Perancangan Model Bisnis Usulan Bababiya Food dengan Kerangka Business Model Canvas

Dwi Cahyaningrum, Farda Hasun, Maria Dellarosawati

Abstract


Abstrak
Bababiya Food merupakan suatu usaha yang bergerak pada bidang kuliner dengan menu utama yaitu bakso dandang dan mie ayam box. Proses penjualan produk Bababiya Food ini dilakukan secara online dan offline. Saat ini, Bababiya Food mengalami permasalahan berupa turunnya omzet penjualan yang dipengaruhi oleh beberapa faktor baik itu dari sisi pemasaran, proses produksi, fasilitas produksi, dan ketersediaan stok produk. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan adanya evaluasi atas model bisnis yang sudah ada untuk kemudian dilakukan proses perancangan model bisnis usulan Bababiya Food. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan model bisnis saat ini, mengevaluasi model bisnis saat ini dengan menggunakan analisis SWOT, dan merancang model bisnis usulan dengan menggunakan Business Model Canvas. Usulan perbaikan model bisnis yang diajukan mencakup berbagai blok. Di blok value propositions, diusulkan kemasan yang aman, produk tanpa bahan pengawet, produk bersertifikasi halal, harga terjangkau, produk bervariasi, produk berkualitas, cita rasa enak dan konsisten, serta paket gift. Di blok key activities, terdapat usulan mengikuti webinar atau pelatihan, melakukan perencanaan persediaan dan perencanaan produksi, serta standarisasi resep. Pembukaan franchise diusulkan sebagai perbaikan di blok revenue stream, sedangkan di blok customer relationship diusulkan program referral pelanggan dan adanya layanan pelanggan. Perbaikan lain adalah penambahan mesin produksi pada blok key resources.

Kata kunci : Business Model Canvas, Bababiya Food, bakso dandang, Customer Profile, Analisis SWOT

Full Text:

Download PDF

References


BKPM. (2017). Upaya Pemerintah Untuk Memajukan UMKM Indonesia. Retrieved from BKPM: https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia.

Bland, D. J & Osterwalder, A. (2019). Testing Business Ideas: A Field Guide for Rapid Experimentation (The Strategyzer Series). Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Istiqomah & Irsad, A. (2017). Analisis SWOT dalam Pengembangan Bisnis (Studi pada Sentra Jenang di Desa Wisata Kaliputu Kudus). Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 5(2): 363-380

Mudatsir. (2019). Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran guna Meningkatkan Daya Saing pada Café Mr. Yess Coffee di Kota Benteng Selayar. Tugas Akhir, Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., Smith, A., & Papadakos, P. (2014). Value Proposition Design. Hoboken: John Wiley & Sons, Inc.

Septyaningsih, L. & Pratiwi, F. (2021). Menkop: UMKM Kuliner Paling Cepat Pulih dari Dampak Pandemi. Retrieved from Republika: https://www.republika.co.id/berita/r47vna457/menkop-umkm-kuliner-paling-cepat-pulih-dari-dampak-pandemi

Yuhdi, R. (2021). Penerapan Metode Lean Canvas untuk Pengembangan Startup Safir. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics