Faktor-Faktor Pengendali Keputusan Pembelian di Marketplace Era Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian menganalisis keputusan pembelian di marketplace selama pandemi COVID-19. Keputusan pembelian yang baik sebagai pertanda bahwa selama pandemi, marketplace tidak terpengaruh dengan adanya pandemi. Analisis pengaruh brand image, word of mouth (WOM), lifestyle, kualitas informasi diharapkan dapat memberikan ukuran sejauh mana masyarakat memberikan keputusan pembelian di Marketplace. Kuesioner yang diperoleh dengan cara non probability sampling sebanyak 218 responden. Pengolahan data dengan analisis regresi linier berganda menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Faktor-faktor ini akan memberikan kontribusi bagi marketplace dalam mengembangkan sistemnya untuk meningkatkan kinerja yang maksimal.
Kata Kunci: brand image; word of mouth; lifestyle; kualitas informasi; keputusan pembelian.
Abstract
The study analyzed purchasing decisions in the marketplace during the COVID-19 pandemic. A good purchase decision is a sign that the marketplace is not affected by the pandemic during the pandemic. Analysis of the influence of brand image, word of mouth (WOM), lifestyle, and quality of information is expected to measure the extent to which people make purchasing decisions in the marketplace. The questionnaire was obtained using non-probability sampling of as many as 218 respondents—data processing with multiple linear regression analysis using SPSS 25. The results showed that all independent variables had a positive effect on purchasing decisions. These factors will contribute to the marketplace in developing its system to improve maximum performance.
Keywords: brand image; word of mouth; lifestyles; information quality; purchase decision.
Full Text:
Download PDFReferences
Abi, Y. I. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kfc Di Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1), 95–107. https://doi.org/10.33369/insight.15.1.95-107
Andari, P., & Sumiyarsih. (2021). Pengaruh brand image, brand trust, dan strategi promosi terhadap keputusan pembelian produk air minum dalam kemasan merek oxgndw (OXY). Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 35–52.
Antonia, W., & Lutfie, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Dan Electronic Word of Mouth Melalui Media Beauty Vlog Youtube Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik La Tulipe Cosmetiques Pada Tahun 2018. Journal E-Proceeding of Applied Science, 4(2), 378–387.
Apriyandani, H., Yulianto, E., & Sunarti. (2017). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(2), 180–189.
Aryatilandi, S., Ramdan, A. M., & Sunarya, E. (2020). Analisis Word of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Smartphone di Kola Sukabumi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Dewantara, 3(1), 54–65.
Ayuningtiyas, K., & Gunawan, H. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Informasi terhadap Keputusan Pembelian Daring di Aplikasi Bukalapak pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152–165.
Babin, B. J., Lee, Y.-K., Kim, E.-J., & Griffin, M. (2005). Modeling consumer satisfaction and word-of-mouth: restaurant patronage in Korea. Journal of Services Marketing, 19(3), 133–139. https://doi.org/10.1108/08876040510596803
Bakhtiar, M. R., & Mutmainah, S. (2011). Pengaruh Atribut Produk Islam dan Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Pertumbuhan Pendapatan dan Return on Assets (ROA) dengan Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah di Indonesia). Diponegoro University.
Bakhtiar, M. R., & Sunarka, P. S. (2019). Keamanan, Kepercayaan, Harga, Kualitas Pelayanan sebagai Pemicu Minat Beli Customer Online Shop Elevania. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 10(2), 133–148.
Bakhtiar, M. R., & Sunarka, P. S. (2020). Faktor-Faktor Peningkat Minat Beli Pelanggan Elevenia di Kota Semarang. Majalah Ilmiah Solusi, 18(2), 83–100.
Barnes, S., & Vidgen, R. (2000). WebQual: An Exploration of Website. European Conference on Information Systems (ECIS), 1–9. http://aisel.aisnet.org/ecis2000/74
Dahmiri, Hasbullah, H., & Sefrita sari, S. (2020). Pengaruh Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah di Kota Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 9(1), 15–22. https://doi.org/10.22437/jmk.v9i1.9235
Erdawati. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 365–371. https://doi.org/10.31846/jae.v8i3.331
Finanda, I. R., & Wiwaha, A. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Salon Kecantikan Pada Konsumen Miloff Beauty Bar. Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika, 1(2), 134–140.
Habir, H., Zahara, Z., & Farid, F. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(3), 211–218. https://doi.org/10.22487/jimut.v4i3.123
Imbayani, I. G. A., & Novarini, N. N. A. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Behavior. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 3(2), 199–210.
Indana, L., & Andjarwati, A. L. (2021). Website Quality, Brand Image, dan E-WOM serta Pengaruhnya terhadap Online Purchase Intention Studi Pengunjung Website Berrybenka. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 536–546. https://doi.org/10.26740/jim.v9n2.p536-546
Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Online Shop Shopee Di Pekabaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta, 4(1), 71–85.
Juwariyah, S. (2021). Pengaruh Promotion Mix dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Pondok Cokelat Hatta Samarinda. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(9), 1606–1614.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, Phillip, & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (16th ed.). Pearson Education Limited.
Kuswati, R., & Saleha, A. (2018). Antecedents Of Online Purchasing Behavior. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(2), 39–48.
Liu, C., & Arnett, K. P. (2000). Exploring the factors associated with Web site success in the context of electronic commerce. Information and Management, 38(1), 23–33. https://doi.org/10.1016/S0378-7206(00)00049-5
Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman, 5(1), 15–24. http://journals.synthesispublication.org/index.php/ilman%0APengaruh
Mongisidi, S. J., Sepang, J., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 2949–2958. https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.24041
Mulianto, M. B., Widodo, J., & Wahyuni, S. (2021). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Smartphone Samsung (Studi Kasus pada Mahasiswa FKIP Universitas Jember). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, Dan Ilmu Sosial, 15(1), 110–114. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.20153
Nabila, K. N., & Listyorini, S. (2016). Dampak Kemudahan Penggunaan, Kualitas Informasi Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Online Bukalapak Pada Mahasiswa Fisip Universitas Diponegoro). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 1–12.
Nugroho, E. J., & Simamora, L. (2021). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Daging Sapi Di Pasar Raya I Salatiga. ZIRAA’AH, 46(2), 134–143.
Parengkuan, V., Tumbel, A., & Wenas, R. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head And Shoulders di 24 Mart Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1792–1802.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy (9th ed.). McGraw-Hill.
Sari, R. P. K., & Widayanti, I. A. R. (2019). Pengaruh Brand Image , Gaya Hidup, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Café Tiga Tjeret Di Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(1), 14–22. https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.406
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2011). Consumer Behavior (10th ed.). Pearson Prentice Hall.
Sumarwan. (2012). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.
Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rusdakarya.
Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran (3rd ed.). Andi Offset.
Umboh, S. O., Soepeno, D., & Tumbel, A. (2015). Analisis Kualitas Produk, Brand Image Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita Di Mississippi Manado Town Square. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 1096–1105. https://doi.org/10.35794/emba.v3i1.7874
Wicaksono, D. A., Sumarsono, H., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Kualitas Produk, dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Batik Mukti. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 81–89. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.242
Wijaya, C., & Kempa, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Lazada. Agora, 6(2), 1–6.
Wowor, C. A. S., Lumanauw, B., & Ogi, I. W. J. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Kopi Janji Jiwa di Kota Manado. Jurnal EMBA, 9(3), 1058–1068.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i2.1126
Refbacks
- There are currently no refbacks.