Strategi Pengembangan Usaha Berdasarkan Konsep Product Life Cycle (PLC) Dan Boston Consulting Group (BCG) Matriks

Septya Nurul Tantular, Sonja Andarini

Abstract


Di Indonesia, kegiatan usaha sudah sangat umum dijalankan salah satunya usaha kedai kopi. Saat ini usaha kedai kopi dinilai sebagai bisnis yang menggiurkan karena memiliki target pasar yang luas. Dengan banyaknya bisnis ini maka diperlukan adanya pengembangan bisnis untuk mengetahui tujuan dan prioritas bisnis. Salah satunya adalah Toko Kopi Bersaudara, untuk mengembangkan usahanya dalam persaingan bisnis yang ada Toko Kopi Bersaudara perlu mengetahui tahapan dan posisi usahanya agar menghasilkan sebuah strategi bisnis yang tepat untuk meningkatkan penjualannya berdasarkan Product Life Cycle (PLC) dan Boston Consuling Group (BCG) Matriks. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan data yang dilakukan adalah dokumentasi serta menggunakan jenis dan sumber data penelitian ini yaitu data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan kurva PLC berada pada tahapan pertumbuhan (growth) yaitu tahap dimana produk sudah dikenal dan diterima oleh konsumen. Sedangkan, kurva BCG Matriks berada pada posisi bintang (stars) dimana usaha ditandai dengan pangsa pasar yang relatif tinggi dan tingkat pertumbuhan pasar juga tinggi. Berdasarkan konsep PLC dan BCG Matriks tersebut diperoleh penentuan strategi bisnis yang tepat yaitu sebuah pengembangan produk dan penetrasi pasar yang dapat dirumuskan dari strategi harga, strategi pemasaran, dan strategi tempat.
Kata Kunci : Usaha, Kedai Kopi, Product Life Cycle (PLC), Boston Consulting Group (BCG) Matriks, Toko Kopi Bersaudara

Full Text:

Download PDF

References


Ahsani, H. F. (2021). Proses Branding Kallia Coffee Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis.

Amirullah, S. M. (2015). Populasi dan Sampel. Malang: Bayumedia Publishing Malang

Assuari, S. (2011). Strategic Management, Sustainable Competitive Advantage. Jakarta: sn.

Dalimunthe, R. F., Sayekti, W. D., & Suryani, A. (2020). Analisis Daur Hidup Produk (Product Life Cycle) Bihun Tapioka di Provinsi Lampung. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 8(2), 203-209.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran.

Mamentu, S., Tampi, J., & Mukuan, D. (2018). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Berdasarkan Posisi Siklus Hidup Produk Smartphone Samsung di Kota Manado.

Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 7(001), 15–23.

Maristia, K. (2020). Analisis matriks bcg (boston consulting group) dalam strategi mempertahankan pangsa pasar pada smartphone merek samsung (studi kasus pada pt. samsung elektronik indonesia tahun 2019). Jurnal Ekonomika, 11(2).

Mustofa, A., Fathoni SE. MM, A., & Gagah PT, SE. MM, E. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI ANALYSIS SWOT PADA YAYASAN NURUL HAYAT SEMARANG. Journal of

Management.

Parrangan, E. R., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). ANALISIS STRATEGI PERUSAHAAN DALAM EKSPANSI PASAR LUAR NEGERI (STUDI KASUS PADA PT. SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK DALAM AKUISISI THANG LONG CEMENT COMPANY DI VIETNAM. Jurnal

Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 26, No. 2.

Puteri, F. S., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2019). MATRIKS BOSTON CONSULTING

GROUP (BCG) SEBAGAI DASAR PERENCANAAN STRATEGI PERUSAHAAN.

JIAGABI ISSN 2302-7150

SEIKO : Journal of Management & Business, 4(1), 2023 |

Putra, Y. S. (2014). Analisis Matriks Boston Consulting Grup (BCG) Pada Sepeda Motor Merek Honda (Studi Kasus Pada PT. Astra Honda Motor Tahun 2013). Among makarti, 7(1).

Ritel, P. M. J. J. B. Sugiono, Metode Penelitian, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D,(Bandung: Alfabeta, 2015), hal. 333 2 Indah Agustina Wynarti,“Pengembangan Permainan Chades Sebagai Media Pembelajaran Materi Jenis-jenis Bisnis Ritel Kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 2 Buduran”, Jurnal Pendidikan Tata Negara, Surabaya, vol. 6, No. 03 (2018), 65.

Septiani, M. A. D., & Sulistyawati, L. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Metode Product Life Cycle (PLC) dan Boston Consulting Group (BCG) Matriks. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(6), 1532-1550.

Subhan, A., & Peratiwi, M. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Produk Dengan Metode Analisis Matrik Bcg, Swot Dan Benchmarking Pada Perusahaan Rubby Hijab. Journal Industrial Servicess, 3(1c).

Sudiarto, A., Afriani, S., & Effendi, Y. (2021). An Analysis of External Factor Evaluation (EFE) Matrix and Internal Factor Evaluation (IFE) Matrix at Baruna Fish Crackers Business in Kebun Tebeng Village of Ratu Agung Sub-District in Bengkulu City. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 2(4), 443–452.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supramono, E. (2015). ANALISIS PENGARUH PRICE DAN PROMOTION TERHADAP

PENJUALAN ROKOK PADA SWALAYAN BINTANG DI

SAMPIT. Jurnal Terapan Manajemen dan Bisnis (1/1).

Surepi, L., Rahmat, A., & Julita, R. (2021). Peranan Administrasi Bisnis dalam Strategi Pengembangan Usaha. Jurnal Aghniya, 4(1), 1-10.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran.

Umar, H. (2005). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Widodo, S. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle). JEpa, 4(1), 84-90.

Yoran, W. (1992). Product Policy: Concept, Methods and Strategy. Addison: Wesly Publishing Co. SEIKO : Journal of Management & Business, 4(1), 2023 |




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics