Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada The Clean Solution Makassar

Mariani Alimuddin

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah menurut Undang-undang No.20 Tahun 2008 merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, dan dapat berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional. Dalam pengembangan suatu bisnis, hal yang paling penting wajib dipahami, dan dirancang adalah strategi pemasaran. Suatu produk maupun jasa yang memiliki kualitas yang baik akan menjadi sia-sia jika tidak dibarengi dengan strategi pemasaran yang tepat. Dengan perencanaan strategi pemasaran, pelaku usaha bisa mengetahui Langkah-langkah yang akan dilakukan dalam mengembangkan usahanya. Kemajuan teknologi saat ini memberikan peran penting bagi dunia usaha, hadirnya digital marketing mengambil peran pentig dalam aktivitas suatu bisnis, khususnya usaha mikro kecil dan menengah. Menekan biaya pemasaran menjadi lebih terjangkau tetapi tetap bisa menjangkau target pasar yang lebih luas. Dengan digital marketing pelaku usaha dapat menarik calon pelanggan dengan cepat dengan pemanfaatan media online, menarik perhatian calon konsumen melalui konten menarik yang diposting di media social, website dll. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk melihat strategi peningkatan pemasaran melalui digital marketing pada The Clean Solution. Bagaimana peran digital marketing yang dilakukan terhadap peningkatan pemasaran pada The Clean Solutian sehingga menghasilkan nilai keuntungan, peningkatan laba terhadap usaha tersebut. penelitian ini adalah penelitian kualitatif, analisis data dilakukan dengan mengorganisir data hasil observasi, wawancara dan materi-materi yang telah didapatkan untuk penarikan kesimpulan dengan cara reduksi yaitu memilih dan memilah data yang telah ada menjadi paragraph-paragraf yang kuat, solid dan matang.

Kata_kunci: Strategi Pemasaran; Digital Marketing

Full Text:

Download PDF

References


Ayesha Ivonne, Pratama I Wayan Adi, Hasan Syahril, Effendi Nur Ika, Yusnanto Tri, Diwyarthi Ni Desak Made Santi, Utami Ristianawati Dwi, Firdaus Adhy, Mulyana Mumuh, Fitriana, Norhidayati, & Egim Ash Shadiq. (2022). DIGITAL MARKETING (TINJAUAN KONSEPTUAL) (Wujarso Riyanto, Ed.; Pertama). PT. Global Eksekutif Teknologi.

Edhie Rachmad, Y., Sri Sudiarti, C., la Ode Turi Dewi Endah Fajariana, M., Yudo Kisworo, Mp., Ryan Firdiansyah Suryawan, M., Hendy Tanadi Kusnadi Eka Susilawati, M., Rio Rahmat Yusran, M. S., & Sri Juminawati, Ms. (n.d.). MANAJEMEN PEMASARAN PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA.

Eric Ries. (2017). The Lean Startup: How Today’s Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses. Currency.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF (Pertama). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Haryanti, S., Mursito, B., Prodi, S., Fe, M., & Surakarta, U. (n.d.). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BATIK PADA PT. DANAR HADI SURAKARTA.

Hasan Syahrir, Muniarty Puji, Verawaty, Patimah Siti, Hadmandho Triyani Capeg, Butarbutar Dicky Jhon Anderson, Prastiwi Cahyani, Ismail, Noor Asmirin, Guntarayana

Indria, Fitriani, Ardianto Heni, & Sihombing Cory Mia. (2022). MANAJEMEN PEMASARAN (Pertama). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Jatmiko, N. S. (2022). Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2), 253–266. https://ocs.unmul.ac.id/index.php/plakat/article/view/8955

Kementerian Keuangan. (2008). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2008 TENTANG USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. https://jdih.kemenkeu.go.id/FullText/2008/20TAHUN2008UU.HTM

Makassar.sindonews.com. (2022, June 22). Sektor UMKM di Sulsel jadi Fokus untuk Program Pemulihan Ekonomi. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP). https://bisapengadaan.lkpp.go.id/news_detail/39

Michael E. Porter. (1998). Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors (Illustrated). Free Press.

Musnaini, Junita Audia, Wijoyo Hadion, & Indrawan Irjus. (2020). DIGITAL BUSINES (Pertama). CV.Pena Persada.

Musnaini, M. (2020). DIGITAL MARKETING. https://www.researchgate.net/publication/344163047

Rian Hesti, Estiana Rian, Karomah Nurul Giswi, Suharmanto, & Guastiawan Handa. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Abdidas, 3 No 4 Tahun 2022. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i4.651

Rivai, A., & Prawironegoro, D. (2015). MANAJEMEN STRATEGI, Kajian Keputusan Manajerial Bisnis Berdasarkan Perubahan Lingkungan Bisnis, Ekonomi, Sosial, Dan Politik. (Pertama). Mitra Wacana Media.

Yusuf, M. (2014). METODE PENELITIAN: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (Pertama). Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics