Seberapa Penting Pengaruh Celebrity Endorser Pada Keputusan Pembelian Skincare Somethinc di Kota Semarang

Dwi Nur Widiantika, R.A Marlien

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image, online advertising dan celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian konsumen produk Something di Kota Semarang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang menggunakan dan membeli produk perawatan kulit wajah skincare Somethinc. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah responden sebanyak 150 orang. Metode pengumpulan data adalah kuesioner, setelah itu data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji instrumen, uji model dan uji hipotesis. Dalam penelitian ini, tiga hipotesis diuji. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek, iklan online dan celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Citra Merek, Iklan Online, Celebrity Endorser dan Keputusan Pembelian
Abstract
The purpose of this study was to analyze the effect of brand image, online advertising and celebrity endorsement on consumer purchasing decisions for Something products in Semarang City. The population used in this study were all consumers who use and buy facial skin care products such as skincare Something. The sampling technique used in this study used a purposive sampling technique, with a total of 150 respondents. The data collection method was a questionnaire, after which the collected data were analyzed using instrument testing, model testing and hypothesis testing. In this study, three hypotheses were tested. The results of this study indicate that brand image, online advertising and celebrity endorsements have a positive and significant effect on purchasing decisions.

Keywords: Brand Image, Online Advertising, Celebrity Endorser and Purchase Decision.

Full Text:

Download PDF

References


Aaker, D. A. (2010). Manajemen Ekuitas Merek. Alih Bahasa: Aris Ananda. Edisi Revisi. Mitra Utama.

Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, ESJ, 14(13), 228. https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228

Annisa Intan Lestari, E. R. (2015). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI KARTU AS (Studi Kasus pada Penduduk Bandung). Manajemen Bisnis Indonesia, 2(2), 393–406.

Ardiansyah, M. F., Aquinia, A., Program, S., S1, M., Ekonomika Dan Bisnis, F., & Semarang, U. S. (2022). Pengaruh Celebrity endorsement,Brand Image, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Marketplace Tokopedia). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2022–2469. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2117

Awaludin, F., Dwi, M., M, B., & Rosali. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Online Di Bukalapak Menggunakan Model Aida. PROSIDING BIEMA : Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1(2016), 1211–1225.

David, A. (1991). Inova Consultoria De Gestão E Inovação Estratégica Ltda Todos Os Direitos Reservados. Inova Consultoria De Gestão E Inovação Estratégica Ltda.

Fauzi, R. U. A. (2017). Pengaruh harga dan free wi-fi terhadap keputusan pembelian produk pada angkringan di Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Jurnal Aplikasi Bisnis, 17(2), 62–74. https://doi.org/10.20885/jabis.vol17.iss2.art4

Foster, B. (2017). Impact of Brand Image on Purchasing Decision on Mineral Water Product “Amidis” (Case Study on Bintang Trading Company). American Research Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.21694/2378-7031.16023

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 edisi kedelapan. Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Universitas Diponegoro.

Gujarati, D. . (2012). Dasar-dasar Ekonometrika, Terjemahan Mangunsong, R.C.,Edisi 5. Salemba Empat.

I.heryanto. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101. https://doi.org/2443-2121Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 9(2), 80–101. http://doi.org/2443-2121

Ilona, V. (2016). Perkembangan Periklanan. Journal Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi UNIVERSITAS PERSADA INDONESIA YAI, 1–115. http://repository.upi-yai.ac.id/123/1/Modul Pengantar Periklanan.

Jamil, R. A., & Hassan, S. R. ul. (2014). Influence of celebrity endorsement on consumer purchase intention for existing products: a comparative study. Journal of Management Info, 1(4), 1–8. https://doi.org/10.31580/jmi.v4i1.18

Kasali, R. (2008). Manajemen Periklanan dan Konsep Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1. In Manajemen Pemasaran (Vol. 7, p. 1835).

McCracken, G. (1989). Who is the Celebrity Endorser? Cultural Foundations of the Endorsement Process. Journal of Consumer Research, 16(3), 310. https://doi.org/10.1086/209217

Nizam, N. Z., Abdullah Jaafar, J., & Supaat, S. H. (2018). Interactive Online Advertising: The Effectiveness of Marketing Strategy towards Customers Purchase Decision. MATEC Web of Conferences, 150(2), 9–16. https://doi.org/10.1051/matecconf/201815005043

Odionye, C. M., Yareh, D. M., Ibekwe, C., & Salami, H. A. (2021). Influence of Celebrity Endorsement on Consumers’ Buying Decision of a Brand: a Study of Globacom Telecommunication Nigeria Limited. Nnamdi Azikiwe University Journal of Communication and Media Studies, 2(1), 1–20. https://doi.org/10.47851/naujocommed.v2i1.110

Parengkuan, V., Tumbel, A., & Wenas, R. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsment Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Head and Shoulders di 24 Mart Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1792–1802.

Prabowo, Y. (2014). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI (Survei pada Pengunjung 3Second Store di Jalan Soekarno Hatta Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 14(2), 84414.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16. https://doi.org/10.29264/jkin.v14i1.2445

Pradiani, T., & Ningtyas, D. C. W. (2017). PENGARUH CITRA MEREK DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN THERESIA PRADIANI Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ASIA Malang Email : thdiani12@gmail.com Dwi Citra Wahyu Ningtyas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ASIA Malang Email : dwicitra.94@gmail.com Pendahuluan. 15(2), 73–78.

Prasetyo, D., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2016). PENGARUH IKLAN SECARA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survey Pada Mahasiswa Pengguna Produk Telkomsel Internet 4G LTE). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 41(1), 170–174.

Pratiwi, N. I., & Marlien, D. R. A. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Co Branding Berdampak pada Niat Beli Pelanggan (Studi pada Konsumen Cornetto Silverqueen di Kabupaten Grobogan). YUME : Journal of Management, 5(1), 51–66. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.433

Pratiwi, W., & Rahanatha, G. (2016). Peran Brand Awareness Memediasi Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Attitude Indomie Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(12), 254297.

Putri, P. M., & Marlien, R. . (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.510

Putra, H. A., & Suyono. (2014). Pengaruh Iklan Onlinemelalui Media Facebook Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Studi Manajemen, 8(1), 13–23.

Rangkunti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis kasus Integrated Marketing Communication. PT Gramedia Pusaka Utama.

Safitri, A. N., & Basiya, R. (2022). Pengaruh Brand Image, Lifestyle, dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian di Toko 3Second. YUME: Journal of Management, 5(2), 450–458. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.3463

Sheikh Qazzafi. (2019). Consumer Buying Decision Process. BizFluent, 2(5), 130–133. https://bizfluent.com/how-does-5438201-consumer-buying-decision-process.html

Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. PT Gramedia Pusaka Utama.

Subianto, T. (2007). Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Modernsasi, 3, 165–182.

Sugianto Putri, C. (2018). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Performa : Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 594–603.

Sugiyono. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis. PT Gramedia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Alfabeta.

Syamsidar, R., & Soliha, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek dan promosi terhadap proses Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, Vol.26(2), 146–154.

Tang, M. J., & Chan, E. T. (2017). the Impact of Online Advertising on Consumer Purchase Decision in E-Commerce. International Journal of Humanities and Social Sciences, 11(International Scientific Conference on Marketing Identity-Offline Is the New Online), 518–527.

Tanjung, S., & Hudrasyah, H. (2016). the Impact of Celebrity and Non-Celebrity Endorser Credibility in the Advertisement on Attitude Towards Advertisement, Attitude Towards Brand, and Purchase Intention. International Conference on Ethics OfBusiness, Economics, and Social Science, 231–245.

Tielung, M. V., & Lombo, V. E. P. (2014). The Impact of Celebrity Endorsement to Youth Consumer Purchase Decision on Adidas Apparel Product. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1246–1254.

Wardani, D. S. D., & Maskur, A. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING (Studi Kasus Pengguna Scarlett Whitening). Jesya, 5(2), 1148–1160. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.689

Xian, Gou Li, dkk. (2011). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Yudha, F., & Anindita, P. K. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser , Viral Marketing dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Abstrak. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 5(c), 307–318.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics