Analisis Kualitas Desain Produk dan Promosi terhadap Volume Penjualan pada Pelanggan Jasa Iprofeeds Surabaya
Abstract
Pada era perkembangan teknologi saat ini serta perubahan pola transaksi mengharuskan pelaku bisnis guna memakai media digital sebagai sarana marketing guna menawarkan produknya melalui desain produk yang akan disasarkan kepada target segmenting pasar perusahaan. satu dari perusahaan digital di Surabaya yang bergerak pada bidang digital marketing yakni iprofeeds. Banyaknya pesaing perusahaan digital marketer di Surabaya dengan range harga yang bervarisasi menjadikan pentingnya iprofeeds guna mengembangkan promosi serta desain perusahaan sehingga bisa mempengaruhi volum penjualan. Peneliti kemudian melakukan penelitian yang berjudul Analisis Kualitas Desain Produk dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Produk Pada Pelanggan Jasa Iprofeeds. Gaya penelitian ini yakni deskriptif kuantitatif. adapun Metode pengambilan sampel yang dipakai yakni metode sampling jenuh. didalam penelitian ini, ada 42 klien yang dijadikan sampel. Analisis regresi linier berganda dipakai sebagai teknik analisis. Temuan penelitian terlihat bahwasanya desain produk serta pemasaran mempunyai pengaruh yang sedikit signifikan terhadap volume penjualan (p-value 0,05). Selain itu, desain produk serta pemasaran mempunyai dampak yang cukup besar pada volume penjualan (probabilitas 0,05).
Kata Kunci : Desain Produk , Promosi , Penjualan.
Abstract
In the current era of technological developments and changes in transaction patterns, business people need to use digital media as a marketing tool to offer their products through product designs that will be targeted to the company's target market segmentation. One of the digital companies in Surabaya that is engaged in digital marketing is iprofeeds. The number of digital marketer company competitors in Surabaya with varying price ranges makes the importance of iprofeeds to develop company promotions and designs so that it can affect sales volume. The researchers then ran a study titled Analysis of Product Design Quality and Promotion of Product Sales Volume for Iprofeeds Service Users. This style of study is quantitatively descriptive. The used sampling method is a saturated sampling method. In this research, there were 42 clients utilized as samples. Multiple linear regression analysis is employed as the analytic technique. The findings of the study indicate that product design and marketing have a marginally significant influence on sales volume (p-value 0.05). Additionally, product design and marketing have a considerable impact on sales volume (probability 0.05).
Keywords: Product Design , Promotion, Sales.
Full Text:
Download PDFReferences
Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. (2017). Manajemen Pemasaran (edisi ke-1).Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Ardhelia, Christy. (2019). Pengaruh Perilaku Konsumen dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Miniso Sun Plaza Medan). Skripsi. Universitas Sumatra Utara. Medan
Diyatma ,AJ. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Saka Bistro, eProceeding of Management. Universitas Telkom.4(1): 175-179.
Heidrick and Struggles. (2009). The Adoption of Digital Marketing in Financial. Services Under Crisis.
Kasmir, dan Jakfar. (2012). Studi Kelayakan Bisnis.rev.ed. Jakarta : Kencana.
Kemalawati, Agoestin. (2021). Pengembangan UMKM Tas Belacu Melalui variasi Desain Produk dan Kombinasi Bahan. Abdimas Akademika.2(2):140-145.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran (edisi 12 Jilid 1 & 2).Jakarta: PT. Indeks.
Masyhuri, zainuddin, 2008. Metodologi Penelitian. Bandung : Rafika Aditama.
Novitasari, Devi dan Samari. (2021). Upaya Peningkatan Volume Penjualan di Masa Pandemi Covid-19 melalui Optimalisasi Promosi, Harga, dan Saluran Distribusi pada Pusat Oleholeh Gudange Tahu Takwa. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN). 6 (1) : 55-63.
Rangkuti,Freddy. (2017). Customer Care Excellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sari,N., Achyar,E., Leny, M. 2020. Pengaruh Distribusi dan Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol (3), No.2.
Tabelessy, W. 2021. Pengaruh Desain Produk, Harga, dan promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Rumahan Buket Bungan Victoria di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM. Vol 2), No.2.
Tanti ,Dewi Sad dan Kuswidiarto, Adharis. (2019). Memetakan Kompetensi Digital Petani Pengguna Platform Promosi dan Pemasaran Digital Agribisnis. Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi. Universitas Mercu Buana Jakarta. Jakarta.
Sugiyono. (2011). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy. (2016). Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Ulrich K.T, Eppinger S.D. (2008). Perancangan dan Pengembangan Produk. Jakarta: Salemba Teknika
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2438
Refbacks
- There are currently no refbacks.