Peran Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembelian Mobil di Salah Satu Showroom di Kota Makassar )
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menilai pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Rush pada PT. Hadji Kalla cabang HOS Cokroaminoto Makassar. Ekuitas merek terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, kualitas yang dirasakan, dan loyalitas merek. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif sebagai metode inkuirinya. Data yang dianalisis adalah hasil yang diperoleh dari survei kepada pelanggan yang membeli mobil Toyota Rush di HOS Cokroaminoto Kantor Cabang PT. Hadji Kalla, Makassar. Metodologi yang digunakan dalam pengambilan sampel yakni teknik sampling aksidental, dengan metode yang digunakan non-probability sampling. Uji-t dan regresi linier berganda adalah metode analisis data yang diterapkan pada penelitian ini. Berdasarkan temuan analisis data yang diperoleh dari uji-t, disimpulkan bahwa semua sub-variabel yang terdapat pada variabel ekuitas merek yang diujikan pada penelitian ini berpengaruh positif dan signifikan, dengan sub-variabel Loyalitas Merek yang memiliki pengaruh yang dominan. Sehingga, kepada perusahaan semampunya dapat mempertahankan loyalitas merek karena mampu meningkatkan keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kesadaran Merek; Asosiasi Merek; Persepsi Kualitas; Keputusan Pembelian.
Abstract
The purpose of this study was to determine the impact of brand equity on the choice to acquire a Toyota Rush automobile at the PT. Hadji Kalla branch of HOS Cokroaminoto Makassar. The components of brand equity are brand recognition, brand association, perceived quality, and brand loyalty. This study uses descriptive quantitative research as its methodology. The data studied are the results of surveys administered to consumers who purchased Toyota Rush automobiles from the HOS Cokroaminoto Branch Office PT. Hadji Kalla location in Makassar. Sampling is conducted using a strategy of accidental sampling and a non-probability sampling method. In this study, the T-test and multiple linear regression were used to analyze the data. Based on the results of the t-test, it was determined that all sub-variables contained within the brand equity variable examined in this study had a positive and statistically significant effect, with the Brand Loyalty sub-variable exerting the most influence. Therefore, the corporation can maximize brand loyalty because it can improve purchase decisions.
Keywords: Brand Awareness; Brand Association; Quality Perception; Purchase Decision.
Full Text:
Download PDFReferences
Annisa (2020) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Bandung
Ariyanto, Yudi, 2016. Pengaruh Ekuitas Merek dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Juke. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, (Online), Vol. 5, No. 3, (https://ejournal.stiesia.ac.id, di akses pada tanggal 23 November 2017).
Assauri, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi. Raja grafindo persada : Jakarta.
Astuti, S. W. dan Cahyadi, I. G. 2007. Pengaruh Elemen Ekuitas Merek Terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan di Surabaya Atas Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda. Majalah Ekonomi, (Online), (https://digilib.unimus.ac.id, di akses 20 November 2017).
Dasar-Dasar Statistika, Bandung: Alfabeta
Durianto, dkk. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Efffendi, usman dan batubara, A.R. 2016. Psikologi Konsumen. Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Fatimah, Siti. 2014. Pengaruh kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian pelembab wardah pada konsumen Al-Yasini Mart Wonorejo, Jurnal Sketsa Bisnis, (Online), Vol. 1, No. 2, (https://jurnal.yudharta.ac.id, di akses pada 22 November 2017).
Ghozali, Imam. 2018. AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang Riduwan. (2015).
https://www.autofun.co.id
IJSE,2019. Indonesian Journal on Software Engineering,(Online), Vol.5, No. 1, (https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse).
Iriani, N.I. 2011. Pengaruh Dimensi Brand Equity (Ekuitas Merek) Terhadap Keputusan Pembelian Kartu T elepon Selular T elkomsel di Kota Malang. Jurnal manajemen, (Online), Vol. 9, No . 2, (www.jurnaljam.ub.ac.id, di akses pada tanggal 03 Desember 2017).
Khasanah, Imroatul. 2013. Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Sedaap di Semarang. Jurnal Dinamika Manajemen, (Online), Vol. 4, No. 1, (http:// http://journal.unnes.ac.id, di akses 23 November 2017).
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2003. Dasar-dasar Pemasaran. PT. Indeks Kelompok Gramedia : Jakarta.
Kurniawan. 2017. Klasemen Sementara Mobil Terlaris 2017, (Online), (http://amp.kompas.com, di akses 23 November 2017).
Pratami Wulan (2021) THE EFFECT OF BRAND EQUITY ON PURCHASE DECISIONS (STUDY ON SHOPEE CONSUMER)
Pujianingrum, Fifik. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Provider Telkomsel pada Mahasisa STIE SIA Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, (Online), Vol. 6, No. 4, (https://ejournal.stiesia.ac.id, di akses 24 November 2017).
Rachel (2018) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Simetri Coffee Roaster Puri, Jakarta
Rahendy, Arief. 2014. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android. Jurnal ilmu & Riset Manajemen (Online), Vol. 3, No. 4, (https://ejournal.stiesia.ac.id, di akses pada tanggal 2 Desember 2017.
Randang, Wahyudi. 2013. Kualitas Produk, Atribut Produk dan Ekuitas Merek Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng, Jurnal EMBA, (Online), Vol. 1, No. 3, (https://ejournal.unsrat.ac.id, di akses pada tanggal 22 November 2017).
Riana, Nova Ayu. 2015. Analisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian surat kabar harian jawa pos.The 5th FIPA (Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi) program studi pendidikan akuntansi –FPIPS (Online), Vol. 3, No. 1, (https://prosiding.undipma.ac.id, di akses pada tanggal 03 Desember 2017).
Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Shinta, Agustina. 2014. Manajemen Pemasaran. UB Press: Yogyakarta. Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alabeta: Bandung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Alabeta: Bandung.
Suharyani, Komang. 2015. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Botol Sosro pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), (Online), Vol. 5, No. 1, (https://ejournal.undiksha.ac.id, di akses pada tanggal 20 November 2017).
Widhiarta, I.G.T.E., dan Wardana, I.M., 2015. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Iphone di Denpasar, E-Journal Manajemen Unud, (Online), Vol. 4, No. 4,(https://ojs.unud.ac.id, di akses pada tanggal 30 November 2017).
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2054
Refbacks
- There are currently no refbacks.