Analisis Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Pada Puskesmas Citta Kabupaten Soppeng
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada Puskesmas Citta yang terletak di Desa Citta Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang telah menggunakan layanan kesehatan puskesmas citta yang berjumlah 99 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linear Sederhana.
Berdasarkan hasil analisis penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Kinerja Pegawai berpengaruh terhadap Kualitas pelayanan pasien pada Puskesmas Citta Kabupaten Soppeng. Sehingga disarankan untuk meningkatkan pengawasan terhadap pegawai dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan agar pegawai dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada Pasien.
Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan
Abstract
This research was conducted at the Citta Health Center which is located in Citta Village, Citta District, Soppeng Regency. The sampling technique used was the accidental sampling technique, namely the technique of determining the sample based on chance, i.e. anyone who coincidentally/incidentally met the researcher could be used as a sample if the person who happened to be met it is suitable as a data source, so the sample in this study is people who have used the health services of the citta health center, totaling 99 people. The analysis used in this research is Simple Linear Regression Analysis.
Based on the results of research analysis, it can be concluded that employee performance affects the quality of patient care at the Citta Public Health Center, Soppeng Regency. So it is advisable to increase supervision of employees in carrying out the duties and responsibilities given so that employees can provide maximum service to patients.
Keywords: employee performance, service quality
Full Text:
Download PDFReferences
Absar, M.M.N., Azim, M. T., Balsundaram, N., & Akhter, S. (2010). Impact of human resources practices on job satisfaction: evidence from manufacturing firms in Bangladesh. Economic sciences series. LXII, 31-42
Abdus Salam, Manajemen Insani Dalam Bisnis, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2014.
Adawiah, A. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Arief (2010). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya.Jakarta :Rajawali Pers.
A.S. Moenir, 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia.Bumi Aksara : Jakarta. Hlm 88
Dessler, Gary. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta; PT. Indeks
Filippo Edwin. B. 1996. Manajemen Personalia, Jilid Dua. Jakarta; Erlangga
Gordon et. al. (2010). Post Dialysis Fatigue Is Associated With Sedentary Behavir. Clin Neprol, 426-33. Dipetik Desember 28, 2017
Handoko. T. Hani. 1995. Manajemen Personalia Sumber dan Daya Manusia. Yogyakarta . BPFE
Martoyo, Susilo. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 5, Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE
Mondy, R. Wayne. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga
Noe et al. 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia Mencapai Keunggulan Bersaing, Salemba Empat, Jakarta.
Porter, M. E. (2007). Strategi Bersaing: Competitive Strategy. Tangerang: Karisma Publishing Group.
Robbins, Stephen P., 2008, Perilaku Organisasi (alih bahasa Drs. Benjamin Molan), Edisi Bahasa Indonesia, PT Intan Sejati, Klaten
Schermerhorn, 2005, Management 8th ed, John Wiley & Sons, Inc, USA.
Siagian, Sondang P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Suharto, Agus, 1998. Manajemen Pelayanan Publik, Thesis. Program Studi Administrasi negara, Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya Malang.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keduabelas, Penerbit CV. Alfabeta Bandung.
Tjiptono, Fandy. Dan Gregious Chandra, 2007. Service Quality Satisfaction.. Penerbit. Andy. Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2103
Refbacks
- There are currently no refbacks.