Pengaruh Kepercayaan Dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang

Dea Savila, Endang Tjahjaningsih

Abstract


Kemajuan terbaru dalam sains dan teknologi telah menyebabkan jumlah pengguna internet yang terus meningkat. Media internet digunakan oleh banyak pelaku ekonomi untuk melakukan prosedur pemasaran. Dilakukannya penelitian digunakan menguji pengaruh dari kepercayaan, keragaman produk terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap niat beli ulang konsumen. Diperoleh langsung dari narasumber melalui kuesioner dengan menggunakan data primer. Penelitian ini menggunakan populasi konsumen Shopee di Kota Semarang. Total sampel yang dikumpulkan 100 responden memakai rumus Rao Purba. Analisis regresi linier berganda dipergunakan untuk pengujian hipotesis data penelitian. Hasil pengujian diperoleh bahwa kepercayaan, keragaman produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli ulang.

Kata Kunci: Kepercayaan, Keragaman Produk, Kepuasan Konsumen, Niat Beli Ulang

Full Text:

Download PDF

References


Ardiansyah, F., & Aprianti, K. (2020). Pengaruh Keberagaman produk dan lokasi penjualan terhadap kepuasan konsumen pada Kantin Yuank Kota Bima. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Arif, M. (2020). Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Produk Tabungan Emas Pegadaian. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 8, 472–481.

Arsyanti, N. M., & Astuti, R. T. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Toko Online Shopastelle, Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(2), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Beyari, H. (2020). The role of trust and its impacts on consumer satisfaction in the context of social commerce. Journal for Research on Business and Social Science …, 3(9), 1–21.

Cahyani, F. G. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1–19.

Djan, I., & Rubbiah Adawiyyah, S. (2020). The Effect of Convenience and Trust to Purchase Decision and Its Impact to Customer Satisfaction. International Journal of Business and Economics Research, 9(4), 269. https://doi.org/10.11648/j.ijber.20200904.23.

Hadi, A. S. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Niat Pembelian Ulang Konsumen Terhadap Produk Pasta Gigi. Jurnal Bisnis Darmajaya, 5(1), 53–63.

Hariadi, R. D., & Sulistiono, S. (2021). Pengaruh Kualitas Situs Website, Kepercayaan Konsumen, Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Ulang Di Situs Jual Beli Online OLX. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 1–12.

Jaber, L., Basalamah, R., & Wahono, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Suasana Toko Dan Keragaman Produk Terhadap Niat Beli Ulang Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. E – Jurnal Riset Manajemen, 82–94.

Khanza, M., & Tjahjaningsih, E. (2022). pengaruh citra merek dan gaya hidup terhadap kepuasan dan dampaknya pada niat beli ulang. Syntax Literate.

Kaushik Noronha, A., & Srinivas Rao, P. (2017). Effect of Website Quality on Customer Satisfaction and Purchase Intention in Online Travel Ticket Booking Websites. Management, 2017(5), 168–173. https://doi.org/10.5923/j.mm.20170705.02

Lie, D., Sudirman, A., Efendi, E., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of mediation effect of consumer satisfaction on the effect of service quality, price and consumer trust on consumer loyalty. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 421–428.

Lorena, E. Y. M., & Martini, S. (2019). Menilai Pengaruh Citra Merek, Keragaman Menu, Suasana Toko Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Niat Beli Ulang (Studi Pada Konsumen Society Coffee House Purwokerto). Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(2). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i2.1323

Mai Yuliza, & Sinta Sila Yeneti. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online. Journal of Social and Economics Research, 4(1), 068–080. https://doi.org/10.54783/jser.v4i1.40

Miranda, R., & Nurdasila. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Jasa Transportasi P.O Simpati Star Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 5(2), 310–321.

Munir, M., & Nisa, S. (2021). Pengaruh Citra Perusahaan, Asal Negara, dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Ulang McDonald’s Sedati Sidoarjo. Journal of Trends Economics and Accounting …, 2(2), 37–42.

Nasikhak, N. N., & Firmansyah, F. (2021). THE EFFECT OF PRODUCT DIVERSITY AND SERVICE QUALITY ON LOYALTY WITH CUSTOMER SATISFACTION AS AN INTERVENING VARIABLE (Study of Toko Pertanian Subur, Pace Nganjuk District). Journal of Management and Business, 20(1), 61–70. https://doi.org/10.24123/jmb.v20i1.424

Pramesti, D. Y., Widyastuti, S., & Riskarini, D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Dan Promosi E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. Jimp, 1(1), 27–39.

Ratri, S. F. C., & Hidayat, A. (2021). Anteseden Kepuasan Pelanggan terhadap Niat Beli Ulang. Telaah Bisnis, 21(1), 31. https://doi.org/10.35917/tb.v21i1.187

Rohmawati, Z. (2018). Kualitas, Harga Dan Keragaman Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Riset Entrepreneurship, 1(2), 19. https://doi.org/10.30587/jre.v1i2.418

Ronald, V. D. D. (2014). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening di Breadtalk Surabaya Town Square. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–12.

Saputri, I. A., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang. Jurnal of Management & Business 4(3), 18–26.

Sari, N. E., & Oswari, T. (2020). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan, Dan Keamanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Pada Toko Online Tokopedia. Creative Research Management Journal, 3(2), 34.

Schiffman, Lazar, & Havard. (2011). Consumer Behaviour.

Situmeang, P. A., Nainggolan, B. M. ., & Kristiadi, A. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Sushimas. Jurnal EDUTURISMA, 5(1), 32–55.

Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 55–61.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Surahman, S., Ariyanti, E. W., Maihan, A. A., & Lestari, I. D. (2021). Repurchase Intention Analysis through Satisfaction and Trust of Shopee Users. Interdisciplinary Social Studies, 1(3), 305–312. https://doi.org/10.55324/iss.v1i3.48

Sullivan, Y. W., & Kim, D. J. (2018). Assessing the effects of consumers’ product evaluations and trust on repurchase intention in e-commerce environments. International Journal of Information Management, 39(July 2017), 199–219.

Sullivana, Y. W., Kimb, D. J., Artikel, I., Sullivan, Y. W., & Kim, D. J. (2018). Machine Translated by Google Jurnal Internasional Manajemen Informasi Menilai efek evaluasi produk konsumen dan kepercayaan pada niat pembelian kembali di lingkungan e-commerce Machine Translated by Google. 39, 199–219.

Tjahjaningsih, E. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi E-Trust Serta Dampaknya Pada Repurchase Intention. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 55-67.

Tjahjaningsih, E. (2020). The Effect of Service Quality and Product Diversity on Customer Loyalty: The Role of Customer Satisfaction and Word of Mouth. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(12), 481–490.

Thalia Claudia Mawey, Altje L. Tumbel, I. W. J. O. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt Bank Sulutgo. Jurnal EMBA, 6(3), 1198–1207.

Wijaya, Y. R., & Tjahjaningsih, E. (2022). Analisis Faktor Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Niat Beli Ulang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(3), 201–211.

Wong, D. (2017). Pengaruh Ability, Benevolence Dan Integrity Terhadap Trust, Serta Implikasinya Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce: Studi Kasus Pada Pelanggan E-Commerce Di Ubm. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 155–168. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.46

Wulur, L. M., Militina, T., & Achmad, G. N. (2020). Effect of Service Quality and Brand Trust on Customer Satisfaction and Customer Loyalty Pertamina Hospital Balikpapan. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(01), 72–83. https://doi.org/10.29040/ijebar.v4i01.908




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics