Layanan Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD Negeri 49 Manado di Era Society 5.0.

Deby Sumolang, Joulanda Rawis, Richard D.H. Pangkey, Maxie A. J. Liando

Abstract


Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Waktu dan tempat penelitian di SD Negeri 49 Manado pada bulan Januari – Maret 2023. Data dan sumber data penelitian yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokemntasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan temuan hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa perencanaan layanan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di era society 5.0 melibatkan beberapa langkah, seperti menentukan tujuan dan fokus supervisi, menyusun jadwal dan waktu pelaksanaan, merancang format observasi, dan berkomunikasi dengan guru-guru. Melalui perencanaan yang terstruktur, kepala sekolah dapat memastikan bahwa kekurangan yang ditemukan dalam supervisi akan diperbaiki, sementara kelebihan yang ada akan dipertahankan. Perencanaan yang matang dan tepat serta kolaboratif, layanan supervisi kepala sekolah dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kinerja guru di era Society 5.0.
Pelaksanaan program layanan supervisi kepala sekolah di era Society 5.0 menjadi salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Melalui supervisi yang dilakukan secara terencana, guru dapat terus mengembangkan diri, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan menghadapi tantangan yang muncul di era yang terus berkembang. Supervisi kepala sekolah menjadi sarana penting dalam memastikan bahwa guru dapat beradaptasi dengan perubahan zaman dan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada peserta didik di era Society 5.0.
Evaluasi layanan supervisi kepala sekolah menjadi kunci dalam meningkatkan kinerja guru melalui evaluasi yang sistematis dan bimbingan yang tepat, guru dapat terus mengembangkan kompetensinya, menciptakan pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa, dan menghadapi tantangan pendidikan yang semakin kompleks.

Kata Kunci: Layanan Supervisi, Kinerja Guru, Era Society 5.0.

Full Text:

Download PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Arasy, S. (2012). Pelaksanaan Supervisi Pengawas Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI pada SD di Kec. Wanea Kota Manado (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani , J. M. (2012). Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Budi, A. A. (2021). Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru pada SDN 2 Sengkol dan SDN Barelantan Kecamatan Pujut (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Dakabesi, E. D., & Wicaksono, L. (2022). Kepemimpinan Kolaborasi Kepala Sekolah Dalam Membangun Tim Kinerja Guru Di Era Society 5.0. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 6(4).

Gunawan, I. G. D., Paramarta, I. M., Mertayasa, I. K., Pustikayasa, I. M., & Widyanto, I. P. (2020, December). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 1, pp. 15-30).

Gunawan, I. G. D., Paramarta, I. M., Mertayasa, I. K., Pustikayasa, I. M., & Widyanto, I. P. (2020, December). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyongsong Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 1, pp. 15-30).

Ismail Taufik. (2017). Kepemimpinan, Kompensasi, Motivasi Kerja, dan Kinerja Guru SD Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan Vol.XXIV No.1.

Kemendikbud. (2019). Pemerintah Terus Tingkatkan Kapasitas dan Kesejahteraan Guru. Edt: Pengelola Web Kemendikbud.

Kompri. (2017). Standarisasi Kompetensi Kepala Sekolah: Pendekatan Teori Untuk Praktek Profesional.Jakarta: Kencana.

Latif, A. (2021). pengaruh supervisi akademik dan budaya Organisasi sekolah terhadap kinerja guru di sekolah dasar islam terpadu fadhilah pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Qasim Riau).

Madjid, Abd. (2016) Pengembangan Kinerja Guru Melalui : Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudra Biru.

Marhawati, B. (2020). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dasar: Studi Kualitatif. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 71-76.

Melky Malingkas, S. S. (2022). SERVANT LEADER Integritas Kinerja Kepala sekolah. CV. AZKA PUSTAKA.

Nasution, I., Pramudya, A., Tanjung, A., Oktapia, D., & Nisa, K. (2023). Supervisi Pendidikan Era Society 5.0. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 118-128.

Natalia S, S. (2021). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Di SDN 86 Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 6 TAHUN 2018 TENTANG PENUGASAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH diakses pada https://peraturan.bpk.go.id

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 28 TAHUN 2010 TENTANG PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH diakses pada http://staff.unila.ac.id/radengunawan/files/2011/09/Permendiknas-No.-28-tahun-20101.pdf

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH diakses pada https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendiknas_19_07.pdf

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2017 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 74 TAHUN 2008 TENTANG GURU diakses pada https://peraturan bpk.go.id

Prabowo, Aan Dan Heriyanto. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakan, 2(2): 5

Purwanto, N. (2017). Administrasi dan Supervisi Penidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya, h.76-77

Rachmawati, Tuti. (2016). Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Guru. Coopetition, 7(1), 43.

Republik Indonesia, Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, (Cet. III; Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, 2016).

Satori, D. dkk. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif Bandung: Alfabeta, Cet. I, h. 105

Siswanto, E. (2021). Tantangan dan Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Era Society 5.0. International Journal of Disabilities and Social Inclusion, 1(02), 26-34.

Sofi'i, I. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Penerbit Adab.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, Cet. XII, h. 137.

Sumarni, S. (2020). SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 359-366.

Supardi. (2016). Kinerja Guru. Cetakan III; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syamsuddin, H. N., & Ferawati, D. T. (2019, February). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01).

Talib, R. S. (2012). Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Nurut Taqwa Manado (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. (2011). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics