Analisis Lingkungan Budaya Bisnis Kentucky Fried Chicken (KFC)

Angelina Julia Renaldi, Eni Valentina, Rieza Melinda, Yandi Suprapto

Abstract


KFC (Kentucky Fried Chicken) adalah bisnis restoran cepat saji yang spesialisasi menjual ayam goreng dan sudah memiliki cabang di berbagai negara. Setiap daerah, negara atau suku tentu memiliki lingkungan budaya yang berbeda sehingga penulis ingin menganalisis lingkungan budaya bisnis dan risiko yang akan dihadapi oleh perusahaan KFC tersebut. Penulisan artikel “Analisis Lingkungan Budaya Bisnis Kentucky Fried Chicken (KFC)” ini bertujuan untuk mengetahui upaya perusahaan KFC dalam menyesuaikan lingkungan budaya bisnisnya di berbagai negara dan risiko utama bisnis internasional yang terdapat pada perusahaan KFC. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam menganalisis penelitian ini ialah metode kualitatif, dimana tahap pengumpulan informasi dan data-data perusahaan melalui internet serta mengobservasi secara langsung ke salah satu outlet KFC terdekat di Kota Batam. Setelah memperoleh informasi dan data yang diperlukan, penulis menjelaskan secara deskriptif hasil analisisnya. Hasil akhir dari analisis ini ialah perusahaan KFC telah menyesuaikan bisnisnya sesuai dengan nilai-nilai budaya setempat dan berusaha meminimalisir risiko yang dihadapi perusahaan karena adanya perbedaan budaya lingkungan.
Kata Kunci: Budaya, Bisnis Internasional, Metode Kualitatif, Risiko.

Full Text:

Download PDF

References


Asiwe, D. N., Jorgensen, L. I., & Hill, C. (2014). The development and investigation of the psychometric properties of a burnout scale within a South African agricultural research institution. SA Journal of Industrial Psychology, 40(1), 1-14.

Paul Jones, R., Lyu, J., Runyan, R., Fairhurst, A., Kim, Y. K., & Jolly, L. (2014). Cross cultural consensus: development of the universal leadership model. International Journal of Retail & Distribution Management, 42(4), 240-266.

Hutzschenreuter, T., Kleindienst, I., Groene, F., & Verbeke, A. (2014). Corporate strategic responses to foreign entry: insights from prospect theory. The Multinational Business Review, 22(3), 294-323.

Ortega‐Parra, A., & Ángel Sastre‐Castillo, M. (2013). Impact of perceived corporate culture on organizational commitment. Management decision, 51(5), 1071-1083.

Childress, J. R. (2013). Leverage: the CEO's guide to corporate culture. Principia Associates.

Unger, B. N., Rank, J., & Gemünden, H. G. (2014). Corporate innovation culture and dimensions of project portfolio success: The moderating role of national culture. Project Management Journal, 45(6), 38-57.

Simoneaux, S., & Stroud, C. (2014). A strong corporate culture is key to success. Journal of Pension Benefits, 22(1), 51-53.

Cian, L., & Cervai, S. (2014). Under the reputation umbrella: An integrative and multidisciplinary review for corporate image, projected image, construed image, organizational identity, and organizational culture. Corporate Communications: An International Journal.

Cavusgil, S. T., Deligonul, S., Ghauri, P. N., Bamiatzi, V., Park, B. I., & Mellahi, K. (2020). Risk in international business and its mitigation. Journal of World Business, 55(2), 101078.

John, A., & Lawton, T. C. (2018). International political risk management: Perspectives, approaches and emerging agendas. International Journal of Management Reviews, 20(4), 847-879.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics