Analisis Swot Untuk Pengembangan Objek Wisata Dalam Menghadapi Pesaing Kakuta Kota Binjai

Riza Ayu Asmita, Juliana Nasution, Muhammad Ikhsan Harahap

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara kerja analisis SWOT faktor internal dan eksternal digunakan sebagai strategi peningkatan daya saing di Kakuta kota Binjai. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis SWOT sebagai alat analisis strategis bagi perusahaan yang dapat mengidentifikasi faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (peluang dan ancaman) yang mempengaruhi Kakuta kota Binjai. Matriks IFAS, matriks EFAS, diagram SWOT dan matriks SWOT kemudian digunakan untuk analisis. Berdasarkan hasil analisis, faktor internal sebesar 3,3 dan faktor eksternal sebesar 3,4. Titik koordinat yang dihasilkan adalah x = 1,7 dan y = 1,4 berada pada kuadran I, yang artinya mendukung kebijakan pertumbuhan usaha bisnis yang agresif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kakuta di kota Binjai dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada untuk terus berkembang dan bersaing dengan strategi SO.

Full Text:

Download PDF

References


Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58–70.

Bakhri, S., Aziz, A., & Khulsum, U. (2019). Analisis SWOT Untuk Strategi Pengembangan Home Industry Kue Gapit Sampurna Jaya Kabupaten Cirebon. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.24235/dimasejati.v1i1.5407.

Elmi Ulin Nafi’ah, & Ruliq Suryaningsih. (2022). ANALISIS SWOT SEBAGAI UPAYA MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA DEPO AIR MINUM ISI ULANG TIRTO UTOMO SIWALAN MLARAK PONOROGO. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(1). https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i1.665.

Fachrozie, nRidho dan N. A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Yang Terjadi Pada Usaha UMKM di Kota Medan Saat Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1978–1983.

H, A. F., Sahputri, A., & Nurbaiti, N. (2021). ANALISIS PELUANG BISNIS DI MASA PANDEMI (Studi Kasus pada PT Unilever Indonesia Tbk). JAAKFE UNTAN (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 10(2), 65. https://doi.org/10.26418/jaakfe.v10i2.50962.

Haerawan, & Magang, Y. H. (2019). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Alat Rumah Tangga Di PT Impressindo Karya Steel Jakarta-Pusat. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 175–189. Retrieved from https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb/article/view/6833.

Hernawan, Y., Musafa, M., & Dewi, S. W. K. (2020). Development of a Business Strategy Using SWOT Analysis in Palasari Coffee in Bandung. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(1), 54–60. https://doi.org/10.35899/biej.v2i1.49.

Lestari, L., & Tripalupi, L. E. (2021). Analisis SWOT Potensi dan Daya Tarik Wisata Osing Kemiren Dalam Rangka Pengembangan Desa Adat Osing Kemiren Kecamatan Glag ah Kabupaten Banyuwangi Tahun 2021. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(2), 328. https://doi.org/10.23887/jjpe.v13i2.35511.

Lubis, L. A., Manurung, N. M., & Nurbaiti. (2021). Analisis SWOT pada Marketing/Bisnis. Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), 2(2), 241–245.

Maria, A. (2020). Analisa SWOT Sebagai Dasar Penyusunan Strategi Pembukaan RPL Akademi Kesehatan John Paul II Pekanbaru. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi) Volume 3 Nomer 2 September 2020 September 2020, 3(26), 1–14.

Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205.

Maulana, I., & Patrikha, F. D. (2021). Analisis kinerja dan strategi berdasarkan analisis swot dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan. AKUNTABEL, 18(4), 770–775. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.9966.

Napitupulu, S., Tapiomas, N., & Tobink, R. (2021). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Atalya Rileni Sudeco.

Nasution, M. L. I. (2020). DIGITAL PAYMENT: PROBABILITY IN MILLENIAL (CASE STUDY OF UINSU FEBI STUDENTS). JHSS (JOURNAL OF HUMANITIES AND SOCIAL STUDIES), 4(2), 91–95. https://doi.org/10.33751/jhss.v4i2.2447.

Ngatno. (2017). Buku Manajemen Pemasaran BARU.pdf (hal. 361). hal. 361. Semarang: EF Press Digimedia.

Sari, M. P. (2022). PADI ( Oriza Sativa ) DI DESA CENGKEH TURI , PADI ( Oriza Sativa ) DI DESA CENGKEH TURI ,. Skripsi.

Saribu, H. D. T., & Maranatha, E. G. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. Astragraphia Medan. Jurnal Manajemen, 6(1), 1–6.

Setiawan, D., Mandey, S. L., & Jorie, R. J. (2022). Strategi Pemasaran Pada Cafe Van Ommen Coffee Shop Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA, 10(1), 1740–1748. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/39613/36204.

Suriono, Z. (2022). Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. ALACRITY : Journal of Education, 94–103. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3.50.

Syahbudi, M., & Arif, M. (2019). Strategi Pengembangan Program Studi Akuntansi Syariah Dalam Meningkatkan Akreditasi. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 7(1), 37–62. Retrieved from http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Al-masharif/article/view/1619.

Widowati, I., Riany, D. A., & Andrianto, F. (2022). Analisis swot untuk pengembangan bisnis kuliner (Studi kasus pada UMKM papat sodara food Purwakarta). Jurnal Teknologika, 12(1), 1–11.

Yulia, farida, Lamsah, & Periyadi. (2019). BUKU MANAJEMEN PEMASARAN_compressed.pdf (hal. 79). hal. 79. Yogyakarta: DEEPUBLISH.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics