Problematika Yang Dihadapi Guru dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Serta Platform Digital (Googlemeet, Zoom meeting dan Google Classroom (GCR) Dalam Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Manado

Lusia Sumenda1, Deitje Adolfien Katuuk, Jeffry Sony Junus Lengkong, Viktory Nicodemus Joufree Rotty, Elni Jeini Usoh

Abstract


Abstrak
Problematika yang dihadapi oleh guru yang ada di SMP Negeri 1 Manado, dimana masalah yang mereka hadapi adalah disaat pandemic covid-19 yang mengharuskan para siswa dan guru harus berada di rumah dan pelajaran berbasis online. Maka media yang dipakai adalah TIK atau komputer serta menggunakan Platform Digital. Beberapa guru masih belum memiliki kemampuan untuk menggunakan komputer beserta platform digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab permasalahan yaitu tentang Problematika Yang Dihadapi oleh Guru dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Serta Platform Digital (Googlemeet, Zoom Meeting, dan Google Classroom (GCR) Dalam Masa Pandemic Covid-19 di SMP Negeri 1 Manado. Lokasi penelitian SMP Negeri 1 Manado. Hasil penelitiaan didapatkan masih banyak para tenaga pendidik dan kependidikan yang masih kurang mampu mengoperasikan komputer dan tidak tahu menggunakan Platform belajar.
Kata Kunci : Googlemeet, Media Pembelajaran Berbasis TIK, Covid-19

Full Text:

Download PDF

References


Abdul Kadir. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a).

Allen, M. (2013). Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada: John Wiley & Sons.

Amir, B. (2019). Problematika Pembelajaran Idafah Pada Prodi Pba Iain Bone (Suatu Tinjauan Nahwu). (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 8(2), 194-206

Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.

European Diploma in Psychology. European Psychologist, 10(2):93, 2005. Online tersedia pada http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/summary?doi=10.1.1.458.5733 Diakses 17 Oktober 2021.

Danin Haqien & Aqiilah Afiifadiyah Rahman, (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan). Vol. 5. No. 1.

Departemen Agama, UU RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, serta UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Dilengkapi Permendiknas No. 11 Tahun 2005 Tentang Buku Teks Pelajaran dan PP RINo. 19 Tahun 2005 Tentang SNP.

Fahruddin Alvin (2015). Skripsi. Studi Tentang Kompetensi Penguasaan TIK Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Guru SMA Negeri 1 Jepara. Universitas Negeri Semarang

Faridav, U., Yusriadi, Y., & Saniv, A. (2021). The Family Hope Program (PKH) Collective Partnership among Beneficiary Families (KPM) For Healthy Living through the Clean Friday Campaign. Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology, 15(2).

Fauziah dan Hedwig, R. (2010). Pengantar Teknologi Informasi. Bandung: Maura Indah. 107

Hammi, Zedha. (2017). Implementasi Google Classroom Pada Kelas XI IPA MAN 2 Kudus. Universitas Negeri Semarang

Nurla, Y., Al Munawwarah, R., Mustafa, H., & Sani, A. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN INTELEKTUAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 4 SOPPENG. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 1(1).

Julia, Mahrita.2019.Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Tipe Think Pair Share di SMKN 3 Banjarmasin. Makalah. Dalam:SEMPIKA II di Pendidikan Matematika FKIP Lambung Mangkurat Banjarmasin, 12 Oktober.

Junita Monica dan Dini Fitriawati, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19”, Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. IX, No. 2, 2020, Hal. 1634

Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.

Muhith, A. (2018). Problematika pembelajaran tematik terpadu di MIN III bondowoso. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1(1), 45-61.

Munir. (2009). Kontribusi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pendidikan di Era Globalisasi Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol. 2, No.2, hal.1-4.

Moon, Yong-lin. 2007. Education Reform and Competency-Based Education. Seoul National University: Seoul, Korea Selatan.

Juniartini, IW Rasna, 2020, Pemanfaatan Aplikasi GoogleMeet Dalam Keterampilan Menyimak dan Berbicara Untuk Pembelajaran Bahasa Pada Masa Pandemi Pandemi Covid-19 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, Vol. 9 No. 2, hal. 137.

Nurdiana Anissa, 2016. Skripsi. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Oleh Pegawai Di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Nurulita Aprilia, Puspita, Winarta. 2021. Makalah Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Googlemeet dan Zoom Meeting. Yogyakarta

Nurhayati Tanti, 2016. Skripsi. Problematika Guru dalam Menguasai TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Solusinya di MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2015/2016

Purnomo, P. 1996. Strategi Pengajaran. (http://www.sabda.org/pepak/pustaka/030214.htm) diambil tanggal 16 Oktober 2021)

Prasojo, Lantip Diat dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.

Sawitri, Dara. 2020. Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)”. Jurnal Prioritas: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 02(01)

Sukawati Sari, 2021. Pemanfaatan Zoom Meeteng Dan Google Classroom Dalam Mata Kuliah Inovasi Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Yogyakarta: Seminar Nasional Aplikasi Tehnologi Informasi (SNATI 21 Juni 2008). Hal 25-30.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics