Analisis Pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Pada Puskesmas Citta Kabupaten Soppeng

Puji Rahmah, Yulia Atmasari, Muh. Alamsyah Ramli, Asnia Minarti, Misveria Villa Waru, Fitriadi Fitriadi, Rafida Bangki

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan pada Puskesmas Citta yang terletak di Desa Citta Kecamatan Citta Kabupaten Soppeng Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang telah menggunakan layanan kesehatan puskesmas citta yang berjumlah 99 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linear Sederhana.

Berdasarkan hasil analisis penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Kinerja Pegawai berpengaruh terhadap Kualitas pelayanan pasien pada Puskesmas Citta Kabupaten Soppeng. Sehingga disarankan untuk meningkatkan pengawasan terhadap pegawai dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan agar pegawai dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada Pasien.

Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan

Abstract
This research was conducted at the Citta Health Center which is located in Citta Village, Citta District, Soppeng Regency. The sampling technique used was the accidental sampling technique, namely the technique of determining the sample based on chance, i.e. anyone who coincidentally/incidentally met the researcher could be used as a sample if the person who happened to be met it is suitable as a data source, so the sample in this study is people who have used the health services of the citta health center, totaling 99 people. The analysis used in this research is Simple Linear Regression Analysis.

Based on the results of research analysis, it can be concluded that employee performance affects the quality of patient care at the Citta Public Health Center, Soppeng Regency. So it is advisable to increase supervision of employees in carrying out the duties and responsibilities given so that employees can provide maximum service to patients.

Keywords: employee performance, service quality

Full Text:

Download PDF

References


Absar, M.M.N., Azim, M. T., Balsundaram, N., & Akhter, S. (2010). Impact of human resources practices on job satisfaction: evidence from manufacturing firms in Bangladesh. Economic sciences series. LXII, 31-42

Abdus Salam, Manajemen Insani Dalam Bisnis, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2014.

Adawiah, A. 2021. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Arief (2010). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya.Jakarta :Rajawali Pers.

A.S. Moenir, 2010. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia.Bumi Aksara : Jakarta. Hlm 88

Dessler, Gary. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta; PT. Indeks

Filippo Edwin. B. 1996. Manajemen Personalia, Jilid Dua. Jakarta; Erlangga

Gordon et. al. (2010). Post Dialysis Fatigue Is Associated With Sedentary Behavir. Clin Neprol, 426-33. Dipetik Desember 28, 2017

Handoko. T. Hani. 1995. Manajemen Personalia Sumber dan Daya Manusia. Yogyakarta . BPFE

Martoyo, Susilo. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 5, Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE

Mondy, R. Wayne. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga

Noe et al. 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia Mencapai Keunggulan Bersaing, Salemba Empat, Jakarta.

Porter, M. E. (2007). Strategi Bersaing: Competitive Strategy. Tangerang: Karisma Publishing Group.

Robbins, Stephen P., 2008, Perilaku Organisasi (alih bahasa Drs. Benjamin Molan), Edisi Bahasa Indonesia, PT Intan Sejati, Klaten

Schermerhorn, 2005, Management 8th ed, John Wiley & Sons, Inc, USA.

Siagian, Sondang P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Suharto, Agus, 1998. Manajemen Pelayanan Publik, Thesis. Program Studi Administrasi negara, Program Pasca Sarjana Universitas Brawijaya Malang.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Keduabelas, Penerbit CV. Alfabeta Bandung.

Tjiptono, Fandy. Dan Gregious Chandra, 2007. Service Quality Satisfaction.. Penerbit. Andy. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics