Strategi Pemasaran Dalam Meningkat Omzet Penjualan Pada Warung Kopi Rivan Surabaya Dengan Metode Analisis Swot

Krisna Azim Permana, Acep Samsudin

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan utama yaitu untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada Warung Kopi Rivan Surabya. Penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada Warung Kopi Rivan Surabya. Subjek penelitian ini yaitu pemilik, karyawan, dan konsumen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT dengan menggunakan tabel efas dan ifas. Hasil analisis penelitian dengan menggunakan IFAS dan EFAS maka Warung Kopi Rivan Surabya mempunyai faktor kekuatan mendapat skor total 3,19, sedangkan faktor kelemahan mendapat skor total 0,34. Ancaman menerima skor total 0,91, sedangkan Peluang menerima skor total 1,92. Dilihat dari konsekuensi garis SWOT, Toko Roti Rehan berada pada kuadran I dengan nilai (X;Y) (2.83; 1.01), yaitu dengan menggunakan perencanaan yang agresif. Membuat rencana yang membutuhkan kekuatan untuk menjadi peluang adalah strategi yang agresif.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

Full Text:

Download PDF

References


Arifin, S. (2020). Sales Management: Strategi Penjualan dengan Pendekatan Personal. Salma Idea.

Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Deepublish.

David, F. R., David, F. R., & David, M. E. (2017). Strategic management: concepts and cases: A competitive advantage approach. Pearson.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Jawa Barat: Khalifah Mediatama.

Muzaki, A. (2019). Dampak Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tokopedia (Studi Pada Masyarakat Di Kabupaten Lumajang).

Nandan Limakrisna, T. P. P. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis di Indonesia.

Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, konsep, strategi, dan kasus.

Suryadi, E. (2018). Strategi Komunikasi Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics