Patterns of Interpersonal Communication Between Parents and Children in Providing Adolescent Sex Education
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal apa yang digunakan orang tua kepada anaknya dalam memberikan pendidikan seks remaja dan untuk mengetahui bagaimana efektivitas komunikasi interpersonal yang terjalin antara orang tua dan anak dalam memberikan pendidikan seks remaja. Metode penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian ini dilakukan di Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan-Kalimantan Timur dimana di Kabupaten Balikpapan Utara masih terdapat kasus seks di bawah umur yang disebutkan pada bab satu dalam penelitian ini. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka kesimpulan dari penelitian adalah, pola komunikasi interpersonal orang tua dengan anak dalam memberikan pendidikan seks kepada remaja di kota Balikpapan adalah orang tua menerapkan pola komunikasi yang demokratis. Caranya adalah dengan berdiskusi, disepakati bersama antara orang tua dan anak sehingga anak merasa nyaman bersikap terbuka kepada orang tua dan anak juga lebih memahami apa yang dikatakan orang tua dan komunikasi interpersonal dilakukan secara efektif oleh orang tua dan anak dengan aspek keterbukaan, empati, dukungan, positif, kesetaraan. Komunikasi interpersonal yang meliputi aspek komunikasi efektif berjalan dengan baik dan berdampak besar dalam memberikan pemahaman tentang pendidikan seks pada remaja.
Kata Kunci: Pola Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Orang Tua-Anak, Pendidikan Seks
Full Text:
Download PDFReferences
Alang, M. Sattu, 2007, Pengantar Ilmu Komunikasi, Makassar: Alauddin Press, Andika, Alya. 2010. Bicara Seks Bersama Anak. Yogyakarta: Pustaka Anggrek. Balson. 1993. Bagaimana Menjadi Orangtua Yang Baik. Jakarta. Bumi. Aksara
Creswell W. John. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan. Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Devito, Joseph A. 1995. The Interpersonal Communication Book (9th Edition). New York: Addison Wesley Longman
Djamarah, Bahri Syaiful. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam keluarga. Jakarta: PT. Reneka Cipta.
Effendy, Onong Uchjana. 2004. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya Hawari, Dadang.2004. Manajemen Stres Cemas dan Depresi.Jakarta: Sagung Seto.
Hidayat, Dasrun, 2012, Komunikasi Antarpribadi dan Medianya, Yogyakarta:Graha Ilmu
Latif, Mukhtar, dkk. 2014. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Lestari G, Endang dan Maliki, MA. 2013. Komunikasi yang Efektif. Lembaga. Administrasi Negara. Jakarta.
Lestari, Sri. 2012. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik. Dalam Keluarga. Jakarta: Kencana.
Liliweri, Alo.2015, Komunikasi Antarpribadi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Lubis N. L., 2013. Psikologi Kespro : Wanita & Perkembangan Reproduksinya. Ditinjau dari Aspek Fisik dan Psikologinya. Jakarta : Kencana
Mansur, H dan Budiarti, T. 2014. Psikologi Ibu dan Anak. Salemba. Medika.Jakarta.
Marijan. 2012. Metode Pendidikan Anak. Yogyakarta : Sabda Media.
Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja. Rosdakarya
Mulyana, Deddy. 2010, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Rakhmat, Jalaluddin. 2013, Psikologi Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.
Rakhmat, Jalaludin, 2004 Psikologi Komunikasi, Jakarta, Rosda Karya
Santrock. 2007. Perkembangan anak jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sarwono , Prawirohardjo, 2014. Ilmu Kebidanan. Jakarta: PT. Bina Pustaka Sendjaja, Djuarsa, 2004, Teori Komunikasi, Jakarta; Universitas Terbuka
Skripsiadi. Erwin J, 2005. Pendidikan Dasar Seks untuk anak. CUSIOTISA. Perpustakaan Nasional.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim penyusun, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi 3). Departemen. Pendidikan Nasional. Jakarta.
Balai Pustaka.
Wijaya, A.W., 2010, Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Bina Aksara. Alisjahbana.
Wood, Julia T. 2013 Komunikasi Interpersonal dalam interaksi Keseharian, Jakarta: Salemba. Humanika
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2153
Refbacks
- There are currently no refbacks.