Strategi Lokasi, Reference Price, dan Social Media Marketing Terhadap Consumer Interest pada Starbucks di Kota Kediri

Kirana Arista Salsabila, Lia Nirawati

Abstract


Lokasi dalam sebuah bisnis berfungsi sebagai tempat melakukan transaksi penjualan produk atau distribusi produk. Selain lokasi, kisaran harga suatu produk dianggap begitu penting. Reference Price merupakan harga yang akan dipikirkan dan dirujuk pembeli ketika mereka melihat produk tertentu. Strategi pemasaran baru yang pada saat ini perlu dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yaitu berupa Social Media Marketing. PT Sari Coffee Indonesia atau Starbucks Coffee Indonesia saat ini telah memiliki gerai cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Salah satunya yaitu Kota Kediri. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari lokasi, reference price, dan social media marketing terhadap consumer interest secara parsial dan stimultan pada Starbucks di Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lokasi, reference price, dan social media marketing terhadap consumer interest secara stimultan. Selain itu, lokasi dan reference price memiliki pengaruh terhadap consumer interest secara parsial pada Starbucks di Kediri. Namun, social media marketing tidak memiliki pengaruh terhadap consumer interest secara parsial pada Starbucks di Kediri.

Kata Kunci: lokasi, reference price, social media marketing, consumer interest.

Full Text:

Download PDF

References


Albar, E., Halim, F., & Aswar, A. (2022). Keputusan Berbelanja Ditinjau dari Lokasi , Harga , dan Kualitas Pelayanan pada Matahari Department Store di Kota Makassar. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 367–376. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1664

Aulia Rahmah, N., & Pradana, M. (2022). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE AND PRODUCT PRICE ON STARBUCKS COFFEE PURCHASE DECISION (A Case Study of Starbucks Coffee Consumers in Bandung City). 9(1), 91.

Ayers, J. B., & Odegaard, M. A. (2018). Retail Supply Chain Management, Second Edition. In Retail Supply Chain Management, Second Edition (Second). CRC Press, Taylor & Francis Group, LLC. https://doi.org/10.1201/9781315151410

Fitriyani, S., Murni, T., & Warsono, S. (2019). Pemilihan Lokasi Usaha Dan Pengaruhnya Terhadap Keberhasilan Usaha Jasa Berskala Mikro Dan Kecil. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 47–58. https://doi.org/10.33369/insight.13.1.47-58

Hesti, I. (2021). Pengaruh Harga, Testimonial Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Ketertarikan Konsumen Pada Produk Ms Glow Di Kabupaten Lumajang. Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan, 1(1), 1–8. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/kn8me

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). In Pearson.

Liswandany, F., Supriyono, & Fitriyah, Z. (2022). Pengaruh Lokasi dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian pada Dolan Kopi Surabaya. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 71–80. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.1910

Mexon, J., & Kumar, A. A. (2020). Business research methods (1st ed.). Skyfox Publishing Group. https://doi.org/https://doi.org/10.22573/spg.020.BK/S/026

Moriuchi, E. (2021). CROSS-CULTURAL SOCIAL MEDIA MARKETING: BRIDGING ACROSS CULTURAL DIFFERENCES (1st ed.). Emerald Publishing Limited. https://countrynavigator.com/blog/expert-view/cross-cultural-social-media-commonalities/

Nurhalimah, S. (2021). Pengaruh Kebijakan Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Pada Indogrosir Ciputat. Humanities, Management and Sciene Proceeding 2021, 1(2), 873–884.

Parawansa, K. I. (2021). Keputusan Gubernur Jawa Timur No. 188/803/KPTS/013/2021 Tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2022. Gubernur Jawa Timur, 2021, 1–6.

Purwanto, E. (2020). Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0.

Rosalina, S. S. (2018). Strategi Penentuan Lokasi Global Perusahaan (Studi Kasus Di Starbucks Jakarta). Bisma, 12(2), 233. https://doi.org/10.19184/bisma.v12i2.7893

Rudyanto. (2018). Pengaruh Pemasaran Jejaring Media Sosial Dan Keterkaitan. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(2), 177–200.

Skripak, S. J., & Poff, R. (2020). Fundamental Of Business Third Edition (A. Walz (ed.); 3rd ed.). Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. http://hdl.handle.net/10919/99283

Starbucks. (2021). Starbucks In Indonesia | Starbucks Coffee Company. In Starbucks.co.id. https://www.starbucks.co.id/about-us/our-heritage/starbucks-in-indonesia

Thi, H. N. (2022). Overview of Social Media Marketing and Starbucks’ Social Media Marketing Strategy. Proceedings of the International Conference on Research in Management & Technovation, 28, 29–34. https://doi.org/10.15439/2021km9

Yanti, V., Ong, D., & Sofyanty, D. (2021). ANALYSIS OF THE EFFECT OF LOCATION ON CONSUMER BEHAVIOR SHOPPING (Case study : At Grandlucky Superstore Jakarta). Advances in Social Sciences Research Journal, 8(8), 99–104. https://doi.org/10.14738/assrj.88.10611




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics