Pengaruh Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan dan Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Wisatawan dan Keputusan Kunjung Ulang pada Objek Wisata

St. Asma Ul Husna Syah, Jeni Kamase, Suryanti Suryanti, Serlin Serang, Pratiwi Juniar A. G

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung citra destinasi, kualitas pelayanan dan bauran pemasaran terhadap kepuasan wisatawan; pengaruh langsung citra destinasi, kualitas pelayanan dan bauran pemasaran terhadap keputusan kunjungan ulang; pengaruh tidak langsung citra destinasi, kualitas pelayanan dan bauran pemasaran terhadap keputusan kunjungan ulang melalui kepuasan wisata. Penelitian ini dilaksanakan pada Obyek Wisata di Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui kuesioner sebanyak 160 responden. Data dianalisis menggunakan program SPSS V. 25 dan Amos V 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Bauran pemasaran berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Citra destinasi, kualitas pelayanan dan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kunjungan ulang. Citra destinasi, kualitas pelayanan dan bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kunjungan ulang melalui kepuasan wisatawan.

Kata Kunci: Citra Destinasi, Kualitas Pelayanan, Bauran Pemasaran, Kepuasan Wisata, Keputusan Kunjungan Ulang.

Abstract
This study aims to analyze the direct influence of destination image, service quality, and marketing mix on tourist satisfaction; the direct influence of destination image, service quality, and marketing mix on repeat visit decisions; indirect effect of destination image, service quality, and marketing mix on return visit decisions through tourist satisfaction. This research was conducted at a tourist attraction in Morowali Regency, Central Sulawesi Province, with a quantitative approach using primary data through a questionnaire of 160 respondents. Data were analyzed using SPSS (Version 25) and Amos (Version 25) programs. The results of this study indicate that the destination's image has a positive and significant effect on tourist satisfaction. Service quality has a positive and significant effect on tourist satisfaction. The marketing mix has a positive and insignificant effect on tourist satisfaction. Destination image, service quality, and marketing mix have a positive and significant effect on the decision to revisit. Destination image, service quality, and marketing mix positively and significantly impact the decision to revisit through tourist satisfaction..

Keywords: Destination Image; Service Quality; Marketing Mix; Tourism Satisfaction; Revisit Decisions.

Full Text:

Download PDF

References


Ahmad, Ab. 2018. Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Intensi Wisatawan Bekunjung Kembali di Destinasi Sulawesi Tengah Tahun 2014. Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 20, No. 3, Nopember 2018: 207 – 214.

Alvianna, Stella, 2017, Analisis Pengaruh Harga, Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Wisatawan di Taman Wisata Air Mendit Kabupaten Malang. Jurnal Pesona, Vol. 2, No. 1, ISSN :1410-7252.

Aprilia, Devi, S. Eny Endah Pujiastuti, Lukmono Hadi, 2019, Pengaruh Citra Destinasi, E-Wom, terhadap Kepuasan Wisatawan dan Kepercayaan (Studi pada Wisatawan yang berkunjung Tebing Breksi Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Dialektika, Volume 4, No. 1, Februari, 2019.

Astuti, Ambar Kusuma, 2017, Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Wisatawan di Kawasan Wisata Dlingo. JRMB, Volume 12, No. 2, Desember 2017.

Basyir, Muhammad dan Mayasari, 2018, Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Wisatawan Berlibur di Kabupaten Gayo Lues. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, Vol. 4, No. 2, 2019 Mei: 199-213. E-ISSN: 2598-635X.

Cahyanti, Mega Wirasaputri dan Widya Dewi Anjaningrum, 2017, Meningkatkan Niat Berkunjung pada Generasi Muda Melalui Citra Destinasi dan Daya Tarik Kampung Wisata, Jurnal JIBEKA Volume 11 No 1 Agusus 2017

Coban, Suzan. 2012. The effects of the image of destination on tourist satisfaction and loyalty: the case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences, 29 (2) : 222-232.

Dananjaya, I Made Danny, I Putu Eka N. Kencana, I Komang Gde Sukarsa, 2017.Analisis Pengaruh Citra Destinasi Dan Motif Berwisata Terhadap Tingkat Kepuasan Wisatawan Lanjut Usia. E-Jurnal Matematika Vol. 6 (2), Mei 2017, pp. 131-136, ISSN: 2303-1751.

Dewi, indriyani Ratna (2018), Pengaruh Electronic Word of Mouth, Citra Destinasi dan Fasilitas Wisata terhadap Keputusan Berkunjung yang Dimediasi oleh Respon Emosional (studi pada Pengunjung Wahana Air Lampung Walk Bandar Lampung), Jurnal Emba, Vol. 3, No. 2, 2018.

Dhiba, Ich Diana Sarah dan Ayun Maduwinarti, 2014, Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Minat Pengunjung pada Obyek Wisata Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH Surabaya. JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen April 2014, Vol. 1 No.1. hal. 94 – 109

Elat, Tisye Pingkan, Lotje Kawet, dan Altje Tumbel, 2014, Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Kepuasan Konsumen di Hello Tours and Travel Manado. Jurnal EMBA Vol.2 No.3 September 2014, Hal. 399- 410. ISSN : 2303-1174.

Ferdinand, Augusty. 2014. Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen : Aplikasi Model-Model Rumit dalam Penelitian untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. ISBN 979.9156.75.0.

Gunawan, Wahyu Tri, 2013, Bauran pemasaran dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pelanggan pada Texas Chicken Manado. Jurnal EMBA, Vol.1 No.4 Desember 2013, Hal. 2049-2058

Ghozali Imam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Semarang: Universitas Diponegoro.

Gusful, Ahmad dan Bagus Prasetyo, 2015, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Wisatawan dalam Berkunjung di Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo. Jurnal Ilmiiah Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, Vol. 10, No. 1, Januari 2015, ISSN: 1907-426X

Hanif, Asya, Andriani Kusumawati, M. Kholid Mawardi, 2016. Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi pada Wisatawan Nusantara yang Berkunjung ke Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 38 No. 1 September 2016.

Indayati, ML. Endang Edi Rahaju, dan Mintarti Indartini. 2016, Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Konsumen dalam Melakukan Kunjungan Wisata Madiun Ngumbul Square. Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, Vol. 5, No. 1, Maret 2016, ISSN: 230-4747.

Irawan, Adi, 2017, Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi kasus objek Wisata Teluk Kiluan). Jurnal EMBA, Vol. 3, No.1.

Isnaini, Putri Rizkiah, dan Yuri Abdillah, 2018, Pengaruh Citra Merek Destinasi

terhadap Keputusan dan Kepuasan Pengunjung serta Dampaknya pada Minat Kunjung Ulang(Survey pada Pengunjung Taman Rekreasi Selecta Kota Batu yang termasuk dalam Kategori Generasi Millennial). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 55 No.2 Februari 2018.

Isnana, Iranita, Myrna Sofia, 2015, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung di New Marjoly Beach and Resort dengan Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening. Jurnal EMBA, Vol. 2, No. 1.

Jorgensen, Louise Gylling. 2004. An Analysis Of A Destination‟S Image And The Language OfTourism”. Cand.Ling.Merc. (ii) Thesis Department of English.

Irawan, Handi. 2010. Kepuasan Pelanggan. Penerbit : PT. Gramedia Pustaka, Jakarta.

Kotler, Philip, 2012, Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall,Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Keller Lane Kevin. 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi 15, Jilid 1. Diterjemahkan oleh Bob Sabran, Penerbit : Erlangga, Jakarta

Kotler. P & Amstrong, G. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Koesworodjati, Yudhi, 2017, Pengaruh Bauran Pemasaran dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Implikasinya kepada Kepercayaan Wisatawan Nusantara pada Objek Wisata. Jurnal Kontigensi Volume 5, No. 1, Juni 2017, Hal. 25 - 44 ISSN 2088- 4877.

Lee, H., Lee, Y., and Yoo, D. 2000. The Determinants of Perceived Service Quality and Its Relationship With Satisfaction. Journal of Services Marketing. Vol. 14

Lupiyoadi,. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Listyowati, Lilis, 2018, Pengaruh Citra Tujuan Wisata, E-Wom, dan Kepuasan Wisatawanterhadap Minat Berkunjung Kembali pada Objek Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Karanganyar. Jurnal EMBA Vol.2 No.5, Desember 2018, Hal. 2042-2055.

Lovelock, CH. And Lauren. 2007. Whither Service Marketing. In Search of a New Paradigm and Fresh Perspectives. Journal of Service Research. Vol.7.No.1, pp. 20-41.

Lovelock Lauren. 2007. Recreational Tourism: A. Social Scince Perspective. London Routledge.

Mahadewi, Astiya Gayatri, 2018, Pengaruh Bauran Pemasaran Pariwisata dan Kualitas Pelayanan Pariwisata melalui Kepuasan Wisatawan terhadap Minat Berkunjung Kembali (Studi pada Destinasi Grand Watu Dodol (GWD) Kabupaten Banyuwangi. Jurnal EMBA, Vol. 7, No. 1.

Makalew, Arlen, J.L. Lisbet Mananeke dan Debry, Ch. A. Lintong, 2019, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Revisit Intention (Minat kunjung ulang) Wisatawan pada Objek Wisata Alam Batu Angus di Bitung. Jurnal EMBA, Vol.7 No.3 Juli 2019, Hal. 2631 – 2640. ISSN 2303-1174.

Musthofa, Fuat (2019), Analisis Pengaruh Citra Destinasi, WOM (Word of Mouth), Promosi dan Daya Tarik terhadap Keputusan Berkunjung dengan Kepuasan Wisatawan sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Obyek Wisata Gunung Kemukus, Stagen, Jawa Tengah) . Jurnal Ekonomica, Vol. 4, No. 2, 2019.

Nuraeni, Bellinda Sofia (2014), Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang. Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 23, No,1, 2014.

Priyanto, Rahmat, Hary Hermawan, Nurhalima, Suryana (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wisatawan serta Dampaknya terhadap Loyalitas (Studi di Ciater SPA Resort). Jurnal Upajiwa Dewantara, Vol. 2, No. 2, Desember 2018. ISSN: 2614-0888.

Putra, Edri Sulsa (2017), Pengaruh Citra Destinasi terhadap Keputusan Berkunjung di Objek Wisata Pantai Carocok Painan. Jurnal FE. Universitas Negeri Padang.

Rahayu, Sri (2012), Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan, Citra Merek terhadap Kepuasan Wisatawan dan Implikasinya terhadap Loyaltas Wisatawan dan Implikasinya terhadap Loyalitas Wisatawan pada Objek Pariwisata di DKI Jakarta. Jurnal Manajemen/Volume XVI, No. 02, Juni 2012: 160-177.

Parasuraman, A., Zeithaml. V. A and Berry L. L. (2000). Delivering Quality Service. New York : The Free Press.

Payangan. R. Otto. 2014. Pemasaran Jasa Pariwisata. Cetakan Pertama. Penerbit : IPB Press, Bogor

Pitana, I G., dan I K. S. Diarta. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: Andi. Pendit,

Syahrul, Alfattory Rheza dan Syailendra Eka Saputra, 2018, Pengaruh Bauran Pemasaran, Psikologis Pengunjung, Pelayanan, Fasilitas, Keamanan, Sosial Dan Nilai Budaya Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Objek Wisata Pantai di Kota Padang. Jurnal ECONOMICA, Vol. 6, No. 2, ISSN : 2302-1590.

Siti Fatimah, Oda I.B. Hariyanto, 2016.Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Berkunjung di Taman Objek Wisata Situ Patenggang. Jurnal Pariwisata. Volume 3, No.1.

Suratman, Wilopo dan Sunarti, 2018, Pengaruh BauranPemasaran Jasa terhadap Keputusan Berkunjung (Studipada Pengunjung Taman Rekreasi Sengkaling). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 57 No. 2 April 2018.

Tjiptono, Fandy. 2014. Strategi Pemasaran. Edisi kesembilan, Penerbit : Andi, YogyakartaTjiptono, F. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, F. 2008. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi. Witt,

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

Wahyundari, Ni Wayan Vitha, I Nyoman Sudiarta dan Ni Putu Eka Mahadewi, 2015, Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Wisatawan Mancanegara di Pantai Pandawa, Kabupaten Badung. Jurnal IPTA, Volume 3, No. 1, 2015, ISSN : 2338-8633.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i2.1229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics