Pengaruh Shoppertainment dan Perceived Ease of Use terhadap Purchase Intention pada Generasi Milenial dan Generasi Z Pengguna Shopee di Kab. Lamongan

Qudwatun Niswah, Yetty Dwi Lestari

Abstract


Perkembangan Teknologi yang pesat saat ini merupakan bagian sarana semua aktivitas dan aspek kehidupan manusia. Hampir semua kalangan termasuk Gen Y dan Z yang memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut untuk berbelanja online. Shopeertainment menjadi tren belanja saat ini yang disukai oleh anak muda. Shopee menjadi salah satu e-commerce yang memanfaatkan trend belanja Shopeertainment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Shopeertainment terhadap Purchase Intention dan untuk mengetahui pengaruh Shopeertainment terhadap Purchase Intention. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Shopeertainment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention dan Perceived Ease of berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention.

Full Text:

Download PDF

References


Asmarantika, R. A., Prestianta, A. M., & Evita, N. (2022). Pola konsumsi media digital dan berita online Gen Z Indonesia. Jurnal Kajian Media, 6(1), 34-44.

Beatriz, B., Anastasia, M., & Adriana, E. (2023). Pengaruh Shoppertainment Terhadap Keputusan Pembelian Pada Media Sosial TikTok. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis dan Manajemen, 1(2), 242-255. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v1i2.254

Bougenvile, A., & Ruswanti, E. (2017). Brand equity on purchase intention consumers’ willingness to pay premium price juice. IOSR Journal of Economics and Finance, 8(01), 12-18. DOI: 10.9790/5933-0801031218

Chan, S., & Asni, K. (2022). The Role of Sequence Mediation on The Influence of Live-Streaming Shopping Attribute on Purchase Intention. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(4), 950-962. http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.16

Christiani, L. C., & Ikasari, P. N. (2020). Generasi Z dan pemeliharaan relasi antar generasi dalam perspektif budaya Jawa. Jurnal komunikasi dan kajian media, 4(2), 84-105. DOI: http://dx.doi.org/10.31002/jkkm.v4i2.3326

Fawahan, L., & Purnasari, I. M. (2022). Membangun Branding Produk UMKM Melalui Media Sosial Tiktok. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(1), 280-289. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v4i2.627

Ginting, A. K., & Harahap, K. (2022). Pengaruh Direct Marketing dan Product Quality Terhadap Repurchase Intention pada Live Streaming Marketing Shopee Live (Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Medan). Journal of Social Research, 1(8), 851-863. https://doi.org/10.55324/josr.v1i8.175

Guo, J., Li, Y., Xu, Y., & Zeng, K. (2021). How live streaming features impact consumers’ purchase intention in the context of cross-border E-commerce? A research based on SOR theory. Frontiers in psychology, 12, 767876. doi: 10.3389/fpsyg.2021.767876

Handayani, R., Fitriadi, B. W., & Pauzy, D. M. (2022). The Influence of Social Media TikTok and E-wom Interested to Buy Soemethinc Brand and Impact on The Purchace Decision (Survey of TikTok Users in The Management Study Program of University Perjuangan Tasikmalaya). Journal of Indonesian Management (JIM), 2(3), 473-482. https://doi.org/10.53697/jim.v2i3.863

Ho, C. I., Liu, Y., & Chen, M. C. (2022). Factors influencing watching and purchase intentions on live streaming platforms: From a 7Ps marketing mix perspective. Information, 13(5), 239. https://doi.org/10.3390/info13050239

Ikranegara, D. P. (2017). Pengaruh Orientasi Belanja, Kepercayaan Online, Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Secara Online (Studi Kasus Pada Toko Online Bukalapak. DOI:10.24967/ekombis.v5i2.748

Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, 1(6), 1517-1538. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i6.754

Liu, H. (2021). Perceived value dimension, product involvement and purchase intention for intangible cultural heritage souvenir. American Journal of Industrial and Business Management, 11(01), 76. https://doi.org/10.4236/ajibm.2021.111006

Mahardhika, S. V., Nurjannah, I., Ma'una, I. I., & Islamiyah, Z. (2021). Faktor-faktor penyebab tingginya minat generasi post-millenial di Indonesia terhadap penggunaan aplikasi tik-tok. Sosearch: Social Science Educational Research, 2(1), 40-53. https://doi.org/10.26740/sosearch.v2n1.p40-53

NOORDIONO, A. (2016). Karakter Generasi Z Dan Proses Pembelajaran Pada Program Studi Akuntansi (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Nurhandayani, A., Syarief, R., & Najib, M. (2019). The impact of social media influencer and brand images to purchase intention. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(4), 650-661. DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jam.2019.017.04.09

Pratama, B. B., Eltivia, N., & Ekasari, K. (2021). Revolusi Akuntan 4.0. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 12(3), 547-564. DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jamal.2021.12.3.31

Sa’adah, A. N., Rosma, A., & Aulia, D. (2022). Persepsi generasi Z terhadap fitur Tiktok Shop pada aplikasi Tiktok. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 131-140. DOI: https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.176

Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(2), 442-452. DOI: https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i2.2353

Suryaputri, R. V. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Beli Produk Halal. Taraadin: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1), 1-15. DOI: https://doi.org/10.24853/trd.1.1.1-15

Turner, A. (2015). Generation Z: Technology and social interest. The journal of individual Psychology, 71(2), 103-113. DOI:10.1353/jip.2015.0021

Yunita, D., Nazaruddin, A., & Nailis, W. (2019). Pengaruh Youtube advertising terhadap brand awareness dan purchase intention. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(1), 36-46. DOI: https://doi.org/10.26905/jmdk.v7i1.2538

Sumber Buku:

Sugiyono,D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono, D. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D/Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010).

Pandrianto, N., Genep Sukendro, G., Oktavianti, R., & Purnama Sari, W. (2023). Budaya Pop: Komunikasi dan Masyarakat. PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics