Analisis Minat Menggunakan Aplikasi Cicil.co.id Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPN "Veteran" Jawa Timur

Surya Adiata Putra, Eko Purwanto

Abstract


Financial technology atau biasa disebut dengan fintech merupakan layanan keuangan yang berbasis teknologi. tujuan penelitian dalam permasalahan yang akan diteliti adalah: Mengetahui pengaruh peningkatan efektivitas (X1), persepsi kemudahan (X2), dan persepsi risiko(X3) terhadap minat (Y) menggunakan aplikasi Cicil.co.id pada mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UPN “Veteran” Jawa Timur yang berminat menggunakan aplikasi Cicil.co.id. Hasil dari penelitian ini adalah peningkatan efektivitas (X1) mendorong minat (Y) menggunakan aplikasi Cicil.co.id, persepsi kemudahan (X2) memberikan kontribusi terhadap minat (Y) mengguna

Full Text:

Download PDF

References


Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. ELSEVIER, 50(2): 179-211.

Ajzen. (1991). The Theory of Planned Behavior. Academic Press. Inc, 27 September.https://www.dphu.org/uploads/attachements/books/books_4931_0.pdf.

Anbiya, Jessa Satia. (2020). Renny. Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Kualitas Pelayanan Inti dan Kualitas Pelayanan Periferal Terhadap Keputusan Penggunaan Fasilitas Pinjaman Bank BRI Oleh Karyawan PDAM Cabang Bekasi. Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan, dan Akuntansi. Vol 12 No 2.

Andista, Devi Rahayu. Susilawaty, Riauli. (2021) Pengaruh Persepsi Kemudahan Peggunaan dan Risiko Terhadap Minat Pengguna Dalam Penggunaan Finansial Teknologi Pinjaman Online. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. Vol 12 .

Asfath, Fatir. (2022) Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko Dan Keamanan Terhadap Impluse Buying Pengguna Spaylater (Shopee Paylater) Di Jadetabek. Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen. Vol 3.

Brahanta, Gama Putra. Wardhani, Nuruni Ika Kusuma. (2021). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Kemudahan, Risiko Terhadap Minat Menggunakan Ulang Shopeepay Di Surabaya. Jurnal Sains Manajemen. Vol 7 No 02.

Dwiyanti, Erina. (2022) Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pinjaman Online SPaylater (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus). IAIN Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7551.

Evimalia, Ni Kadek Rika. (2022). Wati, Ni Wayan Alit Erlina. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Risiko dan Regulasi Untuk Melakukan Transaksi Pinjaman Dana Menggunakan Platform Financial Technologi (Fintech) Peer To Peer (P2P) Lending Danamas Di Kota Denpasar. Hita Akuntansi dan Keuangan. Vol 3 No. 1.

Fintech Lending Berizin OJK. https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Pages/Penyelenggara-Fintech-Lending-Berizin-di-OJK-per-3-Januari-2022.aspx. 7 Januari 2022. 3 Januari 2023.

Ghozali, Imam. (2006). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Jumlah Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur (2022). Sumber: https://pddikti.kemdikbud.go.id/. 13 Januari 2023.

Karim, Mustofa Abdul. (2017). Pengaruh Penerimaan Sistem Pembayaran Go - Pay Menggunakan TAM (Technology Acceptance Model) Terhadap Intensitas Penggunaan Layanan Gojek. Universitas Islam Indonesia.

Kriteria dan Platform Cicil.co.id. Cicil.co.id. 2022. 3 Januari 2023.

Nadhifa, Rizkyatul. Anwar, Muhadjir. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Toleransi Risiko Terhadap Keputusan Investasi (Studi Pada Warga Desa Sekapuk Kabupaten Gresik). Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, Vol. 14 No 02.

Pavlou.P.A “Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust and Risk With The Technology Acceptance Model.” International Journal of Electronic Commerce, 7(3), .Spring 2003,pp.1001-134.

Pertiwi, Ni Wayan Dewi Mas Yogi. (2017) Ariyanto, Dodik. Penerapan Model UTAUT 2 Untuk Menjelaskan Minat dan Perilaku Penggunaan Mobile Banking di Kota Denpasar. E- JurnalAkuntansi. Vol 18 N0 2.

Prajogo, Uke. Rusno, Rusno. (2022) Persepsi Risiko TerhadapMinat Melakukan Pinjaman Online Dengan Kemudahan Penggunaan Sebagai Variabel Moderasi. Management and Business Review. Vol 6. No. 1.

Pramesti, Detria Fauziyah.(2022) Utomo, Sugeng Hadi. Analisa Suku Bunga, Jangka Waktu Kredit, dan Kemudahan Keputusan Kredit UMKM. Jurnal Manajemen Vol 14 No 2.

Putri, Fanny Anggraeny. Iriani, Sri Setyo. (2020) Pengaruh Kepercayaan dan Kemudahan terhadap Keputusan Pembelian Menggunkan Pinjaman Online Shopee Paylater. Jurnal Ilmu Manajemen Vol 8 No. 3.

Qolby, Sarah Asiyah. (2020) Faktor - Faktor Yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Di Yogyakarta Terhadap Pinjaman Online Cicil.co.id. Universitas Islam Indonesia.

Ruslan,Rosady. (2008). Manajemen Public Relatoins & Media. Komunikasi.Jakarta : PT Rajagrafindo Persada. Effendy, Onong, Uchjana. 2000.

Sekaran, Uma, (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis Buku 1 Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat.

Siagian. Sondang P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara. Jakarta.

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lufti. (2012). Analisis Data untuk Riset. Manajemen dan Bisnis. Edisi 2. Medan: USU Press.

Statistik. Cicil.co.id. 2023. 3 Januari 2023.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung:Alfabeta.

Wildan, M. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Efektivitas Dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Financial Technology (Fintech).

Zarkasyi, M Iqbal. Purwanto, Eko. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology, dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Keuangan Guru TK: Studi Kasus pada IGTKI Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis Syariah. Vol 4 No 2.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics