Analisis Pengaruh Faktor dan Risiko Cultural Environment pada Burger King

Yandi Suprapto, Antonio Tantra Wijaya, Erick Erick, Jeslyn Jeslyn

Abstract


Analisis ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh faktor dan risiko Cultural Environment dari Burger King. Burger King adalah salah satu perusahaan ritel makanan cepat saji yang besar di dunia. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah metode kualitatif dengan menganalisis, mengumpulkan data dan mengobservasi Burger King secara langsung. Hasil dan pembahasan dari analisis ini adalah Burger King berhasil beradaptasi dan menyesuaikan dengan budaya dari berbagai negara untuk meningkatkan bisnisnya. Selain itu, terdapat juga beberapa faktor penting yang berhasil diterapkan oleh Burger King seperti faktor bahasa, preferensi budaya, etika dan agama. Burger King tentunya juga memiliki dampak dan akibat dari risiko-risiko yang muncul dalam bisnis internasional. Oleh karena itu, saran yang dapat diberikan kepada Burger King adalah selalu konsisten dan harus beradaptasi cepat dengan perkembangan zaman. Burger King juga harus pintar dalam menyesuaikan budaya dari berbagai negara untuk menarik perhatian semua pelanggan yang ada di dunia.
Kata Kunci: Faktor, Risiko, Budaya, Adaptasi

Full Text:

Download PDF

References


Al., B. et. (2012). Beberapa perusahaan dan karyawan yang melakukan perilaku destruktif. Lingkungan Budaya Dalam Bisnis Internasional, 94. https://swa.co.id/swa/my-article/lingkungan-budaya-dalam-bisnis-internasional

Cavusgil, Rammal, & Freeman. (2011). empat resiko internasional. Risks in International Business, 11–13. https://sites.google.com/site/ibwvietnam/4-risks-in-internatio

Cavusgil. (2018). transaksi internasional adalah kegiatan perdagangan dan investasi yang dilakukan oleh perusahaan di suatu negara melintasi batas negara lain. Bisnis Internasional. https://www.researchgate.net/profile/Aditya-Wardhana/publication/327068991_Bisnis_Internasional/links/5b76628e92851ca65064f0dc/Bisnis-Internasional.pdf

Cobobi, M. G. (2020). Kecenderungan terhadap kekuatan relatif muncul secara bersamaan dari hubungan-hubungan yang mempersatukan individu-individu dalam suatu kelompok. ANTARA INDIVIDUALITAS DAN KOLEKTIVITAS.

Davvetas, V., & Halkias, G. (2019). Global and local brand stereotypes: formation, content transfer, and impact. International Marketing Review, 36(5), 675–701. https://doi.org/10.1108/IMR-01-2018-0017

Digilib.esaunggul.ac.id. (2019). Burger King adalah restoran hamburger yang didirikan pada tahun 1954. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-NonDegree-10329-BAB 1.Image.Marked.pdf

Djatmiko, D. W. (2023). Jurnal Mirai Management. Pengaruh Guerrilla Marketing Dan Cross Selling Terhadap Keputusan Pembelian Burger King, 8(1), 117–129.

Dkk, C. (2011). krisis ekonomi Asia Timur pada akhir 1990-an. https://swa.co.id/swa/my-article/lingkungan-budaya-dalam-bisnis-internasional

Dwiyanto, D. (2002). Metode kualitatif: penerapan dalam penelitian. 2.

Gazy, R. (2020). Long-Term. Developed the Concept of Short Term and Long Term Orientation. https://study.com/academy/lesson/long-term-orientation-vs-short-term-orientation-hofstedes-definition-lesson-quiz.html#:~:text=Long-term orientation is when,and being able to adapt.

Griffin. (2010). Bisnis internasional merupakan suatu transaksi usaha dagang antara banyak pihak di banyak negara. Bisnis Internasional. https://www.researchgate.net/profile/Aditya-Wardhana/publication/327068991_Bisnis_Internasional/links/5b76628e92851ca65064f0dc/Bisnis-Internasional.pdf

Hadi. (2010). bisnis internasional mengacu pada kegiatan ekonomi termasuk ekspor dan impor. Bisnis Internasional. https://www.researchgate.net/profile/Aditya-Wardhana/publication/327068991_Bisnis_Internasional/links/5b76628e92851ca65064f0dc/Bisnis-Internasional.pdf

Hasan. (2002). backup informasi kunci yang telah diperoleh, yaitu dari bahan pustaka. 58. https://raharja.ac.id/2020/11/08/data-sekunder/

Hirsch, M. A. V. G. & P. (2020). Cultural industries in international business research: Progress and prospects. Cultural Industries in International Business Research: Progress and Prospect.

Hofstede, G. (1994). National cultures are distinguished from organizational cultures. The Business of International Business Is Culture, 1–14.

Komariah, D. S. dan A. (2011). penelitian ilmiah merupakan proses yang sistematis untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian, 103. https://mediaindonesia.com/humaniora/539107/teknik-pengumpulan-data-dan-metode-penelitian

Onlinemasters. (2022). An essential part of bridging cultural differences in business involves researching a given culture’s defining elements prior to pursuing a business relationship. https://onlinemasters.ohio.edu/blog/cultural-differences-in-business/#:~:text=An essential part of bridging,of time%2C and other factors.

Shenkar, O. (2021). Using interdisciplinary lenses to enrich the treatment of culture in international business.

Sugiono. (2005). metode kualitatif paling cocok untuk dijadikan penelitian yang menyelidiki suatu peristiwa. https://penerbitdeepublish.com/metode-penelitian-kualitatif/

Sugiyono. (2016). sumber data yang tidak memberikan data secara langsung kepada pengumpul data. 225. https://raharja.ac.id/2020/11/08/data-sekunder/

Sugiyono. (2018). Data primer adalah sumber data yang menyediakan data secara langsung kepada pengumpul data. 456.

Sunyoto, D. (2013). Data primer merupakan hasil data kumpulan peneliti yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitiannya. 21. https://raharja.ac.id/2020/11/08/data-primer/#:~:text=Menurut Danang Sunyoto (2013%3A21,perusahaan dan dari sumber lainnya

Team, F. (2017). cultural factors you need to consider. https://www.tradeready.ca/2017/topics/researchdevelopment/7-cultural-factors-need-consider-choosing-next-export-market/

Usemultiplier. (2020). Culture in international business refers to the beliefs, values, practices, and attitudes of organizations. https://www.usemultiplier.com/blog/culture-in-international-business#:~:text=Culture in international business refers,within and outside the organization.

William, D. (1995). hasil penelitiannya tentu ilmiah dan mudah dipahami. https://penerbitdeepublish.com/metode-penelitian-kualitatif/

Zhang, S. R. & Y. (2016). Studi budaya dalam bisnis internasional: pergeseran paradigmatik. Culture Studies in International Business: Paradigmatic Shifts.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics