Analisis Pengaruh Live Streaming dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Bisnis Digital FE UNIMED di Aplikasi TikTok.
Sari
Kata Kunci: Live Streaming , Viral Marketing, Keputusan Pembelian.
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Abimanyu, K., Suherman, S., & Siregar, M. E. S. (2023). Pengaruh Pemasaran Viral, Selebriti Endorser, Kualitas Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Ajaib Di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jenjang Sarjana Fe Unj). Jurnal Pijar, 2(01), 50-64.
Antarizkia, R., & Arif, M. E. (2022). The Influence Of Digital Marketing And Electronic Word Of Mouth To Purchase Intention. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(3), 383-392.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Diunduh dari https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Bloombergtechnoz(2024). Daftar Eccomerce dengan Nilai Transaksi Terbesar di Indonesia. Diunduh dari https://www.bloombergtechnoz.com
Business of Apps (2024). Jumlah Pengguna Tiktok Berdasarkan Usia. Diunduh dari https://www.businessofapps.com/data/retail-app-report/
Ferguson, R. (2008). Word Of Mouth And Viral Marketing: Taking The Temperature Of The Hottest Trends In Marketing. Journal of consumer marketing, 25(3), 179-182.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Iqbal, I., & Veronica, M. (2024). Pengaruh Siaran Langsung dan Konten Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Tiktok Shop Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 10(2), 1304-1317.
Izzah, N., Duku, S., & Yahya, A. H. (2023). Efektivitas Penggunaan Instagram Dalam Membentuk Citra (Studi Pada Palembang Beatbox Family). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 3(1), 296-310
Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(6), 1517-1538.
Katiandagho, N. J., & Hidayatullah, S. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Harga, dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna TikTok Shop. Sains Manajemen, 9(1), 13-27.
Kurniawan, T. A., & Sari, D. K. (2024). Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Indonesia: Peran Live Streaming, Pemasaran Viral, dan Dukungan Selebriti. Frontiers in Research Journal, 1(1), 24-38.
Maharani, S., & Dirgantara, I. M. B. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Immersion Saat Live Streaming Syaria Shopping Serta Pengaruhnya Kepada Minat Pembelian (Studi Pada Social Commerce Tik Tok Indonesia). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2942-2955.
Majid, R. A., & Selvi, E. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Laundry Sepatu Coora Premium Care Grand Galaxy. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 336-345.
Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716-727.
Mustikasari, M., M Anwar, S., & Hasbi, A. R. (2023). The Effect Of Viral Marketing, Promotions And Flash Sales On The Purchase Intention Online Shopping Z Generation In Marketplace Tiktok Shop, 12(6), 4841-4848.
Nurdin, s., & hardianti, l. (2022). Meningkatkan Minat Beli Melalui Strategi Digital Marketing Dan Ekuitas Merek. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 36-46. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.698
Praditya, R. A., & Purwanto, A. (2024). The Role of Viral Marketing, Brand Image and Brand Awareness on Purchasing Decisions. PROFESOR: Professional Education Studies and Operations Research, 1(01), 11-15.
Putra, A. P. Y., Al Multazim, M. F., Hafiz, M. Z., & Maesaroh, S. S. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Konten Promosi Terhadap Minat Beli Mahasiswa Bisnis Digital UPI Di TikTok Shop. JIMEK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 6(01)..
Ramadhon, G. S., Fauzi, R. U. A., & Kadi, D. C. A. (2023, September). Analisis Pemasaran Viral, Kualitas Produk, Harga Dan Live Streaming Parfum Popcorn Di Marketplace Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Pada Generasi Z Di Madiun. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 5, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun. https://simba.unipma.ac.id
Ranaa, N. A., & Dirgantara, I. (2023). Pengaruh Social Presence Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Siaran Langsung Tiktok dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Merek Somethinc) (Doctoral dissertation, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Razali, G., Nikmah, M., Sutaguna, I. N. T., Putri, P. A. N., & Yusuf, M. (2023). The Influence Of Viral Marketing And Social Media Marketing On Instagram Adds Purchase Decisions. CEMERLANG: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 75-86.
Rimbasari, A., Widjayanti, R. E., & Thahira, A. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Platform Tiktok. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(2), 457-466.
Sahir, Syafrida Hafni (2022). Metode Penelitian. PENERBIT KBM INDONESIA.
Salam, H. M., Emam, H. E., & Elziny, M. N. (2023). The Influence of Viral Marketing on Customers Behavioral Intention In Restaurants. International Academic Journal Faculty of Tourism and Hotel Management, 9(1), 97-123.
Saputra, F., Ali, H., & Mahaputra, M. R. (2023). Peran Ingredients, Influencer Review dan Live Streaming Marketing terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Skincare Varian Mugwort. Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial, 1(3), 141-153.
Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 442-452
Sari, R. K. (2019). Viral Marketing: Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial Dalam Komunikasi Pemasaran. CERMIN: Jurnal Penelitian, 3(2), 81-96.
Shang, Q., Ma, H., Wang, C., & Gao, L. (2023). Effects Of Background Fitting Of E-Commerce Live Streaming On Consumers’ Purchase Intentions: A Cognitive-Affective Perspective. Psychology research and behavior management, 149-168.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (20).Alfabeta.Bandung.
Syarifuddin, Ibnu Al (2022). Metode Riset Praktis Regresi Berganda Dengan SPSS. BOBBY DIGITAL CENTER
We Are Social (2025).Top Mobile Apps. Diunduh dari https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025-the-essential-guide-to-the-global-state-of-digital/
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.8879
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.