Implementasi Akad Istishna (Psak 404) dalam Transaksi Jual Beli Online Model Pre Order

Wahyu Sarvian Saputra, Maharani Azizah, Oktaviani Putri Ramandhani, Peny Cahaya Azwari

Sari


Penelitian ini mengkaji penerapan akad Istishna' (merujuk pada PSAK Syariah 404) dalam transaksi jual beli daring dengan sistem pre-order. Melalui studi kasus kualitatif deskriptif pada seorang pelaku UMKM e-commerce di Palembang, data primer dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dianalisis berdasarkan PSAK Syariah 404 serta Fatwa DSN-MUI No. 06/DSN-MUI/IV/2000. Hasil analisis mengungkapkan bahwa model pre-order yang dipraktikkan memiliki kesamaan mendasar dengan prinsip akad Istishna', terutama dalam hal produksi sesuai pesanan dan efisiensi modal. Akan tetapi, implementasi PSAK Syariah 404 belum optimal, terutama terkait pencatatan akuntansi formal, keberadaan kontrak tertulis yang jelas, serta manajemen risiko pembayaran dan pembatalan yang sistematis. Kendati demikian, potensi pemanfaatan akad Istishna' dalam ranah e-commerce syariah, khususnya model pre-order, dinilai signifikan. Simpulan artikel ini menekankan perlunya peningkatan pemahaman dan pendampingan bagi pelaku UMKM mengenai prinsip syariah dan akuntansi yang relevan, guna mengoptimalkan transaksi pre-order agar selaras baik dari sisi ekonomi maupun dengan prinsip muamalah Islam serta standar akuntansi syariah.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Ahmad Luthfi, H., Suryani, I., AbdJalil, H., & Program Studi Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nadwah Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi, D. (2021).

Penerapan Akad Istishna Pada Transaksi Bisnis Furniture Di Indonesia. Al-Mizan: Jurnal Ekonomi Syariah, 4, 23–33. https://doi.org/https://doi.org/10.54459/almizan.v4iII.307

Azqia, H. (2022). JUAL BELI DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Al-Rasyad: Jurnal Hukum dan Etika Bisnis Syariah, 1(1), 63–77.

Bimantara, D., & Asari, A. (2022). Analisis Akad Istishna Perspektif Fikih Muamalah dan Hukum Perdata. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 4, 144–155. https://doi.org/10.24090/mabsya.v4i1.6969

Choiriyah S. (2009). Mu’amalah Jual Beli dan Selain Jual Beli (Setiyatna Hery, Ed.; 1st ed.). Centre for developing academic quality (CDAQ) Surakarta.

Damayanti Rangkuti, A., Damanik, M. A., & Purba, P. A. (2023). AKUNTANSI TRANSAKSI ISTISHNA. Jurnal El Rayyan: Jurnal Perbankan Syariah, 2(2), 167–171. https://doi.org/10.59342/jer.v2i2.434

Dan, N., & Ramadhan, A. (2021). PENGARUH PEMBIAYAAN JUAL BELI (ISTISHNA) DAN SEWA (IJARAH) TERHADAP KINERJA KEUANGAN. http://repository.umpalopo.ac.id/id/eprint/601

Fadilla, N., Saleh, M., & Sinaga, A. (2024). Analisis Penggunaan Akad Istishna Pada SISTEM Pre Order Dengan Study. JEKSya: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 3(3), 294–306. https://jurnal.perima.or.id/index.php/JEKSya

Farid, M., & Khotimah, H. (2019). Analisis Implementasi Akad Istishna’ Dalam Perbankan Syariah. Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Islam, 1, 13–19. https://doi.org/https://doi.org/10.54471/muhasabatuna.v1i2.1264

Fatmah Rahmawati, O., & Laily Nisa, F. (2024). Penerapan Akad Istishna dalam Sistem Cash On Delivery (COD) pada Transaksi Jual Beli Online. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN MANAJEMEN, 2(3), 178–188. https://doi.org/10.59024/jise.v2i3.813

FATWA DSN-MUI. (2000). Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia. FATWA DSN-MUI.

Hamidah, Z. dan S. (2023). PENERAPAN JUAL BELI AKAD SALAM DAN ISTISHNA’ DALAM LAYANAN SHOPEE. AL-MANSYUR: Jurnal Ekonomi Syariah, 2, 59–79.

Hidayah1, M. R., Nawawi2, K., Arif3, S., & Rumah, K. P. P. (2018). ANALISIS IMPLEMENTASI AKAD ISTISHNA PEMBIAYAAN RUMAH (STUDI KASUS DEVELOPER PROPERTY SYARIAH BOGOR). In Jurnal Ekonomi Islam (Vol. 9, Issue 1). http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jei

IAI. (2025). SAK Standar Akuntansi Keuangan Syariah (I. A. Indonesia, Ed.; 1st ed.). Ikatan Akuntan Indonesia.

Intan, N., Asra, M., Tawile, I., Syariah, M. E., Mawaddah, A., Kolaka, W., Iai, D., Mawaddah, A. L., & Kolaka, M. W. (2020). IMPLEMENTASI AKAD ISTISHNA’ PADA TRANSAKSI JUAL BELI FURNITURE DITINJAU DARI PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Usaha Furniture Kec. Kolaka) @ Production and hosting by IAI AL. Jurnal Syariah Hukum Islam, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.5281/zenodo.5077193

Jamaluddin, N. A., & Erviana, A. (2022). JUAL BELI E-COMMERCE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. el-Fata: Journal of Sharia Economics and Islamic Education, 1, 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.61169/el-fata.v1i1.1

Uswatun Hasanah, E. (2023). PRAKTIK JUAL BELI ONLINE MENGGUNAKAN SISTEM CASH ON DELIVERY (COD) DITINJAU DARI PERSPEKTIF AKAD ISTISHNA DALAM EKONOMI SYARIAH (Studi Pelanggan Perusahaan Jasa Expres J&T Di Kota Bima). Jurnal Ekonomi Syariah, 6, 40–53. https://doi.org/10.52266/jesa.v6i2

Khalamillah, & Fahmi. (2019). Munich Personal RePEc Archive Online Sale and Purchase Transactions (E-Commerce) in the Islamic Law Perspective. MPRA, 1. https://mpra.ub.uni-muenchen.de/id/eprint/95341

Khisom, M. (2019). AKAD JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF. Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 21, 59–67.

Ningrum, E. W., Darutama, A., Sholihah, R. A., Abdurrahman, U. K. H., & Pekalongan, W. (2023). PEMAHAMAN KONSEP GHARAR DIMASYARAKAT DALAM JUAL BELI ONLINE. Jurnal Sahmiyya, 2, 472–480.

Nisa, L. F. (2023). Implementasi Akad Istishna’ terhadap Praktik Jual Beli Online di E-Commerce Indonesia. Proceedings of Pekan Akademik Masyarakat Ekonomi, 1.

Nur, M., & Sari, V. (2023). Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang IMPLEMENTASI AKAD ISTISHNA PADA PERBANKAN SYARI’AH INDONESIA. AN-NISBAH: JURNAL PERBANKAN SYARIAH, 4, 240–254.

Pekerti, R. D., Faridah, E., Hikmatyar, M., & Rudiana, I. F. (2021). Implementasi Akad Istishna (PSAK Syariah 104) dalam Transaksi Jual Beli Online. AKTSAR: Jurnal Akuntansi Syariah, 4(1), 22. https://doi.org/10.21043/aktsar.v4i1.8562

Putra, M. D. (2019). JUAL BELI ON-LINE BERBASIS MEDIA SOSIAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Iltizam Journal Of Shariah Economic Research,3(1), 83–103. https://doi.org/https://doi.org/10.30631/iltizam.v3i1.288

Republik Indonesia. (2008). Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

Rizky, F. Al, & Wiyono, U. (2023). implementasi strategi digital marketing dengan system pre-order untuk meningkatkan volume penjualan makanan pada kedai dapur Tiwi dalam menghadapi pandemi. Jurnal Ilmu Siber, 2(1), 2.

Tazkiya, K., Harahap, B., & Purwadi, H. (2023). Studi Komparasi Eksistensi Akad Istishna’ Dan As-Salam Dalam Perspektif Hukum Islam. In Proceeding Legal Symposium, 1, 166–173. https://doi.org/https://doi.org/10.18196/pls.v1i1.113

Zurohman, A., & Rahayu, E. (2019). JUAL BELI ONLINE DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Iqtishodiyah : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(1), 22–32.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.8774

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics