Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi di SMK Negeri 1 Sonder

Nona Tiwow, Edwin Wantah, Meike Mamentu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran berbasis Tiktok pada mata pelajaran Komputer Akuntansi. Implikasi penelitian ini yaitu pada siswa dan juga guru untuk mengubah pola pembelajaran sesuai kurikulum saat ini dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis Tiktok. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research & Development (R&D) dimana produk yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Tiktok. Dalam penelitian ini, analisis kebutuhan mengacu pada pencapaian hasil belajar siswa dan masalah yang dihadapi siswa dalam pembelajaran Komputer Akuntansi serta perumusan media yang dibutuhkan dalam pembelajaran Komputer Akuntansi. Data yang diperoleh dari 22 siswa Kelas XI B di SMK Negeri 1 Sonder, dengan menggunakan instrumen penelitian menggambarkan bahwa kebutuhan siswa akan media pembelajaran mengalami keterbatasan; dan media pembelajaran yang perlu dikembangkan untuk pembelajaran Komputer Akuntansi adalah media pembelajaran berbasis Tiktok dalam rangka memaksimalkan capaian tujuan pembelajaran.

Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, Media Pembelajaran, Berbasis Tiktok.

Full Text:

Download PDF

References


Arifin, Z. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiktok. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 18. Nomor 2.

Arikunto, S. (2017). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Bagus Tri, M. (2019). Perancangan Sistem Informasi Sekolah Berbasis Web dengan Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik.

Hamalik, O. (2019). Media Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Islam, M. S., Et.All. (2021). Using Tiktok As an Effective Platform For Learning And Teaching In Higher Education: a Literature Review. Journal of Educational Technology Systems. Volume 50. Number 1.

Johnson, B., & Christensen, L. (2019). Contextual Teaching dnd Learning, In Educational Research: Quantitative, Qualitative, And Mixed Approaches. Sage Publications.

Mursyidi. (2019). Behaviorisme. Yogyakarta: Deepublish.

Otoluwa, Y., Eraku, S., & Yusuf, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire yang Diintegrasikan dengan Camtasia Studio pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sistem Informasi Geografi. Jambura Geo Education Journal. Volume 1. Nomor 1.

Rahman, M. J., dan Al Mamun, A. (2021). Tiktok As An Interactive Teaching-Learning Tool In Higher Education: A Study on Students' Perception. Education And Information Technologies. Volume 26. Number 2.

Sugito, S., Darmayanti, A., & Yulianti, N. (2021). TikTok as an Alternative Tool for Language Teaching in the Era of Digitalization. Journal of Language and Education. Volume 7. Number 2.

Suprihatiningrum, J. (2020). Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: UNY Press.

Sutikno, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Wibowo Hari, S. S., Sari, E. R., & Rahman, A. (2020). Collaborative Inquiry-based Learning:

Series. Volume 1470. Number 1.

Zayyan, S., & Saino. (2021). The Effect of Using the Tik Tok Application as a Promotional Medium and The Glow Up Trend on Interest in Buying Beauty Products. Jurnal Manajemen.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics