Pengaruh Opinion Shopping, Solvabilitas, dan Strategi Bisnis Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2016-2020)
Abstract
Opini audit going concern adalah opini dengan paragraf penjelas tentang pertimbangan auditor atas ketidaksanggupan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidup usahanya dalam menjalankan kegiatan operasinya di masa yang akan datang (Simanjuntak et al., 2020). Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh opinion shopping, solvabilitas, dan strategi bisnis terhadap opini audit going concern pada perusahaan sub sektor transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020 baik secara simultan maupun secara parsial. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan untuk pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang mendapatkan 23 sampel dalam waktu 5 tahun penelitian sehingga perusahaan yang didapatkan sebanyak 115 data sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan bantuan software SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa opinion shopping, solvabilitas, dan strategi bisnis memiliki pengaruh secara simultan terhadap opini audit going concern. Secara parsial solvabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap opini audit going concern sedangkan opinion shopping dan strategi bisnis memiliki pengaruh terhadap opini audit going concern.
Kata Kunci: Opinion Shopping, Solvabilitas, Strategi Bisnis, Opini Audit Going Concern.
Abstract
Going concern audit opinion is an opinion with an explanatory paragraph about the auditor's consideration of the company's inability to maintain the viability of its business in carrying out its operations in the future (Simanjuntak et al., 2020). This study aims to determine the effect of opinion shopping, solvency, and business strategy on going concern audit opinions on transportation sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the 2016-2020 period, either simultaneously or partially. In this study using quantitative methods and for sampling using purposive sampling which obtained 23 samples within 5 years of research so that the company obtained as many as 115 sample data. The analytical method used in this study is logistic regression analysis with the help of SPSS version 26 software. The results of this study indicate that opinion shopping, solvency, and business strategy have a simultaneous influence on going concern audit opinion. Partially, solvency has no effect on going concern audit opinion, while opinion shopping and business strategy have an influence on going concern audit opinion.
Keywords: Opinion Shopping, Solvability, Business Strategy, Going Concern Audit Opinion.
Full Text:
Download PDFReferences
Abd Rahman, M., & Ahmad, H. (2018). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Solvabilitas Terhadap Opini Audit Going Concern. CESJ: Center Of Economic Students Journal, 1(1), 43–55.
Banjarnahor, E., & Ariani, M. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance dan Business Strategy terhadap Going Concern Perusahaan. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 16(2), 91–106.
Damanhuri, A. G., & Putra, I. M. P. D. (2020). Pengaruh Financial Distress, Total Asset Turnover, dan Audit Tenure pada Pemberian Opini Going Concern. Concern, 30(9), 2392–2402.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25.
Heri, S. (2017). Auditing & Asurans Pemeriksaan Akuntansi Berbasis Standar Audit Internasional. Gramedia Widiasarana Indonesia.
IAPI. (2016). Standar Audit Seksi 508 PSA No.29. Www.Api.or.Id.
Iriawan, W. P., & Suzan, L. (2015). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Opinion Shopping, Dan Prior Opinion Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (studi Pada Perusahaan Property And Real Estate Yang Listing Di Bei Tahun 2009-2013). EProceedings of Management, 2(2).
Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Raja Grafindo Persada.
Kusumayanti, N. P. E., & Widhiyani, N. L. S. (2017). Pengaruh Opinion Shopping, Disclosure dan Reputasi KAP Pada Opini Audit Going concern. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 18(3), 2290–2317.
Listantri, F., & Mudjiyanti, R. (2016). Analisis Pengaruh Financial Distress, Ukuran Perusahaan, Solvabilitas, Dan Profitabilitas Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern. Media Ekonomi, 16(1), 163–175.
Marsudi W. Kisworo, I. dan I. S. (2018). Analisis Pengaruh Financial Distress, Debt Default, Kualitas Auditor, Auditor Client Tenure, Opinion Shopping Dan Disclosure, Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 10(1), 51–62.
Purba, S. F., & Nazir, N. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Rasio Keuangan, dan Kualitas Auditor terhadap Opini Audit Going Concern. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(2), 199–214.
Puspaningsih, A., & Analia, A. P. (2020). The Effect of Debt Default, Opinion Shopping, Audit Tenure and Company’s Financial Conditions on Going-concern Audit Opinions. Review of Integrative Business and Economics Research, 9, 115–127.
Putri, I., & Majidah, M. (2021). Pengaruh Risiko Keuangan, Strategi Bisnis, Dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Opini Audit Going Concern (studi Empiris Pada Perusahaan Infrastruktur, Utilitas, Dan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019). EProceedings of Management, 8(5).
Ramadhani, N. F. (2018). Pengaruh Profitabilitas. Debt Default, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern.
Saifudin, A., & Trisnawati, R. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Opini Audit Going Concern (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Tahun 2011-2014). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sari, P. B. (2020). ANALISIS OPINI GOING CORNCERN PADA PERUSAHAAN FARMASI DI BURSA EFEK INDONESIA (Multiple Correlation Method). Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Publik, 10(1), 189–196.
Simamora, R. A., & Hendarjatno, H. (2019). The effects of audit client tenure, audit lag, opinion shopping, liquidity ratio, and leverage to the going concern audit opinion. Asian Journal of Accounting Research, 4(1), 145–156.
Simanjuntak, C. T., Hutasoit, S. R. S., Simamora, E., & Hayati, K. (2020). PENGARUH RASIO KEUANGAN DAN FAKTOR NON KEUANGAN TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 9.8 (2020):729-760.
Suryani, E. (2018). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Pemberian Opini Audit Going Concern (studi Empiris Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Periode Tahun 2012-2016). EProceedings of Management, 5(2).
Utama, I., & Badera, I. (2016). Penerimaan Opini Audit Dengan Modifikasi Going Concern dan Faktor-Faktor Prediktornya. E-Jurnal Akuntansi, 14, 893–919.
Widyaningsih, T. R. (2020). Pengaruh Kondisi Keuangan dan Insolvensi Perusahaan Terhadap Pemberian Opini Audit Going Concern. Universitas Brawijaya.
Wu, P., Gao, L., & Gu, T. (2015). Business strategy, market competition and earnings management: Evidence from China. Chinese Management Studies.
Yuliyani, N. M. A., & Erawati, N. M. A. (2017). Pengaruh Financial Distress, Profitabilitas, Leverage Dan Likuiditas Pada Opini Audit Going Concern. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 19(2), 1490–1520.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i2.2321
Refbacks
- There are currently no refbacks.