PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA UNIVERSITAS BOSOWA MAKASSAR
Sari
Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS (Statistics product and Service Solutions). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap derajat pemahaman. Yang ditunjukkan dengan nilai tvalue = 4,714> ttabel = 2,002 maka kecerdasan emosional berpengaruh positif dengan taraf signifikansi 0,002 <0,05 menunjukkan angka yang signifikan. 2) Perilaku belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman accouting. Yang ditunjukkan dengan nilai tvalue = 2,391> ttabel = 2,002 maka perilaku belajar berpengaruh positif dengan taraf signifikan 0,007 <0,05 menunjukkan angka yang signifikan.
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Tingkat Pemahaman Akuntansi
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Ahmad, Kamaruddin, 2007, Akuntansi Manajemen; Dasar-dasar Konsep Biaya dan Pengambilan Keputusan, Jakarta; Raja Grafindo
Azikin, S. R., Ilyas, G. B., & Asiz, M. (2019). PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KOMITMEN ORGANISASI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BANTAENG. YUME: Journal of Management, 2(1).
Baharudin dan Wahyuni, E.N., 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Baharudin dan Wahyuni, E.N. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar- Ruzz Media.
Cooper, R, Kdan A. Sawaf, 2002 Executive EQ; Kecerdasan Emosi Dalam Kepemimpinan dan Organisasi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Dwijayanti, A. P. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual, Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Pemahaman Akuntansi. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”: Jakarta.
Eka Indah, T dan Sri Suryaningsum. 2003. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Makalah Simposium Nasional Akuntansi VI, Surabaya.
Eka Setiawati. 2009. Pengaruh Perilaku Belajar, Minat Belajar, dan Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Skripsi Sarjana tak diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Goleman, Daniel. 2000. Working With Emotional Intelligence. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, Daniel. 2000. Emitional Intelligence (Terjemahan). Jakata : PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman, D. 2002. Kecerdasan Emosional : Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ.
Goleman, D. 2003. Kecerdasan Emosi. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama Goleman.
Goleman, Daniel. 2006. Emosional Intellegence, Kecerdasan Emosional : mengapa EQ lebih penting daripada IQ. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Pertama. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanum, S. 2011. Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi STIE PERBANAS Surabaya. Rangkuman Skripsi. Fakultas Ekonomi. STIE PERBANAS Surabaya.
Hanifah, Syukriy Abdullah (2001), Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi, Media Riset Akuntansi, Auditing dan Informasi, Volume 1, No. 3, 63-86.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 1999. Metodelogi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi I. Yogyakarta: BPFE.
Joan S, Budhiyanto dan Paskah I, Nugroho. 2004. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. X No. 2.
Marita, Suryaningrum, S dan Naafi, Hening S. 2008. Kajian Empiris Atas Perilaku Belajar Dan Kecerdasan Emosional Dalam Mempengaruhi Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi XI: Pontianak.
Maya Nuraini. 2007. ”Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Mahasiswa Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi“. Jurnal Beta Vol.5 No.2.
Melandy, Rissyo dan Aziza, Nurna. 2006. Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kepercayaan Diri sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi IX Padang.
Melandy, Rissyo, Widiastuti, Fitri, dan Aziza, Nurna 2007. Simkronisasi Komponen Kecerdasan Emosional dan Pengaruhnya terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dalam Pendidikan Tinggi Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi X Makassar.
Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). PENGARUH DISIPLIN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Jurnal Mirai Management, 6(1), 161-170.
Mu’tadin, Zainun, 2002, mengenal kecerdasan emosional remaja, http//www.e- psikologi.com/remaja/250402.html. (diakses pada tanggal 01 Oktober 2012)
Ningsih, Prima Sai Jayanti. Pengaruh Kecerdasan Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Jember
Nugroho, P. I., Tanggulungan, G., dan Wibowo, B. O. B. 2011. Pengaruh Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.
Oemar, Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar Cetakan Ke Delapan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Nur Indriantoro dan Bambang, S. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE.
Rachmi, Filia. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Proposal. Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro: Semarang.
Rissyo Melandy, dkk. 2007. Sinkronisasi komponen kecerdasan emosional dan pengaruhnya terhadap tingkat pemahaman akuntansi dalam sistem pendidikan tinggi akuntansi, Makalah Simposium Nasional Akuntansi X, Makasar.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta
Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia
Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemarso SR, 2002, Akuntansi Suatu Pengantar, Jakarta: PT Rineka Citra. Sugiyono.(1999). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CY Alfabeta.
Suryaningsum, Sri, Sucahyo Heriningsih dan Afifah Afuwah (2004), Pengaruh Pendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap Kecerdasan Emosional Mahasiswa, SNA VII, Denpasar Bali.
Suryaningsum, Sri, Sucahyo Heriningsih (2005) Kajian Empiris Atas Pengaruh Kecerdasan Emosional Mahasiswa Akuntansi Terhadap Stres Kuliah, Siposium Nasional Mahasiswa Dan Alumni Pascasarjana Ilmu-Ilmu Ekonomi, MM UGM.
Suwardjono. 2004. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi. (Online). Tersedia: suwardjono.com/upload.perilaku-belajar-di-perguruan-tinggi. (diakses pada tanggal 1 September 2012).
Suwardjono. 2005. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Sriwardany, 2011. Pengaruh Perilaku Belajar Mahasiswa Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Medan: Jurnal Universitas Muslim Nusantara al- washiyah Medan.
Winkel, W. S, 1991, Psikologi Pendidikan Alumni, Bandung.
Winkel,W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i2.709
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.