Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Usaha Cafe Kopi Kompleks Di Surabaya

Arina Ihda Ayatillah R, Budi Prabowo

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada usaha café kopi kompleks Ngagel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh café kopi kompleks untuk meningkatkan volume penjualan dan bagaimana cara menghadapi persaingan pada usaha serupa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode analisis SWOT. Teknik pengambilan data yang dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi yang berkaitan dengan strategi pemasaran 7P yaitu product, place, price, promotion, process, physical evidence, people yang digunakan oleh peneliti dalam menemukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.Dengan melalui analisis IFAS (Internal Strategy Factor Analisis Sumarry) dan EFAS (Eksternal Strategy Factor Analisis Sumarry). Dapat diketahui hasil skor dari faktor internal diperoleh kekuatan sebesar 2,72 sedangkan kelemahan diperoleh skor 0,68. Sedangkan hasil skor dari faktor eksternal diperoleh peluang sebesar 1,96 dan ancaman diperoleh skor 0,59. Dari matriks kuadran SWOT Cafe Kopi Kompleks menempati titik kuadaran I, dimana pada kuadran ini menunjukan Cafe Kopi Kompleks berada pada posisi mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy).

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT , Bauran Pemasaran , Volume Penjualan

Full Text:

Download PDF

References


Affandy Nasution , M Nasution dan M Prayogi. 2017. Analisis Pengaruh Pemasaran Terhadap Volume Penjualan.Jurnal Riset Sains Manajemen Vol 1 N0 1, 7 .ISSN 2597-4726

Ahmad.2020.Manajemen Strategis.Makassar:CV Nas Media Pustaka

Benyamin, A. P. (2019). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix Strategy) Di Pasarkita Pamulang. In Juni (Vol. 2, Issue 3). ISSN 2598-2893

Hardani , et al.2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.Yogyakarta : CV. Pustaka Ilmu Group

Haryantini.2019.Sistem Informasi Pemasaran.Banten:UNPAM PRESS

Indrasari, Meithiana.2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya:Unitomo Press

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta : Penerbit. Salemba Empat.

Maulidi, Achmad. “Pengertian Kafe (Cafe)”, dalam https://www.kanalinfo.web.id , diakses 16 September 2022

Moleong, L.J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya

Muharram Ritonga, Husni et al.2018.Manajemen Pemasaran:Konsep dan Strategi.Medan:CV Manhaji

Oktavia, Adelia Yovita Nur & Nirawati, Lia. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Kedai Seblak Minguns. Value : Volume 1, No. 8, Juli 2021. ISSN 2774-5996.

Poniman, Budhi dan Choerudin , Achmad. 2017. Manajemen Pemasaran. Sleman: Deepublish

Priansa, Donni Juni.2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Putri, A., Hasnah, H., Paloma, C., & Yusmarni, Y. (2021). Perilaku Konsumen dalam Membeli Kopi di Masa Pandemi Covid-19 pada Coffee Shop Kota Padang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(4). ISSN 1308–1321

Rangkuti, Freddy. 2017. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2018. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Satriadi.2021.Dasar-Dasar Manajemen.Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI)

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sulistyaningsih, Wiki dan Ariefiantoro, Teguh.(2020). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Shofa Catering). Value: Majalah Ilmiah Solusi Vol. 18, No. 4 , Oktober 2020. ISSN 1412 – 5331.

Swastha, B. (2020). Manajemen Penjualan (Ketiga). BPFE-YOGYAKARTA.

Taufik, O. :, Ayuningtyas, E. A., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Jakarta, I. (n.d.). The Impact Of Covid-19 Pandemic On Business And Online Platform Existance. ISSN 2620-388X

Tjiptono , Fandy dan Diana, Anastasia. 2020. Pemasaran. Yogyakarta:Andy.

Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta:Andy.

Umara, Almas Dhafin & Prabowo, Budi. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Pennjualan Pada Café Belly Buddy Ngagel Surabaya.Value: Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 4, No.5, September 2021. ISSN 2746-6841

Zainurossalamia, Saida.2020.Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. NTB : Forum Pemuda Aswaja




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics