Analisis Pengaruh Live Streaming dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Bisnis Digital FE UNIMED di Aplikasi TikTok.

David Gibson Nababan, Sabda Dian Nurani Siahaan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Live Streaming dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian di Aplikasi Tiktok pada mahasiswa Program Studi Bisnis Digital, Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Bisnis Digital Universitas Negeri Medan yang berjumlah 358 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan sampel berjumlah 120 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik menggunakan analisis regresi linear berganda , uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi (R2), yang akan diuji menggunakan program aplikasi SPSS 23 for Windows. Berdasarkan hasil uji t diperoleh bahwa variabel Live Streaming berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian . Berdasarkan hasil uji f, secara simultan Live Streaming dan Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Pada uji koefesien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,639 sehingga dapat dikatakan bahwa 63,9% proporsi Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh Live Streaming dan Viral marketing sedangkan sisanya 36,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.


Kata Kunci: Live Streaming , Viral Marketing, Keputusan Pembelian.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abimanyu, K., Suherman, S., & Siregar, M. E. S. (2023). Pengaruh Pemasaran Viral, Selebriti Endorser, Kualitas Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Ajaib Di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jenjang Sarjana Fe Unj). Jurnal Pijar, 2(01), 50-64.

Antarizkia, R., & Arif, M. E. (2022). The Influence Of Digital Marketing And Electronic Word Of Mouth To Purchase Intention. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(3), 383-392.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Diunduh dari https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Bloombergtechnoz(2024). Daftar Eccomerce dengan Nilai Transaksi Terbesar di Indonesia. Diunduh dari https://www.bloombergtechnoz.com

Business of Apps (2024). Jumlah Pengguna Tiktok Berdasarkan Usia. Diunduh dari https://www.businessofapps.com/data/retail-app-report/

Ferguson, R. (2008). Word Of Mouth And Viral Marketing: Taking The Temperature Of The Hottest Trends In Marketing. Journal of consumer marketing, 25(3), 179-182.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Iqbal, I., & Veronica, M. (2024). Pengaruh Siaran Langsung dan Konten Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tiktok Shop Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(2), 1304-1317.

Izzah, N., Duku, S., & Yahya, A. H. (2023). Efektivitas Penggunaan Instagram Dalam Membentuk Citra (Studi Pada Palembang Beatbox Family). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(1), 296-310

Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(6), 1517-1538.

Katiandagho, N. J., & Hidayatullah, S. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Harga, dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna TikTok Shop. Sains Manajemen, 9(1), 13-27.

Kurniawan, T. A., & Sari, D. K. (2024). Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Indonesia: Peran Live Streaming, Pemasaran Viral, dan Dukungan Selebriti. Frontiers in Research Journal, 1(1), 24-38.

Maharani, S., & Dirgantara, I. M. B. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Immersion Saat Live Streaming Syaria Shopping Serta Pengaruhnya Kepada Minat Pembelian (Studi Pada Social Commerce Tik Tok Indonesia). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2942-2955.

Majid, R. A., & Selvi, E. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Laundry Sepatu Coora Premium Care Grand Galaxy. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 336-345.

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716-727.

Mustikasari, M., M Anwar, S., & Hasbi, A. R. (2023). The Effect Of Viral Marketing, Promotions And Flash Sales On The Purchase Intention Online Shopping Z Generation In Marketplace Tiktok Shop, 12(6), 4841-4848.

Nurdin, s., & hardianti, l. (2022). Meningkatkan Minat Beli Melalui Strategi Digital Marketing Dan Ekuitas Merek. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 36-46. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.698

Praditya, R. A., & Purwanto, A. (2024). The Role of Viral Marketing, Brand Image and Brand Awareness on Purchasing Decisions. PROFESOR: Professional Education Studies and Operations Research, 1(01), 11-15.

Putra, A. P. Y., Al Multazim, M. F., Hafiz, M. Z., & Maesaroh, S. S. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Konten Promosi Terhadap Minat Beli Mahasiswa Bisnis Digital UPI Di TikTok Shop. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 6(01)..

Ramadhon, G. S., Fauzi, R. U. A., & Kadi, D. C. A. (2023, September). Analisis Pemasaran Viral, Kualitas Produk, Harga Dan Live Streaming Parfum Popcorn Di Marketplace Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Z Di Madiun. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 5, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun. https://simba.unipma.ac.id

Ranaa, N. A., & Dirgantara, I. (2023). Pengaruh Social Presence Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Siaran Langsung Tiktok dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Merek Somethinc) (Doctoral dissertation, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Razali, G., Nikmah, M., Sutaguna, I. N. T., Putri, P. A. N., & Yusuf, M. (2023). The Influence Of Viral Marketing And Social Media Marketing On Instagram Adds Purchase Decisions. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 75-86.

Rimbasari, A., Widjayanti, R. E., & Thahira, A. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform Tiktok. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(2), 457-466.

Sahir, Syafrida Hafni (2022). Metode Penelitian. PENERBIT KBM INDONESIA.

Salam, H. M., Emam, H. E., & Elziny, M. N. (2023). The Influence of Viral Marketing on Customers Behavioral Intention In Restaurants. International Academic Journal Faculty of Tourism and Hotel Management, 9(1), 97-123.

Saputra, F., Ali, H., & Mahaputra, M. R. (2023). Peran Ingredients, Influencer Review dan Live Streaming Marketing terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Skincare Varian Mugwort. Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial, 1(3), 141-153.

Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 442-452

Sari, R. K. (2019). Viral Marketing: Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial Dalam Komunikasi Pemasaran. CERMIN: Jurnal Penelitian, 3(2), 81-96.

Shang, Q., Ma, H., Wang, C., & Gao, L. (2023). Effects Of Background Fitting Of E-Commerce Live Streaming On Consumers’ Purchase Intentions: A Cognitive-Affective Perspective. Psychology research and behavior management, 149-168.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (20).Alfabeta.Bandung.

Syarifuddin, Ibnu Al (2022). Metode Riset Praktis Regresi Berganda Dengan SPSS. BOBBY DIGITAL CENTER

We Are Social (2025).Top Mobile Apps. Diunduh dari https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025-the-essential-guide-to-the-global-state-of-digital/




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.8879

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics