Desain Media Pembelajaran Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker

Arfin Bagea, La Ode Hamida

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian adalah untuk mendesain media pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI menggunakan kvisoft flipbook maker di SMK Telkom Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and development (R&D). Objek penelitian ini berupa desain media pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI menggunakan kvisoft flipbook maker. Validasi dilakukan oleh satu orang ahli konten/isi mata pelajaran bahasa Indonesia dan kepala sekolah. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa ahli konten dan media, serta siswa. Data sekunder berupa buku paket bahasa Indonesia kelas XI. Teknik analisis data untuk mengetahui (1) media pembelajaran siswa akan lebih kreatif, mandiri, aktif, dan inovatif dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan (2) manfaat penggunaan media kvisoft flipbook maker terhadap pembelajaran siswa menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran bahasa Indonesia sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli konten/isi dan kepala sekolah dengan presentase 85,41% dengan kategori sangat layak, ahli media dengan presentase 91,67% termasuk kategori sangat layak, dan uji coba siswa dengan presentase 77,88% termasuk kategori baik. Dengan demikian, dari ketiga hasil penilaian tersebut dapat dikatakan media pembelajaran kvisoft flipbook maker layak digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas XI di SMK Telkom Kendari.
Kata Kunci: Media; Pembelajaran; kvisoft flipbook maker

Abstract
The purpose of the study was to design Indonesian language learning media for class XI using kvisoft flipbook maker at SMK Telkom Kendari. This research is a development research orResearch and development (R&D). The object of this research is the design of Indonesian language learning media for class XI using kvisoft flipbook maker. Validation is carried out by one content expert for Indonesian subjects and the school principal. The data sources of this research are primary data and secondary data. Primary data in the form of content and media experts, as well as students. Secondary data is in the form of textbooks for Indonesian class XI. Data analysis techniques to determine (1) students' learning media will be more creative, independent, active, and innovative by using quantitative descriptive analysis and (2) the benefits of using mediakvisoft flipbook maker on student learning using quantitative descriptive analysis. The results showed that the feasibility level of Indonesian language learning media as a learning medium was based on the assessment of content/content experts and school principals with a percentage of 85.41% in the very feasible category, media experts with a percentage of 91.67% including the very feasible category, and student trials. with a percentage of 77.88% included in the good category.
Thus, from the three assessment results, it can be said that learning media kvisoft flipbook maker suitable to be used as a learning resource for class XI students at SMK Telkom Kendari.

Keywords: Learning Media; kvisoft flipbook maker

Full Text:

Download PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta. Jurnal Ilmiah Farmasi Farmasyifa. https://doi. org/10.29313/jiff. v1i1, 2873.

Ariani, N., & Haryanto, D. (2010). Pembelajaran multimedia di sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers Depdiknas. 2003.

B. N. S. P., Depdiknas. (2007). Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Darmawiguna, I. G. M. (2013). Media Pembelajaran Berbasis Web dan Flash untuk Mata Kuliah Riset Operasi di Jurusan PTI, Undiksha. JST (Jurnal Sains dan Teknologi), 2 (1).

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Fakhri, M. I., Bektiarso, S., & Supeno, S. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Berbantuan Macromedia Flash Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Momentum, Impuls, Dan Tumbukan Kelas X Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7 (3), 271-277.

Lestari, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Pembelahan Sel dengan Menggunakan Macromedia Flash untuk Kelas XII SMA. Edu Research, 3(2).

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5 (1), 25-32.

OKTAVIARA, AYU, R. H. E. S. T. A., & Pahlevi, T. (2019). Pengembangan E-modul Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata Kelas X OTKP 3 SMKN 2 Blitar. JURNAL ADMINISTRASI PERKANTORAN, 7(3).

Rusman, Kurniawan, D., & Riana, C. (2013). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta: Raja Wali Pers.

Sadiman, Arif, dkk. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Ed. 1-15 Jakarta: Rajawali Pers. Rajagrafindo Persada.

Thobroni, M., & ZULAEHA, I. (2020, August). KAMUS ELEKTRONIK ANAK SEBAGAI KONSERVASI BAHASA DAERAH DAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIK DI ERA PANDEMIK COVID 19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 1, No. 01, pp. 188-195).

Trianto, M. P. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi kvisoft flipbook maker materi himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147-156.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics