Pengaruh Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Expander

Marla Mahodim, Yana Fajriah, Wahyudi Wahyudi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengkaji pengaruh dari harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian pada PT. Bosowa Berlian Motor Makassar. Penelitian ini mengambil data dengan menyebar kuesioner kepada 96 orang pengunjung PT. Bosowa Berlian Motor Makassar yang melakukan transaksi pembelian. Data dalam penelitian yang berhasil dikumpulkan akan dianalisis menggunakan metode regresi berganda dengan beberapa tahapan analisis seperti uji validitas, reliabilitas, uji liniearitas, uji normalitas. hipotesis yang diajukan dalam studi ini akan dibuktikan dengan melihat hasil uji koefisien determinasi, uji simultan (uji-f) dan uji parsial (uji-t). studi ini menunjukkan harga produk dan citra merek mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian mobil expander. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian sepatu adalah harga produk, alasannya karena memiliki nilai koefisien regresi dan nilai t-hitung yang terbesar jika dibandingkan dengan variabel citra merek. Disarankan kepada perusahaan untuk memerhatikan variabel yang dapat memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian mobil expander di luar dari pada faktor-faktor dalam penelitian ini. Disarankan pula agar perusahaan tetap menjaga hubungan dan kerjasama yang terbina dengan baik kepada setiap pelanggan. Mengingat bahwa faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian mobil expander adalah harga produk, maka disarankan agar perlunya memerhatikan harga pesaing, hal ini dimaksudkan agar pelanggannya semakin banyak serta memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian
Keywords:
Harga, Citra, Merek, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Apriyanti, P., Surya, D., & Lutfi, L. (2017). Analisis Kualitas Layanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Empirik Nasabah Tabungan Tandamata Bank BJB Cabang Serang). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 1(2).

Asdi, A., & Putra, A. H. P. K. (2020). The Effect of Marketing Mix (4P) on Buying Decision: Empirical Study on Brand of Samsung Smartphone Product. Point Of View Research Management, 1(4), 121–130.

Bilgin, Y. (2018). The effect of social media marketing activities on brand awareness, brand image and brand loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148.

Dauvergne, P. (2017). Is the power of brand-focused activism rising? The case of tropical deforestation. The Journal of Environment & Development, 26(2), 135–155.

Fitri, M. (2013). Pengaruh Perputaran Piutang Usaha dan Perputaran Persediaan Terhadap Tingkat Profitabilitas Perusahaan Otomotif dan Komponen yang Terdaftar Di BEI. Universitas Negeri Padang.

Foroudi, P. (2019). Influence of brand signature, brand awareness, brand attitude, brand reputation on hotel industry’s brand performance. International Journal of Hospitality Management, 76, 271–285.

Fournier, S., & Avery, J. (2011). The uninvited brand. Business Horizons, 54(3), 193–207.

Keller, K. L., & Brexendorf, T. O. (2019). Measuring brand equity. Handbuch Markenführung, 1409–1439.

Kurniawaty, E. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan dan Tarif Premi terhadap minat beli yang berdampak pada kepuasan pelanggan di PT Asuransi Cigna Jakarta. Jurnal Kreatif Pemasaran, Sumber Daya Manusia Dan Keuangan, 5.

Ramesh, K., Saha, R., Goswami, S., & Dahiya, R. (2019). Consumer’s response to CSR activities: Mediating role of brand image and brand attitude. Corporate Social Responsibility and Environmental Management, 26(2), 377–387.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2005). Comportamiento del consumidor. Pearson educación.

Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Themba, O. S. (2021). Online buying impulse: via shopping, sales promotion and trust. Point Of View Research Management, 2(1), 19–25.

Wen, I. (2009). Factors affecting the online travel buying decision: a review. International Journal of Contemporary Hospitality Management.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v5i2.998

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics