Identifikasi Masalah dan Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Ekonomi Berbasis Ekonomi Syariah Pada Siswa Kelas VII Di MTs Assalaam Manado

Sri Wahyuni Hasan, Edwin Wantah, Aneke Salam

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Menidentifkasi Permasalahan Pembelajaran terkait Materi Ekonomi Syariah., (2) Menganalisis kebutuhan siswa dan guru akan bahan ajar ekonomi berbasis ekonomi syariah pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Assalaam Manado. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D meliputi empat tahap yaitu Define, Design, Development and Dissemination. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang ada di MTs Assalaam Manado. Pada tahap awal pengembangan Define dimulai dengan mengidentifikasi masalah dan analisis kebutuhan dari siswa yang dilakukan peneliti untuk mengkaji keadaan di sekolah khususnya di kelas subjek penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan Bahan ajar ekonomi berbasis ekonomi Syariah sangat dibutuhkan. Pendefinisian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah pemetaan kebutuhan belajar siswa. Dalam hal ini peneliti akan melakukan studi pendahuluan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner (angket). Hasil identifikasi masalah dan analisis kebutuhan diketahui bahwa pembelajaran ekonomi berbasis ekonomi Syariah sangat diperlukan oleh peserta didik karena dalam proses pembelajaran guru tidak memperhatikan unsur dari ekonomi Syariah ataupun adanya kandungan pesan nilai-nilai Syariah dalam bahan ajar sendiri sehingga kebutuhan peserta didik akan terinternalisasi nilai-nilai Syariah dalam pembelajaran ekonomi tidak didapatkan ataupun tidak tersedia.

Kata Kunci: Kebutuhan Bahan Ajar, Berbasis Ekonomi Syariah, Pengembangan.

Full Text:

Download PDF

References


Adiwarman, Karim. (2011). Ekonomi Islam, Suatu Kajian kontemporer. Jakarta: Gema Insani press.

Andi, Prastowo. (2016). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.

An-Nabhaniy, T. (1990). An-Nizham Al-lqtishadi Fil Islam. Darul Ummah Beirut.

An-Nabhani, Taqiy Al-Di. (1990). An-Nizham Al-Iqtishadi fi Al-Islam. Dar Al-Ummah: Beirut.

Chapra, Umer M. 2005. Masa Depan Ilmu Ekonomi : Sebuah Tinjauan Islam (The Future Of Economics : An Ismaic Perspective. Jakarta: Gema Insani.

Chapra. Umer. (2005). Sistem Moneter Islam, Cetakan Pertama. Jakarta: Gema Insani Press.

Ahmad, Khursid. (1981). Studies in Islamic Economics, The Islamic Foundation: United Kingdom.

Muhammad baqir Ash Shadr. (2008). Induk Ekonomi Islam, Iqtishaduna. Jakarta : Zahra Publisging House.

O’Brien & Marakas. (2010). Management Information System. Eight Edition: New York: McGraw- Hill/ Irwin.

Pargito. 2010. Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan. Bandar Lampung: Aura Perss.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi dan Implementasi Dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Tim P3EI UII. (2008). Bekerjasama Dengan BI, Ekonomi Islam. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Wibowo Hari, Et. All. (2020). Pengantar Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Puri Cipta Media.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics