Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah BANK Rakyat Indonesia

Andi Ferawati, Mahfud Nurnajamuddin, Suriyanti Suriyanti

Abstract


Untuk menganalisis kualitas pelayanan disiplin kerja berpengaruh terhadap kepuasan kinerja nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Mangasa Somba Opu. Selain itu juga untuk mempelajari dan menganalisis variabel-variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Mangasa Somba Opu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh nasabah BRI Unit Mangasa Somba Opu Makassar. Pengambilan sampel dilakukakan dengan pertimbangan populasi yang jumlahnya sangat besar sehingga berupa representasi populasi.Analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Nasabah, dalam hal ini Bank BRI cabang Somba OPU telah bekerja semakin maksimal dalam menunjukkan kualitas pelayanan yang terbaik, hal yang sama juga menegaskan hasil penelitian sebelumnya bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Kualitas pelayanan secara tidak langsung memberikan pengaruh yang signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening juga menunjukkan hasil yang signifikan dan menjadi faktor pendukung loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Layanan, Pelanggan, Loyalitas

Full Text:

Download PDF

References


Abed, Abdedniya dan Majid N.Z, (2011), Measuring the Perceive Service Quality in the Islamic Bank Syestem Malaysia, International Journal Business and Social Science, Vol 2, NO 13

Agha, Tahir dan Asghar Ali (2013) Assessing Service Attitude: Service Quality Measure Taken by Islamic Banks in Pakistan, Journal of Busness and Management (JOSR-IBM), Vol 8, pp 61-68

Anonim, 2013, Pedoman Pelaksanaan Kredit Bisnis Mikro, Kantor Pusat PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Jakarta.

Caruana, Albert, 2017. Service Loyalty The Effects of service quality and the mediating role of customer satisfaction, Europen Journal of Marketing, Vol. 36, No. 7/8, 2002, pp. 811-828.

Dendawijaya, Lukman. 2018. Manajemen Perbankan. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Dick, Alan S. and Kunal Basu, 2012. “Customer Loyalty: Toward an Integrated Conceptual Framework.” Journal of the Academy of Marketing Science, Vol 22, pp 99-113.

Gaspersz, Vincent. 2014. Total Quality Management. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kartajaya, H, 2016. Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotier, Philip. 2020. Marketing Management, alih bahasa oieh Hendra Teguh dan Ronny Rusli. PT Prendallindo. Jakarta.

Mahmoeddin.As. 2014. Etiket Pelayanan Bank. PT.Toko Gunung Agng. Jakarta.

Muljono.P Teguh. 2018. Manejemen Perkreditan Bagi Bank Komersial. Edisi III. BPFE. Yogyakarta.

Oliver, Richard L, 2013. Satisfaction A Behavioral Perspective On The Consumer, Mc Graw - Hill Companies, Inc, Singapore.

Pasuranman. 2020. Marketing Service: Competing Trough Quality,The Free Press A Division of Micmilan, Inc.

Reichheld dan Saaser. 2012. Zero Defenitions : Quality Comes TO Services Harvard Business Review, 68(5), p.105-11

Santoso, PB dan Ashari. 2015. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: Andi

Sekaran, Uma, 2020, Research Methods For Business, Third Edition, John Wiley & Sons, Inc, New York

Supranto, J MA, 2017. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiarto,Siagian.D,Sunaryanto.T.L,Oetomo.S.D. 2011. Teknik Sampling. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sumarni Murti. 2012. Manajemen Pemasaran Bank. Edisi V. Liberty. Yogyakarta.

Sutojo Siswanto. 2015. Strategi Manajemen Kredit Bank Umum. Damar Mulia Pustaka. Jakarta.

Swastha, B dan Handoko, T.H. 2017, Manajemen Pemasaran Anafisa Prilaku Konsumen, BPFE, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics