The Influence of Lifestyle, Brand Image and Word of Mouth on Purchasing Decisions of Oppo Brand Cellphones on Mamuju Muhammadiyah University Students

M. Bachri, Muh. đź–‚ Ferils, Jamaludin Kamarudin

Abstract


Penelitian ini menguji dampak gabungan dan individu dari "Gaya Hidup", "Citra Merek", dan "Promosi dari Mulut ke Mulut" terhadap "Keputusan Pembelian Telepon Seluler Merek Oppo". Dengan menggunakan uji F untuk efek simultan, penelitian ini mengungkapkan signifikansi gabungan dari ketiga faktor tersebut dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Khususnya, variabel "Citra Merek" muncul sebagai faktor yang paling dominan, yang memiliki pengaruh besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan harus memprioritaskan peningkatan citra merek mereka untuk membentuk pilihan pembelian secara positif. Namun, penelitian ini mengakui adanya keterbatasan potensial seperti multikolinearitas dan nuansa kontekstual. Penelitian ini berkontribusi secara akademis dengan menyoroti kompleksitas efek variabel dan secara praktis dengan memandu bisnis menuju strategi pemasaran yang efektif. Memahami dinamika ini membantu dalam memahami perilaku konsumen dan membantu perusahaan dalam beradaptasi dengan lanskap pasar yang dinamis.

Kata Kunci: Gaya Hidup, Citra Merek, Promosi dari Mulut ke Mulut, Keputusan Pembelian, Oppo

Full Text:

Download PDF

References


Armstrong, K. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Assauri, 2009. Pengantar Manajemen pemasaran. Jogyakarta Penerbit Andi

Atmodjo, 2010. Strategi Pemasaran (Edisi II). Yogyakarta: Penerbit Andi

Handoko, 2010. Pengantar Manajemen pemasaran cetakan revisi. Jogyakarta Penerbit Andi

Julham Bahar Nugroho (2016). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Diferensiasi Produk, Word Of Mouth, Dan Citra Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Smartphone Merek Xiaomi Di Wilayah Tangerang Selatan”. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kotler, (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium). Jakarta: PT Prenhalindo.

Kotler dan Keller. (2016). Marketing Managemen. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Amstrong. 2014. “Principles Of Marketing 12th Edision Jilid 1 Terjemahan Bob Sadran”. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. “Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1”. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin, Lane keller. 2016. “Marketing Management”. 15th Edition. Pearson Education. Inc

Kezia Michelle Setiawan (2020). “Pengaruh Gaya Hidup, Brand Image, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Oppo Smartphone pada mahasiswa FISIP UNDIP”. Departemen Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro,

Priansa, Doni Juni. 2017. “Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer”. Bandung: Alfabeta

Pater dan Olson. (2014). Perilaku Konsumen Dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat.

Muchlas (2017). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenadamedia Group.

Novia Sriwahyuni, Ni Luh Wayan (2021). “Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi di Kabupaten Buleleng”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksh Vol. 13 No. 1

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta Penerbit Salemba Empat

Suhartanto, 2011. Manajemen Pemasaran Jasa Di Indonesia (Buku 2). Jakarta: Salemba Empat

Sciffman dan Kanuk. 2008. “Perilaku Konsumen Edisi 7”. Jakarta: Indeks

Setiadi, Nugroho J, 2010 “Perilaku Konsumen”. Jakarta

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. “Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian”. Yogyakarta: Penerbit Andi

Swastha, 2012. Manajemen Pemasaran Modern. Jakarta: Raya Grafind

Tjiptono, (2012). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia Publishing

Semiun Yustinus, 2013. “Teori-teori Kepribadian Psikoanalitik Kontemporer-1”. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics