompok Referensi, Status dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Polygon di Kebumen: Studi Pada Pengguna Polygon di Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (JIMMBA) , 4 (1), 83–96.

Sari, VE (2019). Pengaruh E-Wom, Gaya Hidup, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Online di Situs Traveloka. Com di Ponorogo (Studi Kasus Pembelian Tiket Pesawat dan Kereta Api). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Fisipol Unmul , 7 (4), 474.

Selfian, S., Titing, AS, & Ismanto, I. (2023). Pengaruh Kontrol Diri Dan Diskon Terhadap Impulse Purchasing Pada Generasi Z Pengguna Aplikasi TikTok Store Di Kabupaten Kolaka. Intelektual: Jurnal Ilmiah Siswa , 1 (6), 166–176.

Simanjorang, EFS (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Kopi Pada Warkop Di Mada Rantauprapat. Manajemen dan Akuntansi Ekonomi Bisnis (EBMA) , 1 (1), 91–101.

Suratno, S., Denmark, D., & Hepy, H. (2021). Pengaruh Iklan Televisi, Literasi Ekonomi, dan Daya Tarik Pengendalian Diri Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Kasus pada Guru Sekolah Menengah Negeri di Kabupaten Musi Banyuasin). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi , 2 (4), 501–515.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v9i1.7037

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics