Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Confero Di Kota Semarang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh masing-masing kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah para pembeli mobil Wuling Confero di Kota Semarang dengan sampel sebanyak 100 responden dan ditentukan menggunakan teknik non purposive sampling. Data primer diperoleh menggunakan kuesioner sedangkan data sekunder dengan menggunakan studi pustaka. Berdasarkan hasil uji SPSS versi 25.0 diperoleh bahwa uji instrumen penelitian menunjukkan semua indikator valid dan semua variabel reliabel. Berdasarkan uji F semua variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil koefisien regresi dan uji t menunjukan, bahwa variabel kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel citra merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan variabel persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Keputusan Pembelian
Abstract
The purpose of this study was to analyze the effect of each product quality, brand image, and price perception on purchasing decisions. The population in this study were the buyers of Wuling Confero cars in Semarang City with a sample of 100 respondents and determined using non-purposive sampling technique. Primary data was obtained using a questionnaire while secondary data was obtained by using a literature study. Based on the results of the SPSS version 25.0 test, it was found that the research instrument test showed all indicators were valid and all variables were reliable. Based on the F test all independent variables simultaneously affect the purchase decision. Based on the results of the regression coefficient and t test, it shows that the product quality variable has a positive and significant effect on purchasing decisions, the brand image variable has no effect on purchasing decisions, and the price perception variable has a positive and significant effect on purchasing decisions.
Keywords: Product Quality, Brand Image, Price Perception and Purchase Decision.
Full Text:
Download PDFReferences
Amanda, R. P., & Nursento, S. (2018). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Produk Wuling (Studi Pada Konsumen Mobil Wuling Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7-8.
Anisa, L. N. (2021). Pengaruh Negara Asal, Layanan Purna Jual, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling (Studi Kasus Di Wuling Arista Kalimalang) . Doctoral Dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.
Broto, V., & Wenas, R. S. (2016). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Toyota Agya Pada Pt. Hasjrat Abadi Cabang Bitung. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
Deisy, M., Lapian, J., & Mandagie, Y. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk Dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai – Gerai Seluler Di It Center Manado. Jurnal Emba.
Detikoto. (2021, September 05). Harga Mobil Lmpv Terbaru. Diambil Kembali Dari Detikoto: Https://Oto.Detik.Com/Mobil/D-5710930/Harga-Mobil-Lmpv-Terbaru-Masih-Ada-Yang-Mepet-Lcgc
Falah, T. A., Abidin, Z., & Hudayah, S. (2020). Pengaruh Kreativitas Iklan Dan Negara Asal Terhadap Niat Beli Dan Keputusan Pembelian Mobil. Turnitin Report.
Farikhin, M., & Prabowo, R. E. (2019). Performa Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mobil Honda Brio Satya Di Kota Semarang). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 26.
Gaikindo. (2022). Gaikndo Wholesales Data. Gaikindo. Dipetik Febuari 24, 2022, Dari Https://Www.Gaikindo.Or.Id/
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Istianto, B., & Nugroho, L. (2017). Analisis Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil (Studi Kasus Mobil Lcgc Di Surakarta). Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi Tiga Belas. Jilid 1 Dan 2. Jakarta: Erlangga.
Muharam, W., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Keputusan Pembelian Konsumen Honda Mobilio.
Nurani, M. (2020). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Di Dealer Wuling Bekasi Summarecon. Jurnal Manajemen, 1-24.
Rumengan, A. N. (2015). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Strategi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Cabang Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
Rusmawati, Y. (2015). Pengaruh Iklan Mobil Suzuki Ertiga Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekbis, 16.
Sari, R. L., Mandey, S. L., & Soegoto, A. S. (2014). Citra Merek, Harga Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada Pt. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.
Setyani, T. P., & Gunadi, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio Kia Motors Indonesia (Pada Pt. Radita Autoprima). Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 92-102.
Setyawati, K. E. (2021). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Vario (Studi Kasus Pada Cv Kirana Motorindo Jaya). Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Manajemen.
Sinaga, M. Y. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Di Kota Medan. Skripsi, 21.
Suryo , A. A., Suddin, A., & Widajanti, E. (2019). Pengaruh Harga, Iklan, Citra Merk, Dan Pelayanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling Di Wilayah Surakarta. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 402.
Wicaksono, A. A. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Wuling. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7.
Zainuddin, M. Z., Suyuti, & Steven, R. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Di Begos (Bebek Goyang Sulawesi) Kota Kendari. Journal Of Economic And Business, 1-11.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.1885
Refbacks
- There are currently no refbacks.