Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Sabun Pembersih Wajah Merek Pond’s di Kota Semarang

Rona Primada Ustazah, Rokh Eddy Prabowo

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel bebas dari kualitas produk, persepsi harga dan word of mouth terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen sabun pembersih wajah merek Pond’s di Kota Semarang dengan sampel sebanyak 100 responden dan ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang dianalisis adalah data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil uji SPSS versi 22 diperoleh hasil, bahwa uji instrumen penelitian menunjukan semua variabel dinyatakan reliabel dan semua indikator dinyatakan valid. Uji koefisiensi determinasi (R²) menunjukan, bahwa kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat sebanyak 51,1 persen. Berdasarkan uji F semua variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji t dan koefisien regresi menunjukan, bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dan word of mouth negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sabun pembersih wajah merek Pond’s di Kota Semarang.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Persepsi Harga, Pond’s, Word of Mouth, Keputusan Pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Ari Rachman Haryadi, Rayhan Gunaningrat, A. S. (2022). Pengaruh Social Media Marketing, Citra Merek Dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kecantikan Somethinc. Jurnal Bismak, 2(2), 9–17.

Arifa, N., Hartono, & Robustin, T. P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga serta Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Kasus Mahasiswi STIE Widya Gama Lumajang). Jurnal Riset Manajemen, 1(1), 54–63.

FEBRIANTI, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Oleh Mahasiswi Stie …. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(4), 1–16. http://repository.stie mce.ac.id/1535/%0Ahttp://repository.stie-mce.ac.id/1535/8/8. LAMPIRAN

Gunawan, D. G. (2022). Pengaruh Label Halal, Electronic Word Of Mouth Dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Safi Melalui Brand Image Dan Brand Trust. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 815. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4508

Khotimah, K., & Nurtantiono, A. (2021). Pengaruh Produk, Persepsi Harga, Promosi Dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Solo Raya. Creative Research Management Journal, 4(1), 1. https://doi.org/10.32663/crmj.v4i1.1827

Marini, Y. C., & Lestariningsih, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian Dengan Celebrity Endorser Msglow. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(6), 1–20.

Novianti, T. A. (2020). Pengaruh celebrity endorser dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 16–75.

Poespa, A. A. R., Cahyono, R., & Martah, V. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lotion Marina. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 3(1), 212. https://doi.org/10.51804/iej.v3i1.931

Putra, Frima Fadhila Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Brand Image dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di Bukalapak. E-Proceeding of Management, 7(2), 6212–6222.

Rumawung, V., Tumbel, T. M., Program, A. Y. P., Administrasi, S., Jurusan, B., & Administrasi, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maybelline Transmart Kairagi. Productivity, 2(5), 433–438. www.bitebrands.com

Syamsiah, S. N., Muttaqien, F., & Ato’illah, M. (2018). Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Awareness Dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Toko SJ Tempeh Lumajang. Jurnal Riset Manajemen, 1(1), 114–126.

Hasyim, M. A., Fauzi, A., & Fanani, D. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Word Of Mouth Dan Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Volume 43 Nomor 1, 148-156.

Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15. Pearson: Global Edition.

Tjiptono. (2001). Manajemen Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen . Yogyakarta: BPFE.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics