Analisis Minat Penggunaan Fitur Paylater Sebagai Media Pembayaran Online (Fintech) Menggunakan Diffusion Of Innovation Theory

Refianti Andani Katiya, Brady Rikumahu

Abstract


Perkembangan digital payment memberikan dampak pada metode pembayaran yang digunakan, salah satu metode pembayaran digital yang berkembang dengan cepat yaitu fitur PayLater. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat penggunaan fitur paylater sebagai media pembayaran online dengan menggunakan model difusi inovasi. Pengumpulan data primer dengan teknik purposive sampling kepada 400 responden, didapat dari menyebarkan kuisioner online melalui media sosial. Alat yang digunakan untuk melakukan analisis adalah analisis deskriptif dan analisis statistik (uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel keunggulan relatif, kesesuaian, kerumitan, dapat diuji coba, dan dapat diamati secara simultan memiliki pengaruh signifikan. Selain itu secara parsial variabel keunggulan relatif, kesesuaian, kerumitan, dan dapat diamati memiliki pengaruh positif secara signifikan, sedangkan variabel dapat diuji coba tidak memiliki pengaruh positif secara tidak signifikan. Berdasarkan hasil penelitian perusahaan OVO, Shopee, Gojek dan Traveloka dapat terus melakukan inovasi pada fitur PayLater agar meningkatkan ketertarikan pengguna , setiap perusahaan dapat menyesuaikan nama fitur PayLater yang digunakan agar menjadi lebih menarik dan dipandang lebih baik oleh pengguna, perusahaan dapat menambahkan pengaturan pembatasan penggunaan saldo PayLater atau pembatasan besaran biaya cicilan setiap bulannya dan perusahaan dapat memberikan video tata cara penggunaan PayLater secara step by step.

Full Text:

Download PDF

References


Akmalia, A. N., & Rikumahu, B. (2019). Jurnal Mitra Manajemen ( JMM Online ). Jurnal Mitra Manajemen, 2(4), 273–285. http://e-jurnalmitramanajemen.com/index.php/jmm/article/view/125/69

Antiseden, V. (2013). Variabel Antiseden Organizational Citizenship Behavior (Ocb). Jurnal Dinamika Manajemen, 2(1), 70–77. https://doi.org/10.15294/jdm.v2i1.2489

Dewi, R. K. (2020). Mengenal Impulsive Buying, Kebiasaan Boros yang Dapat Direm Saat Pandemi. Www.Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/27/181100765/mengenal-impulsive-buying-kebiasaan-boros-yang-dapat-direm-saat-pandemi?page=all.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed.). Universitas Diponegoro.

Hapsari, Y. C., & Sukresna, I. M. (2017). MENGADOPSI ( Studi Pada Produk Telkom Indihome Triple Play Semarang ). 6(2014), 1–9.

Hikmawati, F. (2017). Metodologi Penlitian. Rajawali Pers.

Indriyati, R. N., & Aisyah, M. N. (2019). Determinan Minat Individu Menggunakan Layanan Financial Technology Dengan Kerangka Innovation Diffusion Theory. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(2), 209–223. https://doi.org/10.21831/nominal.v8i2.26660

Mona, M., Kekenusa, J., & Prang, J. (2015). Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa. Studi Kasus: Petani Kelapa Di Desa Beo, Kecamatan Beo Kabupaten Talaud. D’CARTESIAN, 4(2), 196. https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.9211

Nanicova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe And Bistro. Agora, 7(2).

Novendra, B., & Aulianisa, S. S. (2020). KONSEP DAN PERBANDINGAN BUY NOW , PAY LATER DENGAN KREDIT PERBANKAN DI INDONESIA : Jurnal Rechtsvinding, 183–201.

Nugraha, J. (2021). Standar Deviasi adalah Rumus Statistika. Merdeka.Com. https://m.merdeka.com/jateng/standar-deviasi-adalah-rumus-statistika-ketahui-cara-menghitung-dan-kegunaannya-kln.html

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77 /Pojk.01/2016 TENTANG LAYANAN PINJAM MEMINJAM UANG BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Otoritas Jasa Keuangan, 1–29. https://www.ojk.go.id/id/regulasi/otoritas-jasa-keuangan/peraturan-ojk/Documents/Pages/POJK-Nomor-77-POJK.01-2016/SAL - POJK Fintech.pdf

Rahayu, F., Irmawati, & Hermuningsih, S. (2011). Perkembangan Kartu Kredit di Indonesia Jurnal Manajemen Vol.1, No.1, 2011. Jurnal Manajemen, 1(1), 5–13.

Rogers, E. M. (2003). Diffusion Of Innovations (Fifth). Free Press.

Sholahuddin, & Setyawan, A. A. (2017). Pengaruh Karakteristik Inovasi Terhadap Niat Mengadopsi Solopos Epaper. Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis 2017, 2005, 63–84. https://www.apjii.or.id/content/read/39/264/Survei-Internet-APJII-2016

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

www.bi.go.id. (2013). FINANCIAL TECHNOLOGY. Www.Bi.Go.Id. https://www.bi.go.id/id/edukasi-perlindungan-konsumen/edukasi/produk-dan-jasa-sp/fintech/Pages/default.aspx




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics