Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Dalam Menggunakan Layanan Shopeepay Pada Generasi Y Dan Z Di Kota Bandung

Dewi Aprilia, Sita Deliyana Firmialy

Abstract


Penelitian ini, memakai sampel non-probality sampling Teknik probability yang digunakan purposive sampling adalah pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan menggunakan kriteria tertentu. Penentuan sample menggunakan rumus bernoulli, Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan rumus bernoulli, maka diperoleh jumlah sampel minimum sebesar 100 orang responden. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa secara parsial bahwa terdapat pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif, hal ini didasarkan pada pengujian uji t, diperoleh hasil thitung>ttabel dan signifikansi (pvalue) <0.05, dan terdapat pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif pada generasi Y dan Z di kota Bandung menggunakan shopee pay. Hal ini didasarkan pada hasil pengujian hipotesis dengan uji f, diperoleh hasil fhitung>ftabel dan signifikansi (pvalue) <0.05. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif pada generasi Y dan Z pengguna shopeepay di kota Bandung maka diperoleh kesimpulan, sebagai berikut: terdapat pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada generasi Y dan Z di kota Bandung menggunakan shopee pay, terdapat pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif pada generasi Y dan Z di kota Bandung menggunakan shopee pay. terdapat pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif pada generasi Y dan Z di kota Bandung menggunakan shopee pay

Kata Kunci: gaya hidup, literasi keuangan, perilaku konsumtif

Full Text:

Download PDF

References


Ade Gunawan,Chairani, 2019, Effect of Financial Literacy and Lifestyle of Finance Student Behavior. Medan : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Amila Syaliha, Entar Sutieman, 2022, The Effect of Financial Literacy, Life Style, Financial Attitude and Locus of Control to Financial Management Behavior. Papua : Universitas Yapis Papua

Bella Yolanda Febriani Krisna, 2021, Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Ibu Rumah Tangga Di Kota Bandung. Bandung: Telkom University

Brigitta Christiana, 2021, Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Go-Pay Di Kota Bandung. Bandung : Telkom University

Dhea Raudyatuz Zahra, 2020, The Influence of Lifestyle, Financial Literacy, and Social Demographics on Consumptive Behavior. Semarang : STIE Bank BPD Jawa Tengah.

Erdawati, 2016, Pengaruh Gaya Hidup, Iklan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Simpang Empat.

Gina Rahmawati, 2022, Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Paylatter Pada Generasi Millenial. Jakarta : Politeknik Negeri Jakarta

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Ida Ayu Harmaita Wijayanti, Ni Ketut Seminari, 2018, koPerilaku Pembelian Handphone Blackberry dengan Merek sebagai Pemoderasi. Bali : Universitas Udayana

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi, Bandung : Aditama.

Jonathan Sarwono dan Hendra Nur Salim. (2017) Prosedur-Prosedur Populer Statistik untuk Analisis Data Riset Skripsi. Yogyakarta : Gava Media

Kotler dan Keller. (2012), Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Lahrianty Pratama Putri, 2021, Pengaruh Pengetahuan Perencanaan Keuangan, Pendapatan, dan Gaya Hidup terhadap Tingkat Kesadaran Perencanaan Keuangan Masyarakat Usia Produktif di DKI Jakarta. Bandung : Telkom University

Lusardi, A. 2008. Household Saving Behavior: The Role of Financial Literacy, Information, and Financial Education Programs. National Bureau of Economic Research Working Paper. No. 13824, February 2008.

Lusardi, Annamaria and Peter Tufano. 2008. Debt Literacy, Financial Experience and Overindebtedness. Preliminary and incomplete discussion draft.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. ALFABETA.

Suhartini. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motif Belanja Online Di Komunitas Semarang. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi UNDIP.

Sutopo, H.B. (1988). Konsep-konsep Dasar dalam Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Sunyoto, Danang. 2011. Metodologi Penelitian Ekonomi. CAPS: Yogyakarta.)

Suyasa, P & Fransisca. 2005. Perbandingan Perilaku Konsumtif Berdasarkan Metode Pembayaran. Phronesis, Vol.7, No.2, 172-198.

Sri Deviyanti, 2020, Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Peserta Didik Kelas Xii Ips Sma Negeri 3 Makassar. Makassar : Universitas Negeri Makassar.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.3238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics