Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Tokopedia di Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk

Moh. Fajar Bahari, Rizky Dermawan

Abstract


Abstrak
Kecanggihan teknologi mendukung masyarakat dalam berbelanja secara online melalui marketplace. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui Pengaruh kritik pembeli online dan skor patron atau rating online terhadap pilihan pembelian di aplikasi tokopedia kecamatan tanjungom, Kabupaten Nganjuk. Populasi diambil dari seluruh penduduk di Kecamatan Tanjunganom yaitu sebanyak 82.140 orang yang usianya 15 tahun keatas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling melalui mengunakan formulasi Slovin, sehingga mengambil sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan melalui pembagian kuesioner kepada responden melalui skala interval dengan skala likert dari skor 1 sampai 5. Kemudian data diolah menggunakan teknik analisis data Partial Least Square (PLS) melalui analisis outer dan inner model serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa online customer review dan online customer rating memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia di Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk secara signifikan dan positif.

Kata Kunci: Keputusan Pembelian; Online Customer Rating; Online Customer Review.
Abstract
The sophistication of generation supports people in buying on-line through the market. This study aims to decide the impact of online consumer critiques and online consumer ratings on purchasing choices at the tokopedia market in tanjunganom district, nganjuk regency. The populace was taken from the complete populace in tanjunganom district, specifically 82,140 people elderly 15 years and over. Sampling the use of the approach of easy random sampling through the slovin formula, in order to acquire a hundred respondents. Facts was amassed through dispensing questionnaires to respondents through an c programming language scale with a likert scale from a rating of 1 to 5. Then the data was processed the usage of partial least square (pls) facts analysis strategies thru outer and inner model analysis and hypothesis testing. The outcomes show that on-line consumer critiques and on line consumer scores have a big and tremendous have an effect on on buying selections at the tokopedia market in tanjunganom district, nganjuk regency
Keywords: Purchase Decision; Online Customer Ratings; Online Customer Reviews

Full Text:

Download PDF

References


Image, Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee (Studi pada Customer Marketplace Shopee di Malang). E – Jurnal Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN, 2020, 82–94.

Auliya, Z. F., Rifqi, M., Umam, K., & Prastiwi, S. K. (2017). Online Customer Review (OTRs) dan Rating Kekuatan baru pada Pemasaran Online di Indonesia. 89–98.

Hariyanto, H. T. &, & Trisunarno, L. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian Pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2), 234–239.

Kanitra, A. R., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Country Of Origin Dan Online Consumer Review Terhadap Trust Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(1).

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran (jilid 1 ed). airlangga.

Lackermair, G., Kailer, D., & Kanmaz, K. (2013). Importance of Online Product Reviews from a Consumer’s Perspective. Advances in Economics and Business, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.13189/aeb.2013.010101

Mira Lee, S. Y. (2009). Electronic word of mouth (eWOM), International Journal of Advertising. 28:3, 473–499. doi: 10.2501/S0265048709200709%0A

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Philip Kotler, K. L. K. (2009). Manajemen Pemasaran (jilid 1 ed). Erlangga.

prof. dr. sugiyono. (2011). prof. dr. sugiyono, metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. intro ( PDFDrive ).pdf. In Bandung Alf (p. 143).

Simpan, K., & Ksp, P. (2020). Jurnal Muhammadiyah. Peran Foto Produk, Online Customer Review, Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen, 1(1), 37–47.

Suhari, Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIII(2), 140–146. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=7425&val=544&title=Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics