Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien

Khusnul Khotimah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji serta mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan BPJS kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di Puskesmas Jayapura Utara . Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien peserta BPJS di Puskesmas Jayapura Utara , dengan jumlah 14.749 pasien yang pernah merasakan pelayanan di Puskesmas Jayapura Utara . Adapun jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang ditentukan berdasarkan formulasi slovin. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh para responden. Metode analisis data yang akan dilakukan terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, serta pengujian hipotesis melalui analisis regersi linear berganda, uji t uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan keadilan pelayanan masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan keadilan pelayanan secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien.

Kata Kunci: kualitas pelayanan, keadilan pelayanan, kepuasan pasien.

Full Text:

Download PDF

References


Abidin, A. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan BPJS kesehatan terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Cempae Kota Parepare. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 12(2), 70–75. https://doi.org/10.30597/mkmi.v12i2.922

Agyapong, G. K. Q. (2017). The effect of service quality on customer satisfaction in the utility industry–A case of Vodafone (Ghana). International Journal of Business and Management, 6(5), 203–210. https://pdfs.semanticscholar.org/0033/8218fb4cb7d14056032c55ffd0bb9cac9393.pdf

Ampu, M. N. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap tingkat kepuasan pasien pengguna BPJS di Desa Suanae (Puskesmas Eban) Tahun 2020. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 2(05), 167–174. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/575

Assauri, S. (2011). Manajemen pemasaran edisi pertama. Jakarta: Rajawali Pers.

Astuti, N. N. T. (2017). Pengaruh persepsi keadilan terhadap kepuasan, rekomendasi dari mulut ke mulut, dan niat nenggunakan kembali. Artikel Ekonomi, 1–16. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/2061/3274

Aulia, R., Adhani, R., Taufiqurrahman, I., & Hatta, I. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien BPJS di layanan primer Banjarmasin. Dentino: Jurnal Kedokteran Gigi, 2(1), 95–100. http://dx.doi.org/10.20527/dentino.v2i1.2608.g2266

Chang, C.-S., Chen, S.-Y., & Lan, Y.-T. (2013). Service quality, trust, and patient satisfaction in interpersonal-based medical service encounters. BMC Health Services Research, 13(1), 1–11. https://bmchealthservres.biomedcentral.com/articles/10.1186/1472-6963-13-22

Datuan, N., Darmawansyah, D., & Daud, A. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta Bpjs di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar. Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim, 1(3). https://doi.org/10.30597/jkmm.v1i3.8820

Dewi, R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien pengguna BPJS dengan kepuasan pasien sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 146–156. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4511

Fitriani, S., Trisnawaati, R., Phd, A., Mardalis, A., & BA, M. (2014). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan pasien pengguna BPJS di Rawat Inap RSUD dr. Moewardi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31410

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25.

Hu, H.-Y., Chiu, S.-I., Cheng, C. C., & Hsieh, Y.-F. (2018). A study on investigating patient satisfaction of medical centers using Taiwan customer satisfaction index in Taiwan. African Journal of Business Management, 4(14), 3207. https://academicjournals.org/article/article1380732192_Hu et al.pdf

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://core.ac.uk/download/pdf/235155686.pdf

Javed, F., & Cheema, S. (2017). Customer satisfaction and customer perceived value and its impact on customer loyalty: the mediational role of customer relationship management. The Journal of Internet Banking and Commerce, 1–14. https://www.icommercecentral.com/open-access/customer-satisfaction-and-customer-perceived-value-and-its-impact-on-customer-loyalty-the-mediational-role-of-customer-relationship-management.php?aid=85790&view=mobile

Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2010). Principles of marketing. Pearson education.

Kotler, Phillip, & Keller, K. L. (2016). Marketing management 15th global edition (Global). Harlow: Pearson Education Limited.

Kurniawan, A., & Oki Rosanto, M. R. S. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Bpjs pada Rsud Budhi Asih Jakarta Timur. https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/20466

Linardo, M. (2018). Manajemen pemasaran. Cikudanews.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2013). Service marketing management. Jakarta: Salemba Empat.

Ningsih, N. W., Suharyono, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh customer relationship management (crm) terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (survei pada pelanggan PT Astra Internasional, Tbk-TSO AUTO2000 Cabang Denpasar). Brawijaya University. https://www.neliti.com/publications/86594/pengaruh-customer-relationship-management-crm-terhadap-kepuasan-dan-loyalitas-pe

Noorhidayah, N., Anggraeni, S., & Tuzzahra, S. F. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien BPJS di Pelayanan Rawat Jalan RSUD Ratu Zalecha Martapura Tahun 2019. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 10(2), 758–772. https://ojs.dinamikakesehatan.unism.ac.id/index.php/dksm/article/download/525/416

Normasari, S., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, citra perusahaan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2). http://repository.ub.ac.id/116036/

Özer, A., Argan, M. T., & Argan, M. (2013). The effect of mobile service quality dimensions on customer satisfaction. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 99, 428–438. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.511

Pertiwi, A. (2017). Analisis perbedaan kualitas pelayanan pada pasien bpjs dan pasien umum terhadap kepuasan pasien di rawat jalan rsud kota surakarta. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 113–121. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4508

Pouragha, B., & Zarei, E. (2016). The effect of outpatient service quality on patient satisfaction in teaching hospitals in Iran. Materia Socio-Medica, 28(1), 21. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4789649/

Prasetio, A. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Management Analysis Journal, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/497

Putri, A. D., Dewi Pascarani, N. N., Wismayanti, D., & Wiwin, K. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien peserta BPJS di Rumah Sakit Tingkat II Udayana Denpasar. Citizen Charter, 1(1), 28629. https://www.neliti.com/publications/28629/pengaruh-kualitas-pelayanan-kesehatan-terhadap-kepuasan-pasien-peserta-bpjs-di-r

Rizal, R., Suardi, M., & Yulihasri, Y. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pasien peserta BPJS kesehatan sebagai mediasi terhadap loyalitas pasien. Jurnal Sains Farmasi & Klinis, 3(2), 108–114. http://dx.doi.org/10.29208/jsfk.2017.3.2.112

Rizkia, E., & Mulyaningsih, H. D. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien (studi pada pasien rawat jalan peserta Bpjs Kesehatan di Rsud Al Ihsan Kabupaten Bandung). EProceedings of Management, 4(2). https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/4206

Soedargo, B. P. (2019). Dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan Di RS Melania Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 295–302. https://doi.org/10.37641/jimkes.v7i3.278

Tan, C. N.-L., Ojo, A. O., Cheah, J.-H., & Ramayah, T. (2019). Measuring the influence of service quality on patient satisfaction in Malaysia. Quality Management Journal, 26(3), 129–143. https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/10686967.2019.1615852




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics